Games

Kalahkan PUBG Mobile, Genshin Impact Raup Rp 5,5 Triliun dalam 2 Bulan

Dalam seharinya, Genshin Impact meraup Rp 84 miliar.

Agung Pratnyawan

Genshin Impact. (miHoyo)
Genshin Impact. (miHoyo)

Hitekno.com - Genshin Impact langsung jadi fenomenal semenjak diluncurkan pada 28 September 2020 kemarin. Tak hanya soal popularitas, namun juga pendapatan yang diraup game gratis ini.

Game action RPG garapan miHoYo ini, bahkan sudah melampaui pendapatan PUBG Mobile yang laris manis. Namun masih tertinggal dari Honor of Kings atau Arena of Valor (AOV).

Menurut laporan Sensor Tower, Genshin Impact selama 28 September hingga 28 November 2020 telah mendapatkan 393 juta dolar AS atau setara dengan Rp 5,5 triliun.

Dalam periode yang sama, PUBG Mobile meraup 384 juta dolar AS atau Rp 5,4 triliun. Sedangkan Honor of Kings mendapatkan 467 juta dolar AS atau setara Rp 6,6 triliun.

Angka ini hanya dihitung dari riset pasar game mobile secara global. Namun tidak termasuk dari distribusi third-party Android di China yang tidak kalah banyak.

Top 5 game mobile dengan pendapatan tertinggi. (Sensor Tower)
Top 5 game mobile dengan pendapatan tertinggi. (Sensor Tower)

 

Selain itu, Sensor Tower juga melaporkan kalau game mobile ini rata-rata mendapatkan lebih dari 6 juta dolar AS per hari, atau sekitar Rp 84 miliar dalam sehari.

Dan Apple App Stor jadi sumber pendapatan utamanya dengan mencapai 226 juta dolar AS atau setara Rp 3,2 triliun. Angka ini sama dengan 57,5 persen dari pendapatannya.

Sedangkan dari Google Play Store, game gratis ini meraup pendapatan hampir 167 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,3 triliun dalam dua bulan terakhir.

Dengan angka tersebut, Genshin Impact sukses menjadi game dengan pendapatan grosing terbanyak nomor 2 secara global di bawah Honor of Kings dan di atas PUBG Mobile.

Hebatnya, kesuksesan ini diraih miHoYo hanya dalam dua bulan saja setelah diluncurkan. Dibanding dua game mobile dari Tencent tersebut yang lebih lama hadir.

Genshin Impact meraih iPhone Game of the Year. (miHoYo)
Genshin Impact meraih iPhone Game of the Year. (miHoYo)

 

Kesuksesan game gratis ini juga terlihat dari awal, bahkan sudah menduduki peringkat ketiga dalam pendapatan grosing secara global di bulan pertamanya.

Tak hanya soal pendapatan, Genshin Impact juga mendapatkan beragam penghargaan. Mulai dari iPhone Game of the Year 2020 dari Apple App Store.

Juga meraih Best Game of 2020 versi Google Play Store di berbagai negara, termasuk di Indonesia sekaligus menyabet User Choice Game of 2020.

Buat kamu yang belum pernah menjajal game gratis dari miHoYo ini, bisa memainkannya secara cuma-cuma di Android, iOS, PC, PlayStation 4 dan PlayStation 5.

Berita Terkait