Games

FIFAe World Cup dan FIFAe Nations Cup Batal, Ini Alasannya

Padahal timnas Indonesia sudah bersiap mengikuti turnamen esports game sepak bola ini.

Agung Pratnyawan

Timnas Indonesia untuk FIFAe. (Twitter/ fifae)
Timnas Indonesia untuk FIFAe. (Twitter/ fifae)

Hitekno.com - Turnamen esports game sepak bola, FIFAe World Cup 2021 dan FIFAe Nations Cup 2021 batal digelar. Federasi sepak bola dunia (FIFA) pada Selasa (27/7/2021) mengumumkan pembatalannya.

Pembatalan itu dilakukan FIFA karena alasan pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia. Sedianya tim nasional Indonesia berpartisipasi dalam turnamen ini.

"Dengan sedih kami mengabarkan bahwa FIFAe World Cup dan FIFAe Nations Cup telah dibatalkan. Kami berkomitmen untuk melindungi integritas kompetisi dan mengedepankan event yang mengutamakan kesehatan serta keselamatan," tulis akun resmi FIFAe di Twitter. FIFAe adalah akun resmi FIFA terkait esports.

Tadinya FIFAe World Cup 2021 akan digelar di London, Inggris. Turnamen yang melibatkan perwakilan dari negara-negara di dunia itu digelar selama periode 6 sampai 8 Agustus.

Sementara FIFAe Nations Cup 2021 tadinya akan digelar di Copenhagen, Denmark. Turnamen ini sedianya digelar selama periode 20 sampai 22 Agustus.

FIFAe World Cup 2021. (Twitter/ fifae)
FIFAe World Cup 2021. (Twitter/ fifae)

Ini bukan pertama kali turnamen esports FIFA dibatalkan karena Covid-19. Pada 2020 kemarin turnamen tahunan ini juga dibatalkan.

Menanggapi pembatalan ini, PSSI mengatakan pihaknya menghormati keputusan FIFA. Timnas Indonesia tadinya akan terlibat dalam FIFAe Nation Cup 2021.

Timnas esports Indonesia di FIFAe World Cup 2021 diwakili oleh Moehamad Zulisar alias Chanks, Fahmi Husaeni alias Hussain, dan Pugu Mantang. Pada FIFAe Nation Cup 2021, Indonesia menghuni Grup B bersama Jerman, Israel, Belgia, Amerika Serikat dan Argentina.

"PSSI menghormati keputusan FIFA. eTimnas Indonesia seharusnya tampil di sana. Sayang sekali anak-anak tidak bisa tampil padahal persiapan matang sudah dilakukan," ujar Wakil Sekretaris Jenderal PSSI Maaike Ira Puspita.

Menurut Maaike, kondisi pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia memang tidak bisa dielakkan. Oleh sebab itu, PSSI mendukung kebijakan FIFA yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan berbagai pihak.

FIFAe Nations Cup 2021. (Twitter/ fifae)
FIFAe Nations Cup 2021. (Twitter/ fifae)

Sebagai kompensasi pembatalan dan penghargaan terhadap upaya setiap peserta untuk lolos ke putaran final, FIFA tetap akan memberikan hadiah. Untuk FIFAe World Cup, total hadiah dibagikan kepada setiap peserta secara merata. Sedangkan untuk FIFAe Nation Cup, hadiah diberikan adil untuk anggota asosiasi yang berpartisipasi.

Itulah keputusan FIFA membatalkan turnamen esports game sepak bola, FIFAe World Cup dan FIFAe Nations Cup. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait