Games

Final Fantasy XIV Tembus 22 Juta Pemain Terdaftar, Siap Open Beta di PS5

Jumlah pemain terdaftar Final Fantasy XIV meningkat dari tahun ke tahun.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Final Fantasy XIV expansion Endwalker. (YouTube/ FINAL FANTASY XIV)
Final Fantasy XIV expansion Endwalker. (YouTube/ FINAL FANTASY XIV)

Hitekno.com - Square Enix telah mengumumkan bahwa game online Final Fantasy XIV telah mencatatkan lebih dari 22 juta pemain terdaftar. Jumlah tersebut tidak berarti selaras dengan angka penjualan mengingat ini termasuk pemain dalam free trial.

Meski demikian, ini termasuk pencapaian yang cukup baik dari game yang diluncurkan pertama 2013. Ketika debut, Final Fantasy XIV tersedia pertama kali di platform Windows dan PS3 pada 2013.

Game online ini juga tersedia untuk PS4 tak lama setelah perilisan pada konsol sebelumnya. MMORPG tersebut rencananya akan melakukan open beta di PS5 pada 13 April 2021.

Dikutip dari Gamereactor, update besar-besaran pada expansion Endwalker, akan hadir di PC, PlayStation 4, dan PlayStation 5 pada musim gugur tahun ini. Laporan dari Siliconera, uji coba gratis atau free trial Final Fantasy XIV mencakup akses ke game hingga akhir ekspansi terbaru.

Final Fantasy XIV expansion Endwalker. (YouTube/ FINAL FANTASY XIV)
Final Fantasy XIV expansion Endwalker. (YouTube/ FINAL FANTASY XIV)

 

Namun, itu membatasi akses ke beberapa fitur dasar seperti penggunaan market board atau akses terbatas dalam bergabung ke Free Company.

Jumlah copy expansion yang terjual saat ini tidak setinggi expansion sebelumnya. Meski begitu, game MMORPG tersebut diyakini masih mencatatkan angka positif dalam hal keuntungan.

Game telah memiliki beberapa expansion utama yaitu Heavensward (2015), Stormblood (2017), Shadowbringers (2019), dan Endwalker (2021).

Final Fantasy XIV adalah MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) yang menampilkan dunia persisten di mana pemain dapat berinteraksi satu sama lain dan dengan lingkungannya.

Final Fantasy XIV. (Square Enix)
Final Fantasy XIV. (Square Enix)

 

Versi ke-13 merupakan pengganti versi game tahun 2010 yang telah dianggap gagal sebelumnya. Final Fantasy XIV telah mengalami beberapa pertumbuhan yang mengesankan dalam beberapa tahun terakhir.

Ekspansion Shadowbringers membantu game membuat lompatan dari 16 juta pemain terdaftar menjadi 18 juta pada Desember 2019. Untuk konteks lebih lanjut, jumlah total pengguna terdaftar dilaporkan sebanyak sepuluh juta pada Agustus 2017.

Itu berarti Final Fantasy XIV sudah menggaet setidaknya 12 juta pemain terdaftar anyar dalam kurun waktu tiga hingga empat tahun terakhir. Mengingat diharapkan membawa grafis lebih baik, kehadiran Final Fantasy XIV di PS5 tentu dapat menarik perhatian penggemar.

Berita Terkait