Games

Berantas Cheater, PUBG Mobile Blokir Permanen 2,5 Juta Akun

Akun yang diblokir permanen terciduk melakukan modifikasi model karakter dan hack auto-aim.

Rezza Dwi Rachmanta

PUBG Mobile. (Facebook/PUBGMOBILE)
PUBG Mobile. (Facebook/PUBGMOBILE)

Hitekno.com - Sistem anti-cheat yang dimiliki oleh PUBG Mobile berhasil memberantas jutaan cheater. Akun resmi media sosial PUBG Mobile telah mengumumkan bahwa mereka telah memblokir permanen 2.567.950 akun pekan lalu.

Pada periode 11 hingga 17 Juni 2021, PUBG Mobile mendeteksi adanya akun yang melakukan beberapa kategori kecurangan. PUBG Mobile dari Tencent termasuk game seluler yang mendulang banyak keuntungan.

Bahkan laporan terbaru dari Sensor Tower menyebutkan bahwa pendapatan PUBG Mobile telah menyentuh 1 miliar dolar AS atau Rp 14,4 triliun hanya dalam lima bulan di tahun 2021.

Meski PUBG Mobile telah mencapai kesuksesan besar, rupanya platform game juga memiliki banyak masalah, terutama keberadaan cheater. Dikutip dari Sportskeeda, terdapat beberapa oknum pemain yang menggunakan script pihak ketiga untuk bermain curang.

Pengembang PUBG Mobile telah menerapkan sistem anti-cheat yang solid untuk menangani para peretas tersebut. Itu dilakukan untuk menjaga atmosfer permainan PUBG Mobile tetap adil.

Diagram kategori cheater. (Twitter/ PUBGMOBILE)
Diagram kategori cheater. (Twitter/ PUBGMOBILE)

Sistem anti-cheat tidak hanya membatasi cheater tetapi juga langsung memblokir permanen akunnya. Kategori cheat terbanyak yang dilakukan adalah modifikasi model karakter, hack auto-aim, dan visual x-ray.

"Dari 11 hingga 17 Juni, kami secara permanen melarang 2.567.950 akun untuk mengakses game. Alasan utamanya adalah modifikasi model karakter, Auto-Aim Hacks, dan Speed Hacks/X-Ray Vision," tulis akun Twitter resmi PUBG Mobile.

Sebanyak 2,5 juta akun cheater PUBG Mobile diblokir permanen. (Twitter/ PUBGMOBILE)
Sebanyak 2,5 juta akun cheater PUBG Mobile diblokir permanen. (Twitter/ PUBGMOBILE)

Modifikasi model karakter cukup mendominasi sebesar 67 persen. Sementara kecurangan seperti Auto Aim-Hack berada di tempat kedua dengan perolehan 12 persen. Speed Hack dan X-Ray Vision dilakukan dalam porsi 8 persen dari keseluruhan cheater.

Player yang melakukan tindak kecurangan paling banyak berasal dari tier Diamond dan Crown. Tier PUBG Mobile tertinggi Conqueror rupanya memiliki oknum yang curang, mengingat diagram memperlihatkan bahwa 1 persen dari 2,5 juta akun cheater berasal dari tier tersebut.

Terblokirnya 2,5 juta akun PUBG Mobile merupakan sebuah peningkatan 97 persen dibandingkan daftar Ban pekan lalu.

Berita Terkait