Games

5 Tips Main Game PC dengan Laptop Kentang, Lancar Meski Intel HD

Meski laptop kentang tapi lancar main game PC.

Agung Pratnyawan

Main game dengan laptop kentang. (Pixabay)
Main game dengan laptop kentang. (Pixabay)

Hitekno.com - Laptop kentang tak menghalangi kita untuk main game PC. Termasuk pengguna GPU Intel HD yang jadi bawaan prosesor Intel.

GPU Intel HD memang dirancang untuk sekadar mengolah grafis sederhana. Terlebih cukup untuk pekerjaan dalam aplikasi kantoran.

Karena banyaknya laptop kentang dengan prosesor Intel, membuat pemakai GPU atau kartu grafis Intel HD banyak di pasaran.

Namun jangan dianggap remeh, beberapa seri Intel HD cukup maumpun untuk main game. Seperti Intel HD Graphics 4000 ke atas, atau Intel HD 520.

Walaupun bisa, namun tetap tahu diri. Game-game AAA rilisan baru tentu saja tidak kuat. Namun game-game lawas, atau game 2D masih memungkinkan.

Ilustrasi main game di laptop. (HiTekno.com, Pixabay)
Ilustrasi main game di laptop. (HiTekno.com, Pixabay)

 

Jangan anggap remeh laptop kentang, meski cuma pakai GPU Intel HD masih bisa main game PC dengan lancar. Namun memang bukan game AAA terbaru.

Berikut ini 5 tips main game dengan laptop kentang, terutama bagi pengguna Intel HD.

1. Cek Kompatibilitas

The Elder Scrolls V: Skyrim. (Steam)
The Elder Scrolls V: Skyrim. (Steam)

 

Untuk pengguna Intel HD, bisa cek game-game apa saja kompatibel melalui situs Gameplay.Intel.com dengan memasukkan prosesor Intel kamu.

Di daftar ini, tidak hanya memberikan game PC apa saja yang bisa dimainkan. Juga konfigurasi in-game setting untuk bisa menjalankannya.

Tak hanya itu, cek spesifikasi minimum dari game PC yang ingin dimainkan. Apakah laptop kentang kamu bisa memenuhi atau tidak.

2. Tipe Game PC

Game PC kompatibel dengan Intel HD 520. (Intel)
Game PC kompatibel dengan Intel HD 520. (Intel)

 

Beberapa game PC lawas masih bisa dimainkan Intel HD. Seperti The Elder Scrolls V: Skyrim, Fallout 3, dan Assassins Creed IV Black Flag.

Ada pula game-game baru yang memiliki grafis enteng. Seperti 2D, seperti Undertale, Stardew Valley, I am Setsuna dan Hollow Knight.

Genre lain yang cukup kuat untuk laptop kentang adalah visual novel. Seperti Her Story, Coffe Talk, dan Phoenix Wright: Ace Attorney Trilogy.

3. Perhatikan Suhu

Laptop cooler Notepal X3. (Cooler Master)
Laptop cooler Notepal X3. (Cooler Master)

 

Prosesor pada umumnya menurunkan clock speed ketika mencapai suhu tinggi. Yang pasti berdampak pada performa, termasuk GPU Intel HD.

Untuk menjaga performa tetap prima, terlebih prosesor Intel dengan Turbo Boost jaga suhu laptop kentang agar tidak terlalu tinggi.

Gunakan laptop cooling akan lebih membantu menjaga suhu. Juga dengan bermain di ruangan dengan suhu sejuk akan lebih baik lagi.

4. RAM Dual Channel

Ilustrasi RAM Dual Channel. (Pixabay)
Ilustrasi RAM Dual Channel. (Pixabay)

 

GPU Intel HD umumnya memakai VRAM yang diambil dari System RAM. Untuk bisa mendongkrak performa gunakan dual channel memory alias dua keping RAM.

Bukan hanya soal kapasitas RAM, namun dual channel melonggarkan bandwitdth memory. Hal ini dapat mendongkrak performa dari CPU maupun GPU.

5. SSD

SSD WD Blue. (Western Digital)
SSD WD Blue. (Western Digital)

 

Pemakaian SSD bukan cuma membuat starup lebih cepat, namun juga meningkatkan performa. Terutama jika sistem operasi diinstal di SSD.

Laptop kentang pun jadi lebih responsif, juga terasa lebih ringan untuk menjalankan aplikasi. Termasuk untuk game PC juga lebih responsif.

Kelebihan SSD juga lebih aman untuk laptop untuk digotong-gotong. Karena aman dari getaran. Ditambah loading game lebih cepat.

Itulah 5 tips main game lancar dengan Intel HD pada laptop kentang. Tetap lancar main game meski keterbatasan hardware.

Berita Terkait