Rilis Kompetisi Jawa Game Indonesia, HAGO Gandeng Baparekraf dan Kominfo

Ayo ikuti kompetisi seru ini, bertajuk Jawara Game Indonesia, HAGO akan saring pengembang game lokal.

Dinar Surya Oktarini
Minggu, 24 November 2019 | 10:00 WIB
Ilustrasi bermain game di smartphone. (pakutaso)

Ilustrasi bermain game di smartphone. (pakutaso)

Hitekno.com - Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan Asosiasi Game Indonesia (AGI), HAGO bersama Vlight rilis kompetisi Jawara Game Indonesia.

Kompetisi game ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menemukan talenta pengembang game lokal, menciptakan peluang, serta meningkatkan kualitas perindustrian game dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Leaflet kejuaraan dari HAGO: Jawara Game Indonesia [HAGO].
Leaflet kejuaraan dari HAGO: Jawara Game Indonesia [HAGO].

Jawara Game Indonesia yang telah dimulai dari 20 November 2019 hingga 12 Desember 2019 menampilkan permainan kasual atau midcore game. Para pemenang Jawara Game Indonesia akan menerima total uang tunai sebesar Rp 135 juta, dan game pemenang akan memiliki kesempatan untuk berada di aplikasi bersama dengan 40 gim terfavorit yang ada di HAGO.

Baca Juga: Smartphone Oppo Akan Produksi Chipset Sendiri?

"HAGO meluncurkan kompetisi pengembangan gim untuk mendorong talenta lokal dalam berpartisipasi serta menjadi wadah untuk menunjukkan keahlian mereka. Tidak hanya pandai dalam bermain game, kami berharap setelah diadakannya kompetisi ini, minat muda-mudi Indonesia menjadi pengembang game dan berkontribusi pada ekonomi kreatif akan menjadi lebih besar," jelas Qiu Bin, General Manager HAGO pada Sabtu (23/11/2019).

"Kami mengapresiasi peluang yang diberikan HAGO dalam penyelenggaraan kompetisi pengembangan game. Gim merupakan salah satu subsektor dari ekonomi kreatif. Saya berharap akan lahir produk-produk game yang kekayaan intelektual dimiliki anak bangsa dan dapat bekerja sama dengan Hago," jelas Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur Baparekraf.

Sementara itu, Luat Sihombing selaku Kasubdit Pengembangan Ekosistem Ekonomi Digital Kominfo menyatakan bahwa pihaknya mendukung HAGO karena bisa memfasilitasi para pengembang game lokal.

Baca Juga: Salah Satu Anaknya Kerja Jadi Ojol, Jawaban Ibunya Ini Bikin Haru

"Pengembang game Indonesia membutuhkan cara untuk bersinggungan langsung dengan konsumen. Dengan mengikuti acara ini, kualitas pengembang game Indonesia akan menjadi lebih baik. Kami senang ada pihak yang memulai ini dan kami berharap kedepannya akan banyak kesempatan seperti ini untuk para pengembang game,"sambungnya.

Sebagai informasi, tren game online bukanlah hal yang baru di Indonesia. Bahkan, gamer aktif di Indonesia menyentuh 43,7 juta sehingga dianggap menjadi salah satu target pasar potensial bagi perusahaan game online lokal maupun dunia.

Untuk mengikuti kompetisi Jawara Game Indonesia, calon peserta bisa berasal dari kalangan pelajar SMA, mahasiswa, pengembang lokal, pecinta game, dan wajib berkewarganegaraan Indonesia.

Baca Juga: Angkut Truk Mainan, Mobil dengan Deck Ini Curi Perhatian Netizen

Jenis tipe dan generator permainan yang dapat ikut serta dalam kompetisi Jawara Game Indonesia adalah HTML5, seperti Cocos Creator, Laya, Egret, BabylonJS, Phaser, pixiJS, ThreeJS, PlayCanvas, dan melonJS.

Game yang dikirimkan harus terjamin keasliannya dengan otorisasi yang sah, tidak melanggar hak hukum subjek apapun, dan tidak mengandung konten SARA (suku, agama, ras, antargolongan) juga politik.

Penjurian akan dilakukan menggunakan skor berdasarkan permainan game dan seni desain serta akan ada poin tambahan untuk permainan game yang kreatif dan menggunakan tema yang unik. Selain juara pertama, juara kedua akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 40 juta, juara ketiga akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 20 juta, juara keempat mendapatkan Rp 10 juta, dan juara kelima mendapatkan Rp 5 juta.

Baca Juga: Toyota Kembali ke Game Balap, Forza Horizon 4 Jadi yang Pertama

Untuk mengikuti kompetisi Jawara Game Indonesia, peserta dapat mengirimkan game ke email [email protected] dengan judul, yaitu submission - jenis game - nama game - nama pengembang. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 18 Desember 2019.(Suara.com/Tivan Rahmat)

Berita Terkait
TERKINI

Kota mana saja gelaran Genshin Impact ini berlangsung....

games | 10:16 WIB

Setelah rilis di Xbox Series X/S dan PC, kini Hi-Fi RUSH dihadirkan ke PS5....

games | 14:10 WIB

Tak hanya update, HoYoverse juga perayakan anniversary pertama Honkai Star Rail....

games | 10:29 WIB

Jangan lewatkan tes amplifikasi Zenless Zone Zero....

games | 12:37 WIB

Film dokumenter "Suara Alam" merupakan Genshin Impact dan Discovery Channel bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ...

games | 15:51 WIB

Garena CODM Indonesia memberikan hadiah spesial untuk para pemain yang bisa didapatkan melalui event spesial Ramadan Ral...

games | 15:16 WIB

Chiori, karakter baru yang dikenalakan HoYoverse untuk Genshin Impact....

games | 16:35 WIB

Serangkaian event waktu terbatas dan bonus dalam game akan hadir untuk menyambut perilisan Honkai Impact 3 Bagian 2....

games | 08:31 WIB

Seperti apa game PC ini? Nightingale adalah game survival-crafting PVE....

games | 18:13 WIB

Early access game Nightingale ini akan segera hadir di PC melalui Steam dan Epic Game Store....

games | 21:19 WIB

Brasil akan menjadi tuan rumah kompetisi Free Fire tertinggi dunia untuk kedua kalinya....

games | 15:54 WIB

Undawn akan mendapatkan petualangan baru dengan hadirnya map Dragon Gate Street....

games | 20:51 WIB

Zenless Zone Zero adalah ARPG fantasi urban terbaru dari HoYoverse....

games | 13:38 WIB

Banyak hadiah menarik dan alur cerita seru yang sayang untuk dilewatkan dari event terbatas Tears of Themis ini....

games | 13:31 WIB

Selama periode 31 Januari 14 Februari, pengguna pertama dapat berlangganan PC Game Pass hanya dengan Rp. 14,999! Penawa...

games | 09:49 WIB

ONIC CAMP Vol. 2 akan memberikan pembekalan tentang Ecosystem dan Opportunity yang ada di klub eSports....

games | 10:19 WIB

Dalam versi baru ini, selain latar tempat, alur cerita, dan rekan-rekan baru, Misi Trailblaze utama di Penacony juga aka...

games | 09:48 WIB

Apa saja yang dihadirkan dalam update baru The Elder Scrolls Online: Gold Road ini....

games | 13:23 WIB
Tampilkan lebih banyak