Games

Hay Day dan 2 Ribu Game Lainnya Dihapus dari App Store China, Kenapa?

Tak hanya Hay Day, ribuan game lainnya juga kena hapus di China.

Agung Pratnyawan

Hay Day. (Supercell)
Hay Day. (Supercell)

Hitekno.com - Pemerintah China telah mengambil keputusan untuk memblokir lebih 2 ribu game dari Apple App Store negara tersebut. Salah satunya adalah Hay Day.

Dikutip HiTekno.com dari GameRant, pemerintah China memberlakukan peraturan yang ketat untuk setiap aplikasi hingga game mobile yang beredar di negaranya.

Terutama game-game mobile yang digolongkan sebagai poker dan mahjong, dilarang beredar di negara tirai bambu ini. Juga beragam franchise terkait hal ini.

Termasuk dalam laporan terbaru, pemerintah telah meminta penghapusan lebih dari 2 ribu game mobile dari Apple App Store versi China.

Laporan Sensor Tower menyebutkan kalau lebih dari 2.500 game mobile telah dihapus dari Apple App Store China sebagai wujud dari penerapan aturan tersebut.

Hay Day. (Supercell)
Hay Day. (Supercell)

 

Pada Februari 2020 kemarin, Apple sendiri telah mengkonfirmasi kalau mereka akan mematuhi aturan ketat dari pemerintah China tersebut.

Dalam peraturan ini, pemerintah China akan mengeluarkan ISBN atau nomor buku standar Internasional untuk aplikasi dan game mobile di negaranya.

Terutama untuk aplikasi dan game mobile yang memberlakkan sistem microtransaction di dalamnya. Pemerintah negara tersebut konsern akan sistem tersebut.

Bagi aplikasi dan game mobile yang tak memiliki ISBN dari pemerintah, makan akan dihapus dari Apple App Store. Hal ini akan dilakukan pada 31 Juli 2020.

Beberapa game mobile yang hapus ini telah menghasilkan jutaan dolar AS di China. Bahkan menurut laporan telah mencapai 37 juta dolar AS.

Hay Day. (Supercell)
Hay Day. (Supercell)

 

Beberapa game rilisan developer ternama seperti Glu, Zynga, Supercell juga telah dihapus. Termasuk game mobile Hay Day ikut dihapus.

Hay Day beserta sejumlah game-game tersebut dihapus dari Apple App Store China karena tidak memiliki ISBN. Jika ingin kembali, mereka harus mengurusnya ke pemerintah setempat.

Berita Terkait