Games

Waduh, Launcher Epic Games Dilaporkan Bikin Panas AMD Ryzen

Tak hanya terjadi lonjakan proses yang menyebabkan panas, ada masalah ini juga.

Agung Pratnyawan

Logo Epic Games Store. (YouTube/ Epic Games)
Logo Epic Games Store. (YouTube/ Epic Games)

Hitekno.com - Beberapa pengguna prosesor AMD Ryzen melaporkan perangkat mereka tiba-tiba memanas saat membuka launcher Epic Games. Padahal tidak terjadi masalah ketika menjalankan platform lain.

Seperti dilaporkan Hot Hardware, beberpa pengguna menyampaikan keluhannya di forum Reddit belum lama ini. Banyak yang curhat kenapa prosesor AMD Ryzen mereka tiba-tiba memanas.

Hal ini hanya terjadi saat mereka menjalankan launcher Epic Games. Namun ketika menjalankan Steam maupun GOG tidak muncul keluhan soal suhu yang mendadak meninggi.

Menurut laporan, launcher tersebut menjalankan proses di background yang tidaklah ringan. Bahkan bisa membuat suhu prosesor dalam perangkat pengguna bisa meningkat.

Salah satunya adalah pengguna Reddit Neoncarbon yang menggunakan AMD Ryzen 5800X melaporkan kalau suhu prosesornya turun dari 50 derajat celcius menjadi 37 derajat celsius setelah mematikan launcher Epic Games.

Laporan dari pengguna Reddit ini juga didukung oleh pengguna lainnya yang mengaku mengalami hal serupa. Yang mendapati adanya proses cukup tinggi dibanding kompetitornya.

Tim dari Hot Hardware pun melakukan pengujian pada laporan ini. Dengan menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 5950X memakai liquid cooler dan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3080.

Logo Epic Games. (Epic Games)
Logo Epic Games. (Epic Games)

 

Hasil pengujian di dapati kejadian serupa saat membuka launcher Epic Games. Namun ketika mengganti ke Steam dan GOG, lonjakan ini tidak ditemukan pada perangkat tersebut.

Didapati launcher ini melakukan proses meski komputer yang digunakan sedang idle, terlihat dari CPU usage terjadi beberapa lonjakan di satu sampai dua core dalam Task Manager.

Dengan perangkat yang sama, juga dilakukan pengujian dengan Glasswire untuk memantau penggunaan jaringan. Yang didapati adanya beberapa kali lonjakan ketika kondisi idle.

Uniknya, lonjakan ini 14 kali lipat dibandingkan data yang dikirimkan launcher Steam dan Nvidia GeForce Experience di Background dalam jangka waktu yang sama.

Sergey Galyonkin dari Epic Games sendiri menyampaikan timnya telah mengetahui adanya keluhan tersebut. Ia mengatakan kalau persolaan tersebut adalah bugs, dan sedang dalam penangan.

Tim Epic Games telah mengetahui bugs pada launcher dan sedang menanganinya. (Twitter)
Tim Epic Games telah mengetahui bugs pada launcher dan sedang menanganinya. (Twitter)

 

Sehingga persolaan adanya lonjakan dan memanasnya prosesor AMD Ryzen saat menjalankan launcher Epic Games ini bukan karena script berbahaya maupun crypto-minning.

Itulah bugs temuan dari launcher Epic Games yang ternyata tedampak pada pengguna prosesor AMD Ryzen. Dan pihak pengembang sedang menangani persoalan tersebut.

Berita Terkait