Berbasis AMD Radeon RX 6900 XT, Ini VGA Asus ROG Strix dan TUF Gaming

Asus ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT danAsus TUF Gaming Radeon RX 6900 XT, kartu grafis baru dari Asus berbasiskanAMD Radeon 6900 XT Series.

Agung Pratnyawan
Senin, 21 Desember 2020 | 17:30 WIB
Asus ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT. (Asus)

Asus ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT. (Asus)

Hitekno.com - Asus secara resmi mengungkap jajara kartu grafis atau VGA baru berbasis AMD Radeon 6900 XT Series. Menariknya, pabrikan teknologi ini memasukkan dalam lini ROG Strix dan TUG Gaming yang jadi andalan selama ini.

AMD Radeon 6900 XT Series sendiri merukapan chip kartu grafis baru yang telah menggunakan arsitektur gaming AMD RDNA 2. Dengan arsitektur ini, menandai era baur dari grafis Radeon yang ditawarkan AMD.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari GPU terbaru yang sangat menarik ini, teknisi Asus telah bekerja maksimal mengembangkan kartu grafis ROG Strix dan TUF Gaming yang memberikan kinerja tinggi, suhu rendah, dan pengoperasian yang terbilang tenang yang tentunya diharapkan oleh para penggemar.

Baca Juga: Sambut AMD Ryzen 5000 Series, G.SKILL Hadirkan Trident Z Neo DDR4 4000 CL16

Lalu kartu grafis apa saja yang dihadirkan Asus dari AMD Radeon 6900 XT ini?

Asus ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT membuat 'Big Navi' lebih dingin

Asus ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT. (Asus)
Asus ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT. (Asus)

AMD Radeon RX 6900 XT adalah kartu grafis gaming tercepat yang pernah dibuat AMD. Saat teknisi Asus mulai membuat sketsa kartu ROG Strix, kekuatan sesungguhnya dari kartu grafis AMD Radeon RX 6900 XT menginspirasi desain sistem pendingin yang dapat mengeluarkan potensi penuhnya.

Baca Juga: AMD Radeon RX 6000 Series Resmi Diungkap, Ini yang Ditawarkan

Selama proses ini, tim Asus secara alami beralih ke pendinginan cair. Penggemar PC di seluruh dunia sudah terbiasa dengan manfaat sistem pendingin cair all-in-one untuk CPU mereka, dan banyak dari mereka yang telah menambahkan sistem serupa ke kartu grafis mereka menggunakan perlengkapan purnajual untuk mengejar batas tertinggi dari kinerja grafis.

Kartu grafis Asus ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT memadukan kekuatan udara dan cairan pendingin di luar kotak. Produk ini dirancang dari awal dengan modul pendingin cairan khusus yang secara khusus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan kartu grafis.

Pelat dingin yang besar mendinginkan GPU dan modul memori GDDR6 yang mengelilingi GPU. Panas dari komponen tersebut ditransfer langsung ke putaran pendingin cair daripada ke dalam internal casing.

Baca Juga: AMD Radeon RX 6000 Series Akhirnya Diungkap, Langsung Tantang GeForce RTX

Di ujung lainnya, radiator 240 mm memberikan keseimbangan yang tepat antara potensi pendinginan yang tinggi dan kompatibilitas yang luas dengan titik pemasangan yang tersedia di casing PC masa kini. Kipas blower dengan tingkat kebisingan rendah dan heat sink yang rendah di dalam lapisan kartu grafis memastikan sirkuit pengiriman daya tetap dingin.

Asus ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT. (Asus)
Asus ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT. (Asus)

Terlepas dari bagaimana hal tersebut disematkan di dalam sebuah PC, kartu grafis Asus ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT terintegrasi mulus dengan rangkanya. Kartu grafis ini dilengkapi dengan selang pendingin 600 mm yang sangat panjang untuk memungkinkan lebih banyak opsi pemasangan dalam sebuah wadah, bahkan dalam penutup EATX dengan interior yang luas. Selang dilapisi dengan anyaman tekstil untuk melindungi dari abrasi dan untuk menambahkan sentuhan yang berkelas pada sistem.

Untuk mengeluarkan panas dari putaran, sepasang kipas radiator 120 mm yang dirancang khusus yang dioptimalkan untuk CFM tinggi dan tekanan statis menjaga udara tetap bergerak melalui sirip heat exchanger yang sangat rapat. Seperti kartu grafis ROG Strix lainnya, header FanConnect II kartu grafis ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT dapat dihubungkan ke sistem sepasang kipas. Header ini memungkinkan kipas casing yang terhubung merespons secara langsung perubahan suhu GPU atau CPU, meningkatkan aliran udara tepat pada saat yang diperlukan.

Baca Juga: Bocoran Benchmark AMD Radeon RX 6800 XT Kalahkan Nvidia GeForce RTX 3080

Asus TUF Gaming memasangkan desain yang kokoh dan tersembunyi dengan kartu grafis AMD Radeon RX 6900 XT

Asus TUF Gaming Radeon RX 6900 XT. (Asus)
Asus TUF Gaming Radeon RX 6900 XT. (Asus)

Untuk para gamer yang menginginkan kartu grafis yang kokoh dan tersembunyi, Asus juga telah menciptakan Radeon RX 6900 XT versi TUF Gaming. Desain pendinginan kartu dimulai dengan heatsink 2,9 slot yang dibuat untuk banyak ruang kepala termal dan pengoperasian yang tenang di bawah kebutuhan GPU dengan watt tertinggi saat ini.

Udara didorong melalui heat sink dengan area permukaan tinggi menggunakan tiga kipas berteknologi Axial. Sama seperti pada pendingin ROG Strix, kipas sentral berputar searah jarum jam sementara dua di sisi berputar berlawanan arah jarum jam untuk mengurangi turbulensi.

Desain yang telah terbukti ini juga memungkinkan RPM yang lebih tinggi dan lebih banyak pergerakan udara melalui heat sink tanpa peningkatan jejak akustik yang sesuai. Lapisan aluminium bersudut dengan desain industrial terbaru yang kokoh membungkus heat sink untuk memberikan kesan performa yang baik.

Pelat belakang aluminium yang memiliki panjang yang lebar menambahkan sentuhan gaya ke sistem dengan grafis TUF Gaming yang halus, serta lubang ventilasi besar di depan PCB yang dibuat pendek menyediakan rute lain untuk udara panas memasuki jalur aliran udara casing.

Asus TUF Gaming Radeon RX 6900 XT. (Asus)
Asus TUF Gaming Radeon RX 6900 XT. (Asus)

Teknologi perakitan Auto-Extreme, digunakan di seluruh jajaran, secara tepat menempatkan dan menyolder komponen tanpa campur tangan manusia untuk meningkatkan keandalan dan kualitas bangunan. Rezim pengujian 144 jam dan kapasitor ekstra kokoh memastikan keandalan yang luar biasa dan masa pakai yang lama. Pengguna juga dapat mempersonalisasi kartu grafis agar sesuai dengan sistem lainnya menggunakan LED Aura RGB onboard.

Itulah Asus ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT dan Asus TUF Gaming Radeon RX 6900 XT, kartu grafis baru dari Asus berbasiskan AMD Radeon 6900 XT Series.

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak