Tips Memilih Online Game untuk Anak, Jangan Sembarangan

Pilih-pilih, jangan sembarangan game untuk anak.

Agung Pratnyawan
Rabu, 19 Mei 2021 | 16:01 WIB
Ilustrasi main game HP Oppo. (Oppo Indonesia)

Ilustrasi main game HP Oppo. (Oppo Indonesia)

Hitekno.com - Game online tengah menjadi permainan yang populer saat ini, namun perlu diketahui bisa berdampak pada proses tumbuh kembang anak. Tak hanyak dampak negati, namun juga positif untuk buah hati. Apalagi jika para orang tua dapat memilih permainan yang sesuai dengan usia sang buah hati.

Melalui rilis resminya, Oppo Indonesia memberikan tips untuk orang tua dalam memilihkan game online untuk para buah hati.

Memang segala sesuatu yang diberikan kepada anak akan memiliki efek baik dan buruk, seperti halnya bermain game online melalui smartphone.

Baca Juga: Diskon Rp 500 Ribu, Ini Update Harga Oppo A33 Mei 2021

Apabila orang tua dapat memilih permainan yang tepat maka dapat digunakan untuk melatih berbagai ilmu pengetahuan semisal belajar mengenal huruf, angka, warna, dan berbagai binatang. Bahkan game online dapat meningkatkan kreasi dan mengasah kemampuan anak.

Namun demikian, akibat buruk dari game online juga dapat terjadi seperti ketika anak mulai mengalami kecanduan bermain game lewat gawainya.

Keadaan seperti ini tentu menjadi hal dilematis bagi sebagian orang tua, apakah mereka harus memberikan gawai mereka untuk anak bermain gameonline, atau melarang sama sekali. Orang tua harus dapat membatasi waktu anak dalam bermain meski game yang dimainkan sifatnya edukatif.

Baca Juga: Muncul di Jepang, Chipset dan Spesifikasi Oppo Reno5 A Terungkap

Pada kenyataannya, hal seperti itu menjadi tantangan baru bagi orang tua yang terlanjur membiarkan anak untuk bermain game lebih lama.

Terlebih jika anak sudah terpengaruh dengan berbagai game online yang memilki opsi pembelian item tertentu untuk mendongkrak permainan.

Oppo Reno5. (Oppo)
Oppo Reno5. (Oppo)

Bahkan kini anak mulai dapat membeli beberapa item dari sebuah game daring secara langsung melalui tagihan kartu kredit milik orang tuanya ataupun membeli pada jaringan minimarket di dekat rumah mereka.

Baca Juga: Harga Oppo A92 Mengalami Penurunan, Ini Fitur-fitur Menariknya

Seringkali muncul kesalahpahaman ketika orang tua menyalahkan kasir minimarket yang memperbolehkan anaknya membeli item game online.

Sesungguhnya peran orang tua sangat besar dalam mengawasi anaknya ketika bermain game pada gawai mereka. Untuk membantu proses monitoring aktivitas anaknya, para orang tua dapat memanfaatkan berbagai aplikasi yang dapat membantu mengendalikan waktu anak dalam bermain game di gawai.

Selain itu, Oppo Indonesia memberikan saran untuk orang tua memanfaatkan aplikasi-aplikasi bawaan dari smartphone berbasis sistem operasi ColorOS 11 seperti pada perangkat OPPO A74.

Baca Juga: Spesifikasi Oppo Find X3 Pro, Desainnya Dapat Penghargaan Bergengsi

Pada perangkat OPPO tersebut terdapat fitur yang bernama Kid Space yang dapat diakses melalui menu Pengaturan atau Settings. Kid Space dapat membatasi durasi penggunaan perangkat mulai dari 15 menit hingga waktu yang tak terhingga.

Orang tua juga dapat mengatur aplikasi apa saja yang dapat diakses oleh buah hati mereka. Setelah memilihkan beberapa game yang dapat diakses anak, sebaiknya para orang tua mematikan akses Google Play Store di smartphone.

Jaringan data juga dapat dimatikan secara permanen apabila opsi Kid Space telah diaktifkan. Fitur utama dari Kid Space juga dapat membatasi konfirmasi pembayaran melalui SMS, mencegah modifikasi pengaturan sistem, menghalangi anak untuk melakukan pemasangan atau penghapusan aplikasi, bahkan membatasi waktu aktif layar.

Dengan adanya fitur ini, sebagian besar kekhawatiran orang tua terhadap penggunaan gawai oleh anak mulai teratasi. Selain pada OPPO A74, fitur ini juga dapat diakses melalui beberapa perangkat OPPO yang telah melakukan update sistem operasi ColorOS 11 seperti OPPO Reno5, OPPO Reno5 5G, OPPO Reno5 F, dan OPPO A74 5G.

Berita Terkait
TERKINI

Kota mana saja gelaran Genshin Impact ini berlangsung....

games | 10:16 WIB

Setelah rilis di Xbox Series X/S dan PC, kini Hi-Fi RUSH dihadirkan ke PS5....

games | 14:10 WIB

Tak hanya update, HoYoverse juga perayakan anniversary pertama Honkai Star Rail....

games | 10:29 WIB

Jangan lewatkan tes amplifikasi Zenless Zone Zero....

games | 12:37 WIB

Film dokumenter "Suara Alam" merupakan Genshin Impact dan Discovery Channel bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ...

games | 15:51 WIB

Garena CODM Indonesia memberikan hadiah spesial untuk para pemain yang bisa didapatkan melalui event spesial Ramadan Ral...

games | 15:16 WIB

Chiori, karakter baru yang dikenalakan HoYoverse untuk Genshin Impact....

games | 16:35 WIB

Serangkaian event waktu terbatas dan bonus dalam game akan hadir untuk menyambut perilisan Honkai Impact 3 Bagian 2....

games | 08:31 WIB

Seperti apa game PC ini? Nightingale adalah game survival-crafting PVE....

games | 18:13 WIB

Early access game Nightingale ini akan segera hadir di PC melalui Steam dan Epic Game Store....

games | 21:19 WIB

Brasil akan menjadi tuan rumah kompetisi Free Fire tertinggi dunia untuk kedua kalinya....

games | 15:54 WIB

Undawn akan mendapatkan petualangan baru dengan hadirnya map Dragon Gate Street....

games | 20:51 WIB

Zenless Zone Zero adalah ARPG fantasi urban terbaru dari HoYoverse....

games | 13:38 WIB

Banyak hadiah menarik dan alur cerita seru yang sayang untuk dilewatkan dari event terbatas Tears of Themis ini....

games | 13:31 WIB

Selama periode 31 Januari 14 Februari, pengguna pertama dapat berlangganan PC Game Pass hanya dengan Rp. 14,999! Penawa...

games | 09:49 WIB

ONIC CAMP Vol. 2 akan memberikan pembekalan tentang Ecosystem dan Opportunity yang ada di klub eSports....

games | 10:19 WIB

Dalam versi baru ini, selain latar tempat, alur cerita, dan rekan-rekan baru, Misi Trailblaze utama di Penacony juga aka...

games | 09:48 WIB

Apa saja yang dihadirkan dalam update baru The Elder Scrolls Online: Gold Road ini....

games | 13:23 WIB
Tampilkan lebih banyak