Bagaimana Samsung Terus Kembangkan Desain HP Layar Lipat lewat Galaxy Z Series

Samsung Galaxy Z Series diklaim telah mendefinisikan ulang masa depan smartphone.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 14 Juli 2023 | 13:04 WIB
Samsung Galaxy Z Fold4 dan Samsung Galaxy Z Flip4. (Samsung)

Samsung Galaxy Z Fold4 dan Samsung Galaxy Z Flip4. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung telah lama mengembangkan dan meluncurkan HP layar lipat ke pasaran. Yakni melalui Samsung Galaxy Z Series yang diklaim telah mendefinisikan ulang masa depan smartphone.

HP Samsung Galaxy Z Series juga diklaim sukses mendobrak industri dan mentransformasi keseharian pengguna.

Salah satu kunci sukses Samsung Galaxy Z Series adalah form factor yang dapat dilipat secara seamless dan mampu diletakkan secara stabil di berbagai kondisi pelipatan.

Baca Juga: Kenapa Samsung Neo QLED 4K TV Cocok untuk Main Game?

Inovasi tersebut memperluas cara pengguna dalam memakai smartphone dan menawarkan pengalaman baru yang hanya bisa ditemukan di perangkat lipat.

Sejak saat itu, Samsung Galaxy Z Series konsisten melampaui batas untuk menghadirkan inovasi terbaru yang dibutuhkan konsumen dan mencapai kesempurnaan penggunaan smartphone.

"Dari waktu ke waktu, Samsung berupaya untuk membuat Galaxy Z Series hadir untuk kalangan yang lebih luas dan memberikan dampak positif yang begitu dekat dengan keseharian pengguna, dari meningkatkan produktivitas hingga menambah keseruan dengan cara-cara unik dalam content creation. Samsung pun berkomitmen untuk terus mendengar kebutuhan konsumen dalam merancang Galaxy Z Series. Dengan begitu, lini smartphone foldable ini mampu berevolusi di tiap generasinya dengan desain yang semakin fungsional dan stylish tanpa menghilangkan durabilitas yang esensial bagi perangkat lipat," ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Baca Juga: Update Harga Samsung Galaxy S23 Ultra Terbaru Juni 2023

Konsistensi Samsung dalam melahirkan inovasi terbaru melalui Galaxy Z Series menegaskan posisi perusahaan sebagai pionir di sektor HP layar lipat.

Sebuah studi menjelaskan bahwa kehadiran Samsung Galaxy Z Fold4 dan Samsung Galaxy Z Flip4 sukses menetapkan standar tertinggi bagi HP layar lipat di pasaran.

Kedua perangkat itu pun dianggap mampu membuka jalan akan bagaimana foldable dapat terus berevolusi dalam menjawab kebutuhan konsumen di masa depan.

Baca Juga: Samsung Smart Monitor 2023, Tampil Stylish dan Makin Fleksibel

Selain itu, riset di Amerika Serikat menunjukkan bahwa di antara orang-orang yang tertarik dengan ponsel lipat, portabilitas dan kemudahan penggunaan adalah faktor-faktor penting yang dapat memengaruhi minat mereka terhadap jenis perangkat tersebut.

Sekitar 67% responden, atau 2 dari 3 orang, menyebut portabilitas sebagai faktor penting. Para responden juga mengatakan bahwa perangkat lipat ideal untuk multitasking, dan adanya teknologi terkini di dalam perangkat dapat mendorong minat mereka terhadap ponsel lipat.

Lantas, bagaimana Samsung dapat terus mengembangkan desain Galaxy Z Series yang menarik perhatian konsumen? Simak penjelasan berikut ini yang akan membuat kamu beralih ke perangkat lipat Samsung:

Baca Juga: Harga Samsung Galaxy A54 Terbaru Juni 2023, Lengkap dengan Spesifikasinya

Desain yang memaksimalkan keunggulan perangkat lipat dibanding smartphone biasa

Samsung Galaxy Z Series menawarkan identitas desain yang mengoptimalkan fungsionalitas dari sebuah perangkat HP layar lipat yang tidak dapat ditemukan di smartphone pada umumnya.

Samsung Galaxy Z Fold mengusung layar yang sama lapangnya dengan gabungan dua buah smartphone dalam keadaan terbuka untuk menawarkan berbagai cara multitasking dan meningkatkan produktivitas secara mobile.

Samsung pun terus menambahkan inovasi pada desain Samsung Galaxy Z Fold untuk memberi kenyamanan lebih bagi pengguna, seperti kehadiran Under Display Camera (UDC) yang membuat tampilan layar semakin immersive.

Sedangkan Samsung Galaxy Z Flip tampil compact dengan ukuran separuh smartphone biasa saat ditutup, namun tetap mampu menawarkan fungsi esensial seperti menelepon, balas teks, hingga memotret dan merekam video.

Memahami bahwa kepraktisan adalah esensi dari desain Galaxy Z Flip, Samsung terus meningkatkan ukuran Cover Screen dan menyematkan lebih banyak fitur di dalamnya. Dengan begitu, pengguna bisa lebih kreatif saat bikin konten hingga menikmati interaksi yang lebih hidup tanpa repot membuka perangkat.

Teknologi hinge terdepan yang mendukung ketahanan desain pada perangkat

Sampai saat ini, Samsung telah menghadirkan empat generasi perangkat lipat. Selama itu juga, Samsung konsisten menyematkan teknologi dan inovasi terdepan yang menjadikan Samsung Galaxy Z Series lini smartphone foldable paling unggul di industri.

Salah satunya adalah Hideaway Hinge revolusioner yang pertama kali diperkenalkan di Samsung Galaxy Z Flip dan terus dikembangkan sampai Samsung Galaxy Z Flip4 yang menegaskan posisi Samsung sebagai pionir teknologi foldable.

Awalnya, hinge hanya mengakomodasi gerakan membuka dan menutup secara penuh, namun kini engsel tersebut memungkinkan perangkat tetap kuat saat dilipat dalam berbagai angle.

Perkembangan tersebut penting untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna ketika menggunakan fitur Flex Mode di Samsung Galaxy Z Flip untuk membuat konten, menonton video, hingga melakukan conference call.

Selain itu, Samsung juga terus memberikan peningkatan signifikan pada desain Samsung Galaxy Z Series, mulai dari bobot yang lebih ringan, dimensi yang lebih ramping, hingga bezel yang lebih tipis.

Desain yang lebih baik dari waktu ke waktu juga dilengkapi dengan ragam inovasi yang membuat Galaxy Z Series dapat diandalkan untuk digunakan bertahun-tahun.

Salah satunya, Samsung Galaxy Z Series merupakan lini smartphone foldable pertama di dunia yang tahan air melalui sertifikasi IPX8, sehingga pengguna tak perlu khawatir ketika perangkat basah karena hujan maupun tersiram air minum yang dapat terjadi kapan saja.

Inovasi desain kekinian yang melengkapi fashion statement pengguna

Tidak hanya fokus dalam meningkatkan fungsionalitas dari desain Samsung Galaxy Z Series, Samsung juga menaruh perhatian besar dalam menciptakan perangkat lipat yang stylish dan mampu melengkapi fashion statement pengguna.

Upaya tersebut salah satunya dilakukan Samsung dengan konsisten merilis edisi khusus dari Galaxy Z Series, khususnya pada Samsung Galaxy Z Flip yang identik sebagai perangkat terdepan yang membantu pengguna dalam mengekspresikan diri.

Saat merilis Samsung Galaxy Z Flip3, Samsung berkolaborasi dengan desainer kenamaan dunia, Thom Browne, untuk menghadirkan Samsung Galaxy Z Flip3 Thom Browne Edition. Smartphone foldable edisi terbatas ini hadir dalam balutan warna Thom Browne White dengan aksen biru dan merah yang ikonis.

Samsung Galaxy Z Flip3 Thom Browne Edition juga dilengkapi UI khusus dengan theme, wallpaper, lock screen, dan ikon aplikasi yang sepenuhnya customized sesuai dengan pendekatan desain dari Thom Browne.

Selain itu, ketika memperkenalkan Samsung Galaxy Z Flip4, Samsung turut menyediakan Bespoke Edition untuk perangkat tersebut. Samsung Galaxy Z Flip4 Bespoke Edition menawarkan 75 kombinasi warna pada bodi kaca dan pilihan rangka perangkat sehingga memungkinkan pengguna untuk benar-benar mengatur tampilan dari perangkat sesuai dengan preferensinya.

Bahkan, pada HUT ke-77 RI, Samsung sempat merilis Samsung Galaxy Z Flip4 Indonesia Bespoke Edition dengan warna merah-putih lengkap dengan aksesori yang tersedia terbatas.

Layanan aftersales eksklusif yang melengkapi durabilitas desain perangkat

Samsung memahami bahwa ketahanan adalah salah satu pertimbangan utaman konsumen dalam melihat perangkat lipat. Maka dari itu, Samsung merancang Galaxy Z Series sebagai perangkat yang durable melalui penggunaan material yang kokoh dan uji coba kelayakan yang ketat. Dengan begitu, pengguna bisa pakai Galaxy Z Series dalam waktu yang lama tanpa rasa khawatir.

Selain itu, untuk melengkapi durabilitas Galaxy Z Series, Samsung juga menyediakan Samsung Galaxy Z Premier Service yang menawarkan berbagai layanan khusus untuk smartphone foldable.

Layanan aftersales eksklusif tersebut meliputi penggantian protective film secara gratis tanpa batas selama masa garansi. Samsung Galaxy Z Premier Service juga menyediakan Premium Foldable Hotline khusus untuk pengguna Galaxy Z Series yang membutuhkan bantuan terhadap masalah pada perangkat. 

"Ke depan, Samsung akan terus melahirkan lebih banyak inovasi dalam mengembangkan Galaxy Z Series untuk menciptakan desain perangkat lipat yang semakin fungsional, stylish, dan durable sesuai masukan dan preferensi pengguna untuk memberikan pengalaman yang sempurna sesuai dengan gaya hidup kekinian. Dengan begitu, Galaxy Z Series akan mampu memberikan lebih banyak nilai tambah dan pengalaman baru bagi pengguna yang tidak dapat ditemukan di lini smartphone lainnya," tutup Verry.

Berita Terkait
TERKINI

Berikut ini beberapa kelebihan POCO Pad yang harus diperhatikan....

gadget | 11:05 WIB

Setlah pemasaran online, kini Redmi 13 dijual secara offline....

gadget | 10:44 WIB

Vivo X Fold3 Pro dan Vivo X100 Series, jajaran HP flagship terbaru Vivo Indonesia....

gadget | 10:22 WIB

Berbagai produk terbaru dari Asus telah dipamerkan di COMPUTEX 2024....

gadget | 11:03 WIB

Masih berkolaborasi dengan ZEISS, Vivo X100 Series diklaim membawa terobosan baru dalam fitur fotografinya....

gadget | 10:56 WIB

Siklus Data AI sendiri yakni framework enam tahap yang dapat mendefinisikan gabungan kapasitas beban kerja AI berskala b...

gadget | 10:40 WIB

Di COMPUTEX 2024, Asus memperlihatkan keahliannya di bidang server, penyimpanan, dan arsitektur data center....

gadget | 09:34 WIB

Vivo X Fold3 Pro, smartphone lipat yang dinanti-nanti kehadirannya....

gadget | 10:41 WIB

Dell AI Factorydengan NVIDIA mengintegrasikan portofolio AI terdepan Dell denganplatformperangkat lunakNVIDIA AI Enterpr...

gadget | 10:28 WIB

Dukungan MediaTek untuk NVIDIA TAO akan menciptakan sebuah pengalaman mulus bagi para pengembang....

gadget | 10:09 WIB

Berikut ini jajaran monitor baru yang diluncurkan Samsung untuk 2024....

gadget | 10:31 WIB

Bergabung dengan Arm Total Design, MediaTek ingin mendorong pembentukan masa depan komputasi AI....

gadget | 10:21 WIB

MediaTek memamerkan deretan teknologi baru yang disiapkan untuk Chromebook dan smart TV di COMPUTEX 2024....

gadget | 10:24 WIB

Apa saya yang turun harga, cek daftar harga produk Xiaomi Indonesia untuk Juni 2024 ini....

gadget | 10:46 WIB

Cek seperti apa Realme GT 6 yang diklaim sebagai flagship killer ini....

gadget | 10:34 WIB

Vivo Y28 diklaim cocok dalam menunjang berbagai aktivitas mahasiswa dalam perkuliahan....

gadget | 10:12 WIB

Selama update Honkai Impact 3 v7.5, 10 pembukaan pertama Battlesuit Crate Lantern didiskon 50%....

gadget | 10:00 WIB

Melanjutkan kesuksesan HP Xiaomi Indonesia sebelumnya, kini Redmi 13 hadir dengan inovasi terbaru yaitu kamera beresolus...

gadget | 10:25 WIB
Tampilkan lebih banyak