Gadget

Lebih Bertenaga, AMD Hadirkan Prosesor Mobile Berbasis Zen untuk Chromebook

AMD Ryzen 3000 C danAMD Athlon 3000 C, dua prosesor baru yang membuat Chromebook lebih bertenaga.

Agung Pratnyawan

Prosesor AMD Ryzen. (AMD)
Prosesor AMD Ryzen. (AMD)

Hitekno.com - AMD telah resmi mengenalkan prosesor baru mereka untuk platform Chromebook. Yakni AMD Ryzen 3000 C dan AMD Athlon 3000 C yang berbasiskan arsitektur Zen.

Selama ini platform Chromebook terkenal sebagai perangkat hemat daya namun dapat menjalankan berbagai tugas ringan. Seperti browsing internet, dan pengolahan teks.

Dengan hadirnya prosesor AMD ini, membuat perangkat yang didesain khusus oleh Google ini lebih bertenaga namun tetaplah bisa hemat daya.

AMD mengklaim prosesornya mampu membuat Chromebook memiliki performa lebih cepat hingga 178% dibandingkan dengan generasi sebelumnya dalam menjelajah di web.

Hadirnya jajaran prosesor mobile AMD Ryzen dan Athlon 3000 C Series untuk perangkat Chromebook pertama bertenaga arsitektur "Zen" dengan sistem dari Acer, ASUS, HP, dan Lenovo yang diluncurkan pada Q4 2020.

Prosesor mobile AMD Ryzen 3000 menawarkan performa hingga 212% lebih baik untuk multitasking dan kreasi konten dibandingkan dengan AMD Chromebook generasi sebelumnya.

Dengan built-in AMD Radeon Graphics, prosesor mobile AMD Ryzen 3000 C Series menyertakan grafis paling kuat yang tersedia di Chromebook. 

Prosesor AMD Ryzen. (AMD)
Prosesor AMD Ryzen. (AMD)

 

"Apakah pengguna sedang online, offline, bepergian atau di rumah, Chromebook berbasis prosesor AMD Ryzen dan prosesor Athlon menghadirkan perpaduan CPU, grafis, dan performa keseluruhan untuk tetap produktif serta kemudahan dalam pembelajaran jarak jauh dan bekerja jarak jauh yang memberikan pengalaman terbaik," kata Saeid Moshkelani, senior vice president and general manager, Client Compute, AMD.

"Kami senang bekerja sama dengan Acer, ASUS, Google, HP dan Lenovo dimana secara signifikan memperluas jumlah Chromebook bertenaga AMD dan memberikan opsi yang lebih bertenaga dengan yang pertama dari banyak sistem Chromebook berbasis AMD Ryzen." lanjutnya. 

Prosesor Mobile AMD Ryzen dan Athlon 3000 C Series

Prosesor AMD Athlon. (AMD)
Prosesor AMD Athlon. (AMD)

 

Dibangun pada arsitektur "Zen" yang bertenaga dengan grafis AMD Radeon terbaik di kelasnya, Chromebook bertenaga AMD menawarkan kecepatan dan responsif saat menjelajah web, multitasking, atau streaming video.

Prosesor mobile 3000 C Series yang hemat daya memungkinkan desain Chromebook lebih tipis dan ringan dengan ketahanan baterai yang lama serta kemampuan Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5 untuk konektivitas yang ditingkatkan.

Prosesor mobile AMD Ryzen 7 3700C memberikan performa premium untuk Chromebook, dimana menghadirkan:

  • Kinerja grafis lebih baik hingga 251% dibandingkan dengan AMD Chromebook generasi sebelumnya
  • Kinerja produktivitas lebih cepat hingga 104% dibandingkan dengan AMD Chromebook generasi sebelumnya
  • Editing foto yang lebih baik hingga 152% dari AMD Chromebook generasi sebelumnya

 

Prosesor AMD untuk Chromebook. (AMD)
Prosesor AMD untuk Chromebook. (AMD)

 

Prosesor mobile AMD Ryzen dan Athlon 3000 C Series segera hadir dalam sistem dari mitra OEM utama di pasar konsumen, pendidikan, dan enterprise.

"Chromebook terus menjadi pasar yang berkembang pesat di mana pelanggan mencari desain menarik dan fitur terbaik untuk mendukung pekerjaan, pendidikan, dan gaming mereka dengan Chrome OS," kata John Solomon, Vice President of Chrome OS, Google.

"Kemitraan kami dengan AMD, bersama dengan penawaran Chromebook berbasis prosesor Ryzen yang belum pernah terjadi sebelumnya, memberi konsumen bahkan pilihan yang lebih luas dari desain Chromebook dengan harga terjangkau yang menghadirkan konektivitas super cepat, ketahanan baterai yang lama, dan kemampuan untuk mentenagai beban kerja multitasking." tambahnya.

"Acer melanjutkan sejarah kepemimpinan dan inovasinya di pasar Chromebook dengan memanfaatkan prosesor mobile AMD Ryzen dan Athlon 3000 C Series baru dalam lini produk kami yang akan datang, yang akan memberi pelanggan apa yang mereka butuhkan di sekolah, kantor, dan rumah," kata James Lin, general manager, Notebooks, IT Products Business, Acer Inc.

"Acer Chromebook kami yang berbasis AMD baru akan menghadirkan performa grafis, kinerja responsif, dan efisiensi yang lebih tinggi, memungkinkan pelanggan kami menangani proyek yang menantang, memanfaatkan berbagai aplikasi dan ekstensi yang berkembang di ekosistem Chrome."

"Saat ini para pekerja menginginkan perangkat cloud-centric yang bertenaga, aman, dan mudah digunakan karena mereka beradaptasi dengan realitas baru bekerja dari rumah atau di kantor," kata Andy Rhodes, global head of Commercial Personal Systems, HP Inc.

"Kami bangga atas kolaborasi berkelanjutan kami dengan AMD yang menawarkan fitur keamanan dan pengelolaan Chrome Enterprise yang canggih kepada pengguna bisnis untuk melindungi endpoints dan menyatukan pengelolaan. Bertenaga prosesor AMD Ryzen terbaru, Chromebook Enterprise HP Pro c645 baru mengemas daya yang mengesankan, keamanan tingkat perusahaan dan fitur pengelolaan, serta alat kolaborasi yang lancar untuk memenuhi kebutuhan produktivitas pengguna bisnis di mana saja." lanjutnya

"Didesain untuk memenuhi tuntutan yang terus berkembang pada laptop, sistem Lenovo yang didukung oleh prosesor AMD akan menyeimbangkan performa dengan portabilitas, yang memungkinkan pengguna menyelesaikan berbagai hal dari jarak jauh dan saat bepergian," kata Jerry Paradise, vice president, commercial portfolio, PC & Smart Devices, Lenovo.

"Bersama dengan mitra seperti AMD, kami dapat menawarkan pengalaman pengguna yang cepat dan responsif kepada pelanggan dalam desain laptop yang kuat dan portabel." ungkapnya.

Itulah kehadiran prosesor AMD Ryzen 3000 C dan AMD Athlon 3000 C untuk Chromebook. Tidak hanya penawarkan peningkatan performa, namun tetap hemat daya.

Berita Terkait