Games

Dikonfirmasi, Resident Evil 4 Siap Hadir ke Perangkat VR

Resident Evil 4 versi VR dijanjikan memberikan pengalaman bermain game lebih imersif.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Karakter di Resident Evil 4. (Capcom)
Karakter di Resident Evil 4. (Capcom)

Hitekno.com - Resident Evil termasuk franchise game horor yang mempunyai begitu banyak penggemar di seluruh dunia. Kabar baik, Resident Evil 4 siap hadir memanjakan atau "menghantui" penggemar melalui perangkat VR.

Sebagai informasi, Capcom telah mem-porting Resident Evil 4 ke hampir semua platform yang memungkinkan sejak perilisan asli mereka di GameCube. Kini game horor survival ini dikonfirmasi bakal hadir ke perangkat VR (virtual reality) Oculus Quest 2 milik Facebook.

Capcom dan Facebook relah mengumumkan bahwa mereka bersiap mengirim Resident Evil 4 ke dalam pengalaman virtual reality selama acara Resident Evil Showcase kemarin.

Tampilan sudut pandang orang ketiga pada Resident Evil 4 akan diubah menjadi first-person view dalam perangkat VR.

Pengguna hanya akan melihat tangan Leon S. Kennedy saat dia menembak, menebas, dan bergerak melalui Resident Evil 4 VR. Perusahaan mengklaim bahwa efek VR dari Resident Evil 4 akan menawarkan pengalaman bermain game imersif.

Karakter di Resident Evil 4. (Capcom)
Karakter di Resident Evil 4. (Capcom)

"Cukup imersif, ini akan membawa kekayaan dan kedalaman pada pengalaman Resident Evil yang Anda kenal serta kuasai," kata Mike Verdu, VP konten di Facebook Reality Labs dikutip dari Polygon.

Capcom, Oculus Studios, dan Armature Studio bersama-sama mengembangkan Resident Evil 4 versi Oculus Quest 2. Verdu menjanjikan detail lebih lanjut tentang Resident Evil 4 VR di Oculus Gaming Showcase Facebook pada Rabu, 21 April.

Perlu diketahui, Resident Evil 4 pertama kali dirilis pada tahun 2005. Meski awalnya eksklusif di GameCube, RE4 kemudian hadir di Android, iOS, Nintendo Switch, PlayStation 2, PlayStation 3, PlayStation 4, Wii, Windows PC, Xbox 360, dan Xbox One

Capcom sebelumnya pernah bereksperimen dengan VR pada Resident Evil 7 biohazard (2017). Oculus Quest 2 sendiri merupakan VR mandiri yang tak memerlukan PC atau perangkat seluler terpisah.

Ilustrasi Resident Evil 4 jika di perangkat VR. (YouTube/ Normal Draham)
Ilustrasi Resident Evil 4 jika di perangkat VR. (YouTube/ Normal Draham)

Perangkat VR tersebut dirilis pada September 2020 dengan banderol mulai dari 299 dolar AS atau Rp 4,3 juta. Kuartal kedua ini nampaknya merupakan waktu yang cukup menggembirakan bagi penggemar Resident Evil.

Sebagai informasi, Resident Evil: Village dan Resident Evil Re: Verse juga dirilis sebagai satu paket pada tanggal 7 Mei 2021. Baik game single-player dan multiplayer akan diluncurkan untuk PC, PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series S, dan Xbox Series X.

Berita Terkait