Games

Cina Tak Bisa Main Game Dewasa dan Kekerasan dari Steam

Demi pasar, Steam mau blokir game dewasa di Cina.

Agung Pratnyawan

Tropical Liquor. (Steampowered)
Tropical Liquor. (Steampowered)

Hitekno.com - Seperti diketahui, Steam mulai membuka diri untuk game dewasa. Namun mereka juga bisa memblokir game jenis tertentu di beberapa negara.

Seperti di Cina, para gamer tidak bisa memainkan game dewasa dan kekerasan dari Steam. Hal ini dilakukan demi Steam bisa masuk ke negara tersebut.

Cina memang negara yang sangat ketat dalam mengizinkan layanan dan produk dari luar negeri untuk masuk ke negaranya.

Aturan Steam di Cina. (abacusnews)
Aturan Steam di Cina. (abacusnews)

 

Dilansir dari abacusnews, Steam memutar otaknya untuk bisa memasuk ke pasar Cina. Mengingat Cina adalah pasar yang sangat besar.

Salah satu yang dilakukannya dengan memblokir game dewasa dan kekerasan. Sehingga para gamer Cina tidak dapat mengaksesnya melalui Steam.

Kenapa melarang game-game seperti ini? Alasannya konten-konten dewasa dan kekerasan tersebut bertentangan dengan norma-norma dan tradisi di Cina.

Sebelumnya, game Monster Hunter World yang dibawa masuk Tencent pun dilarang oleh pemerintah Cina. Game ini dianggap mengandung kekerasan pada hewan.

Aturan Steam di Cina. (abacusnews)
Aturan Steam di Cina. (abacusnews)

 

Steam sendiri saat ini sedang jadi penguasa distribusi game PC. Namun mereka kalah jauh di Cina yang punya populasi besar.

Belum lagi Tencent juga ingin menghadirkan distribusi game PC bernama WeGames ke Cina.

Apapun dilakukan Steam agar bisa masuk ke Cina. Termasuk memblokir game dewasa dan kekerasan agar tidak bisa diakses dari Cina.

Berita Terkait