Games

Nyobai PUBG Lite di Laptop Kentang, Jalan Tapi Begini

Laptop kentang bisa dong jalanin PUBG Lite.

Agung Pratnyawan

Nyobain PUBG Lite di laptop kentang. (HiTekno.com/Agung Pratnyawan)
Nyobain PUBG Lite di laptop kentang. (HiTekno.com/Agung Pratnyawan)

Hitekno.com - Game PUBG Lite telah resmi diluncurkan untuk PC kentang atau PC dengan spesifikasi rendah. Lalu bagaimana dengan laptop kentang yang tak kalah lelet?

Kali ini tim HiTekno.com mencoba main PUBG Lite bukan di PC kentang, namun di laptop kentang. Laptop dengan spesifikasi rendah dan kadang-kadang lelet.

Laptop kentang yang digunakan adalah laptop HP 14-bs0xx. Laptop dengan CPU Intel Celeron N3060 1,6 GHz dan RAM 4 GB untuk menjalankan sistem operas Windows 10 64 bit.

Laptop kentang ini memakai GPU integrated Intel HD Graphics 400. GPU ini bisa memakan RAM untuk memorinya hingga 2 GB.

Dengan spesifikasi seperti ini apakah bisa menjalankan game battle royale ini? Tentu bisa, kalau sekadar instal dan main PUBG Lite.

PUBG Lite di PC Kentang. (Hitekno.com/Agung Pratnyawan)
PUBG Lite di Laptop Kentang. (Hitekno.com/Agung Pratnyawan)

 

Minimum spesifikasi PC PUBG Lite sendiri meminta CPU core i3 2,4 GHz, RAM 4 GB, GPU Intel HD graphics 4000, dan free storage 4 GB saja.

Padahal laptop kentang yang dipakai hanya memenuhi RAM 4 GB dan free storage 4 GB. Selain itu juga Window 10 64 bit yang dimintanya.

Setelah mencoba, PUBG Lite memang bisa jalan di laptop kentang ini. Namun jika dilihat FPS yang didapatkan sangatlah menyedihkan.

PUBG Lite di laptop kentang ini hanya mendapatkan FPS tidak lebih dari 12 FPS. Bahkan jika ramai, game battle royale ini cuma mendapatkan 7 hingga 8 FPS saja.

FPS menyedihkan ini didapatkan pada setting grafis very low. Dengan settingan grafis serendah ini tetap saja game tidak bisa berjalan mulus.

Nyobain PUBG Lite di laptop kentang. (HiTekno.com/Agung Pratnyawan)
Nyobain PUBG Lite di laptop kentang. (HiTekno.com/Agung Pratnyawan)

 

Jika dibilang jalan, ya memang PUBG Lite bisa jalan di laptop kentang ini. Namun FPS yang didapatkannya tidak akan nyaman untuk bermain.

Apalagi untuk mereka yang bermain secara kompetitif, sangat tidak layak. Untuk sekadar main PUBG Lite disarankan bisa mendapatkan di atas 30 FP, namun untuk kompetitif harus di atas 60 FPS.

Setelah percobaan ini, tim HiTekno.com simpulkan kalau PUBG Lite tetaplah game yang tidak ringan. Meski ditujukan untuk PC kentang namun tetap butuh spesifikasi lebih tinggi.

Jika kamu hendak main PUBG Lite di laptop kentang seperti ini, sebaiknya diurungkan saja. Mending main di smartphone, atau upgrade PC yang lebih bertenaga.

Berita Terkait