Games

Menkominfo Dukung Pengembangan Ekosistem eSports Tanah Air

Kompetisi eSports berkelas mulai bermunculan di Indonesia.

Agung Pratnyawan

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. (Suara.com/Adhitya Himawan)
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. (Suara.com/Adhitya Himawan)

Hitekno.com - Kompetisi eSports skala besar mulai bermunculan di Indonesia, dan yang paling baru bakan digelar Piala Presiden eSports 2019. Dan game Mobile Legends terpilih menjadi cabang di dilombakan.

Terkait dengan hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, berharap ajang ini menjadi pengembangan ekosistem eSports di tanah air. 

Termasuk dengan pengembangan dan pembentukan atlet eSports dalam negeri. 

''Masyarakat dapat mendukung para gamers Indonesia. Kita punya 43 juta gamers. Namun, skill saja belum cukup kalau tidak didukung seluruh masyarakat,'' ujar Menkominfo Rudiantara di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, pada Senin (28/1/2019).

Kemkominfo juga berusaha membangun akses internet cepat untuk mempercepat pencarian atlet e-Sport berkualitas.

Bersama (dari kiri) Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara; Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf dan CEO UniPin, Ashadi Ang. (Dok UniPin)
Bersama (dari kiri) Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara; Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf dan CEO UniPin, Ashadi Ang. (Dok UniPin)

 

''Kami terus mendorong kemajuan akses internet di seluruh Indonesia sehingga kompetisi e-Sports ini dapat digelar dan menghasilkan atlet berprestasi,'' tandas Menkominfo Rudiantara.

Sebagai informasi, kompetisi Piala Presiden eSports 2019 akan berlangsung mulai Februai hingga Maret 2019.

Bali dan Palembang menjadi dua kota pertama yang menggelar babak kualifikasi ini pada 9 Februari hingga 10 Februari 2019.

Selanjutnya, Surabaya dan Makassar menyusul pada 16-17 Februari 2019, diikuti Solo dan Manado pada 23-23 Februari 2019.

Menteri Telekomunikasi dan Informatika, Rudiantara. (Suara.com/Arief Apriadi).
Menkominfo, Rudiantara. (Suara.com/Arief Apriadi).

 

Sedangkan babak kualifikasi terakhir akan digelar di Pontianak dan Bekasi pada 2-3 Maret 2019. Nantinya, babak kualifikasi tersebut diikuti oleh 512 pemain dari masing-masing kota.

Pemenang tahap kualifikasi dari masing-masing kota pun berhak melaju ke Jakarta untuk mengikuti bootcamp dengan pelatih dan manajer ahli Indonesia Esport Premier League (IESPL).

Puncaknya, mereka yang berhasil lolos fase kualifikasi akan bersaing untuk memperebutkan Piala Presiden eSports 2019 dalam kompetisi akbar yang digelar di Istora Senayan Jakarta pada 30-31 Maret mendatang. (Suara.com/Tivan Rahmat)

Berita Terkait