Fitur Saluran WhatsApp Resmi Dikenalkan, untuk Apa?

Saluran WhatsApp, fitur baru yang disiapkan untuk menjadi saluran siaran privat kepada pengguna.

Agung Pratnyawan
Kamis, 08 Juni 2023 | 16:11 WIB
Fitur baru Saluran WhatsApp. (WhatsApp)

Fitur baru Saluran WhatsApp. (WhatsApp)

Hitekno.com - WhatsApp resmi mengum kehadiran fitur baru, yakni Saluran WhatsApp. Fitur baru WhatsApp ini adalah sebuah cara simpel, andal, dan privat yang dapat digunakan untuk menerima info terkini dari orang-orang dan organisasi, langsung di dalam WhatsApp.

WhatsApp tengah membuat Saluran di tab baru yang disebut Pembaruan - tempat Anda akan menemukan Status dan Saluran WhatsApp yang Anda pilih untuk diikuti - terpisah dari obrolan Anda dengan keluarga, teman, dan komunitas.

Saluran adalah fitur baru WhatsApp satu arah bagi admin untuk mengirim teks, foto, video, stiker, dan polling. Untuk membantu Anda memilih saluran yang ingin diikuti, WhatsApp membuat direktori yang dapat dicari tempat Anda dapat menemukan hobi, tim olahraga, informasi terbaru dari otoritas setempat, dan banyak lainnya.

Baca Juga: 125++ Ide Nama Grup WhatsApp Kocak, Pasti Beda dari Lainnya

Anda juga dapat mengikuti sebuah Saluran WhatsApp dari tautan undangan yang dikirim dalam chat, email, atau diposting secara online.

WhatsApp memiliki visi untuk membangun layanan siaran yang paling privat. Langkah ini dimulai dengan melindungi informasi pribadi admin dan pengikut. Sebagai admin saluran, nomor telepon dan foto profil Anda tidak akan ditampilkan kepada pengikut.

Demikian sebaliknya, nomor telepon Anda juga tidak akan diungkapkan kepada admin dan pengikut lainnya ketika Anda mengikuti sebuah saluran. Siapa pun yang Anda ikuti adalah keputusan pribadi Anda sepenuhnya.

Baca Juga: WhatsApp Lagi Uji Coba Fitur Sharing Gambar Beresolusi Tinggi, Kirim Foto Tak Burik Lagi

Sama halnya dengan cara WhatsApp membuat proses berkirim pesan, WhatsApp yakin bahwa pembaruan dalam Saluran WhatsApp tidak harus selalu ada selamanya.

Jadi, WhatsApp hanya akan menyimpan riwayat saluran di server hingga 30 hari dan WhatsApp akan menambahkan cara untuk menghilangkan pembaruan lebih cepat dari perangkat pengikut. Admin juga akan memiliki opsi untuk memblokir tangkapan layar dan pesan yang diteruskan dari saluran mereka.

Terakhir, WhatsApp akan memberikan kemampuan kepada admin untuk memutuskan siapa saja yang dapat mengikuti saluran mereka dan apakah mereka ingin saluran mereka dapat ditemukan di direktori atau tidak.

Baca Juga: Ide Nama Grup WhatsApp Kocak 2023, Lengkap dengan Tutorial Bikin Grup

Mengingat bahwa tujuan Saluran adalah untuk menjangkau audiens yang luas, saluran tidak dienkripsi end-to-end secara default. WhatsApp melihat ada beberapa kasus di mana saluran terenkripsi end-to-end untuk audiens terbatas mungkin dapat diterapkan, seperti organisasi nirlaba atau organisasi kesehatan, dan WhatsApp juga sedang menjajaki hal ini sebagai opsi di masa depan.

Untuk memulai Saluran WhatsApp sangat antusias untuk bekerja sama dengan suara-suara global terkemuka dan organisasi pilihan di Kolombia dan Singapura, tempat Saluran pertama kali akan tersedia, untuk membuat, mempelajari, dan mengadaptasi pengalaman tersebut.

Dalam beberapa bulan mendatang, WhatsApp akan memperluas kehadiran Saluran WhatsApp ke lebih banyak negara dan memberikan kemampuan kepada siapa pun untuk membuat saluran.

Baca Juga: Cara Mematikan Fitur Auto Download WhatsApp, Memori HP Tidak Cepat Penuh

WhatsApp juga percaya bahwa ada peluang untuk mendukung admin dengan memberikan cara bagi mereka untuk membangun bisnis di sekitar saluran mereka melalui layanan pembayaran WhatsApp yang terus berkembang serta kemampuan untuk mempromosikan saluran tertentu dalam direktori WhatsApp guna meningkatkan awareness.

Tentunya, esensi dari cara orang-orang menggunakan WhatsApp akan tetap berupa berkirim pesan secara privat antara teman, keluarga, dan komunitas. Hal ini akan tetap menjadi prioritas utama WhatsApp. Membuat Saluran WhatsApp adalah langkah besar yang diminta pengguna WhatsApp selama bertahun-tahun.

WhatsApp rasa inilah waktu yang tepat untuk memperkenalkan fitur siaran WhatsApp yang simpel, andal, dan privat, dan WhatsApp harap Anda dapat menggunakannya dalam beberapa bulan dan tahun mendatang.

Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak