Games

Gunakan Engine Baru, The Last of Us Akan dapatkan Remake untuk PS5

RemakeThe Last of Us disiapkan untuk memaksimalkan PS5.

Agung Pratnyawan

The Last of Us. (PlayStation)
The Last of Us. (PlayStation)

Hitekno.com - The Last of Us, salah satu game eksklusif PlayStation yang sukses besar ini dilaporkan akan mendapatkan remake. Yakni untuk konsol game baru PlayStation 5 atau PS5 dengan memakai game engine baru.

Kabar ini muncul dari laporan Jason Schreier yang dirilis Bloomberg belum lama ini. Yang mendapati beberapa informasi mengenai proyek rahasia untuk melakukan remake pada The Last of Us.

Dikutip HiTekno.com dari JapanTimes, laporan ini menyebutkan kalau para petinggi Sony kini lebih memilih hati-hati dalam meluncurkan game eksklusif mereka di PlayStation.

Mereka lebih memilih main aman, hanya meluncurkan game berlevel blockbuster saja yang disiapkan untuk sukses secara global. Hal inilah yang membuat proposal Days Gone 2 ditolak.

Juga kurangnya proyek pengembangan game skala kecil di studio fist party milik Sony. Karena lebih memilih pada game-game skala besar juga peluasan franchise yang mereka miliki.

Laporan ini juga menyoroti Visual Arts Service Group yang kerap menjadi pahlawan dalam berbagai game fist party PlayStation. Namun studio milik Sony ini kurang mendapatkan kesempatan dalam pengembangan game mereka sendiri.

Studio yang berbasis di San Diego, Amerika Serikat ini telah membantu banyak dalam game sukses milik Sony seperti Spider-Man dan Uncharted. Dan paling baru, dilaporkan akan mengerjakan proyek dengan nama sandi T1X.

The Last of Us. (PlayStation)
The Last of Us. (PlayStation)

 

Menurut laporan, proyek ini adalah remake dari The Last of Us yang disiapkan khusus untuk PlayStation 5. Yang nantinya diharapkan memaksimalkan kemampuan dari konsol game PS5 tersebut.

Namun sayangnya, perlahan proyek ini mulai bergeser ke Naughty Dog. Dan mengarahkan kalau Visual Arts Service Group kembali hanya sebagai studio pembantu yang mendukung proyek tersebut.

Naughty Dog sendiri adalah pengembang asli dari The Last of Us yang awalnya dikembangkan untuk PlayStation 3. Lalu mendapatkan remastered di PlayStation 4, hingga sekuel Part II yang meluncur belum lama ini.

Bahkan franchise The Last of Us sendiri sampai diangkat menjadi serial live action oleh HBO. Yang membuat nama studio fist party mili Sony ini makin harum saja.

Laporan ini juga mendapati akan digunakannya game engine baru yang akan dipakai dalam pembuatan remake dari The Last of Us. Yang nantinya diperkirakan akan memaksimalkan potensi dari konsol game PlayStation 5.

Namun sayangnya belum ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Sony. Termasuk soal hilangnya kesempatan studio game kecil milik Sony kehilangan kesempatan membuat game merekasendiri.

Akankah The Last of Us benar mendapatkan remake dengan game engine baru di PS5, dan bagaimana nasib Visual Arts Service Group yang lagi-lagi gagal mendapatkan game mereka sendiri?

Berita Terkait