Games

Facebook Akuisisi Developer Beat Saber, Hadirkan Fitur Khusus di Game VR

Oculus Studios dan Beat Games akan bekerja sama untuk mengembangkan fitur-fitur terbaru.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Logo Beat Saber. (YouTube/ Z1 Gaming)
Logo Beat Saber. (YouTube/ Z1 Gaming)

Hitekno.com - Facebook, perusahaan media sosial di balik platform Virtual Reality Oculus mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi developer Beat Saber. Hal itu mereka lakukan untuk memasukkan dan memaksimalkan fitur yang menghubungkan Beat Saber dengan media sosial.

Developer Beat Saber, Beat Games akan bergabung dengan Oculus Studios dan terus bekerja pada semua platform yang mendukung game tersebut.

Seperti yang telah diketahui, game populer Beat Saber dapat bekerja di beberapa platform termasuk PlayStation 4 (PSVR), Microsoft Windows, (SteamVR, Oculus) dan Oculus Quest.

Beat Saber adalah game VR rhythm di mana pemain akan menggunakan pedang yang disebut lightsaber.

Pedang akan terbagi menjadi dua warna yaitu merah di sebelah kiri dan biru di sebelah kanan.

Ilustrasi game Beat Saber. (Beat Games)
Ilustrasi game Beat Saber. (Beat Games)

 

Efek Virtual Reality membuat pemain akan berada seolah-olah ada di di lingkungan arcade neon untuk memotong balok menggunakan pedang tepat waktu sesuai irama musik.

Game ini dianggap sebagai salah saru game VR yang paling mudah diakses dan populer baik di PlayStation 4 dan Windows.

Beat Games akan merilis lebih banyak pembaruan untuk Beat Saber dengan dukungan Facebook, termasuk fitur khusus seperti fitur sosial, mode baru, musik, dan masih banyak lagi.

Dikutip dari Polygon, dalam waktu dekat, DLC Beat Saber akan menghadirkan mode level 360 derajat yang dirilis pada Desember 2019.

Mike Verdu, selaku direktur konten VR di Facebook menjelaskan bahwa perusahaannya akan terus memberikan update di semua platform.

"Beat Saber akan terus memperbarui di semua platform yang didukung pada waktu yang sama, dan Beat Games akan beroperasi dengan cara yang sama seperti saat ini sebagai studio independen," kata Mike Verdu.

Sementara itu, modding masih akan dipertahankan oleh Facebook sampai batas waktu tertentu.

Fitur modding yang bisa menambahkan musik yang diambil dari komunitas Beat Saber dan memberikan tantangan baru tidak akan diusik sebagai bagian dari hasil kerja samanya.

"Kami memahami dan menghargai nilai yang dibawa oleh modding kepada Beat Saber ketika dilakukan secara legal dan sesuai dengan kebijakan kami," tambah Mike Verdu.

Dengan masuknya Facebook, diharapkan nantinya terdapat beberapa mode yang dimasukkan di Beat Saber atas kerja sama Oculus Studio dan Beat Games.

Berita Terkait