Games

Bertambah Pesat, Penjualan Global GTA V Tembus 145 Juta Copy

Penjualan GTA V bertambah 5 juta copy dari kuartal pertama 2021.

Rezza Dwi Rachmanta

Grand Theft Auto V (GTA V). (Rockstargames)
Grand Theft Auto V (GTA V). (Rockstargames)

Hitekno.com - Take-Two Interactive telah mengungkapkan laporan keuangan untuk tahun fiskal terbaru. Perusahaan induk yang ikut membawahi Rockstar Games tersebut membeberkan bahwa GTA V telah terjual lebih dari 145 juta copy.

Jika masih ingat, GTA V juga telah mencetak tonggak sejarah baru di platform game-nya ketika penjualan tembus 140 juta copy pada kuartal pertama 2021.

Itu berarti terdapat penambahan sebanyak 5 juta copy dari kuartal pertama ke kuartal kedua 2021. Selain total penjualannya yang melonjak signifikan, GTA Online mencatatkan rekor jumlah pemain aktif antara Januari dan Maret tahun ini.

Gamesindustry.biz melaporkan bahwa total pendapatan Take-Two mencapai 3,3 miliar dolar AS atau Rp 47,4 triliun. Belanja konsumen meningkat 48 persen dari tahun ke tahun.

NBA 2K dan Grand Theft Auto Online dikatakan menjadi pendorong utama pengeluaran tersebut pada kuartal keempat, dengan kontribusi tambahan dari judul seluler Social Point dan Playdots, serta WWE SuperCard.

GTA V. (Rockstar Games)
GTA V. (Rockstar Games)

 

Dikutip dari The Gamer, NBA 2K21 melampaui ekspektasi Take-Two dan sekarang telah terjual lebih dari 10 juta copy. Sementara franchise ini menawarkan 2,3 juta pemain harian dan belanja konsumen berulang naik 73 persen dari tahun ke tahun.

Tujuh hari belakang memang menyediakan berita positif bagi penggemar GTA. Rockstar baru saja mengumumkan tanggal rilis untuk versi GTA V yang ditingkatkan di mana akan hadir ke konsol terbaru PS5 dan Xbox Series X/S akhir tahun ini.

GTA V telah terjual dalam angka yang tak terduga dan mendapatkan dorongan besar pada masa pandemi. Orang-orang yang memilih di rumah saja cenderung mengalihkan perhatian mereka, salah satunya dengan memainkan game.

Meski penggemar mungkin kecewa mengingat tak ada seri GTA baru selama 7 tahun terakhir, namun Rockstar konsekuen dengan keputusannya.

GTA V. (Rockstar Games)
GTA V. (Rockstar Games)

 

Mereka rajin memberikan update dan fitur baru selama 7 tahun, di mana developer juga merilis pembaruan terbesarnya untuk mode online GTA V dengan Cayo Perico Heist.

GTA V telah terjual lebih dari 30 juta copy sepanjang 2013. Game juga memiliki tahun terbaik pada 2020 untuk para pemain, sebagian besar terkait update besar dan konten anyar.

Angka 145 juta unit memang menjadi semacam milestone atau tonggak sejarah baru untuk game tersebut. Pemeringkatan IGN di akhir 2019 menyebutkan bahwa GTA 5 telah terjual lebih dari 135 juta copy.

Itu menempatkan GTA V sebagai video game terlaris ketiga sepanjang masa di belakang Tetris dan Minecraft. Pemeringkatan pada 2019 oleh IGN menyebutkan bahwa Minecraft telah laku lebih dari 200 juta unit sementara Tetris (semua platform) mencetak 500 juta copy.

Laporan keuangan terbaru Take-Two dan juga raihan angka penjualan GTA V membuat game tersebut menempel ketat di belakang Minecraft pada posisi tiga besar terlaris sepanjang masa.

Berita Terkait