Games

Menurut Analis, Development Kit PlayStation 5 Sudah Mulai Dibagikan

Analis percaya, developer first party sudah menyiapkan game PlayStation 5 sejak sekarang.

Agung Pratnyawan

Logo Sony PlayStation. (Sony)
Logo Sony PlayStation. (Sony)

Hitekno.com - Perang konsol game bakal memanas saat PlayStation 5 dan penerus Xbox One dirilis. Walau masih lama, namun kabar menyebutkan kalau Development Kit PlayStation 5 sudah ada.

Dalam forum Resetera, seorang analis ternama, Daniel Ahmad alias ZhugeEx mulai menyinggung keberadaan Development Kit PlayStation 5.

Development Kit adalah paket tools (hardware maupun software) yang digunakan dalam pengembangan sebuah software sesuai dengan platform yang dituju.

Dengan kata lain adalah senjata para developer game untuk dapat membuat game mereka jalan dengan baik di platform konsol game PlayStaton 5 nanti.

Development Kit PlayStaton 5 ini membantu developer untuk lebih mengoptimalkan game mereka di PlayStation 5. Dan memastikan berjalan di konsol game ini.

DualShock 4, kontroler PlayStation 4. (Sony)
DualShock 4, kontroler PlayStation 4. (Sony)

 

Untuk membuat sebuah game bisa berjalan di sebuah platform tidaklah mudah. Membutuhkan waktu yang cukup lama bagi developer untuk mewujudkannya.

Jika PlayStation 5 bakal diungkap di 2019 atau 2020, setidaknya saat ini Development Kit ini sudah dibagikan kepada para developer.

Tujuannya, agar saat konsol game PlayStation 5 rilis nanti sudah ada game yang siap dimainkan. Karena game di saat peluncuran penting bagi penjualan konsol game.

Menurut analis game ternama ini, Sony sebenarnya punya sejumlah judul game yang belum diungkap ke publik untuk PlayStaion 4.

Namun kini pembicaraan mulai menjurus ke game-game apa yang akan dibawa ke PlayStation 5. Termasuk game-game lintas generasi dari PlayStation 4 ke PlayStation 5.

ZhugeEx juga menegaskan, developer first party yang biasa menggarap game eksklusif PlayStation seharusnya sudah menyiapkan game untuk PlayStation 5.

Analis ini percaya kalau para developer first party ini sudah mendapatkan Development Kit PlayStation 5 dari Sony untuk game mereka.

Pihak Sony sendiri belum banyak berbicara soal Development Kit PlayStation 5 ini. Namun pastinya PlayStation 5 dikenalkan dengan game yang sudah siap.

Berita Terkait