Cara Membuat Chatbot WhatsApp untuk Bisnis, Ikuti 4 Langkah Berikut Ini

Apa itu Chatbot WhatsApp dan bagaimana cara membuatnya? Ini trik yang perlu kamu tahu.

Cesar Uji Tawakal
Kamis, 09 Februari 2023 | 20:41 WIB
Logo aplikasi chat WhatsApp Business. (Google Play Store)

Logo aplikasi chat WhatsApp Business. (Google Play Store)

Hitekno.com - Dalam beberapa tahun terakhir, Chatbots telah mengambil langkah besar di dunia digital. Chatbots telah membawa bisnis ke tingkat teknologi baru dan telah berhasil menghemat ratusan ribu dolar biaya staf untuk sektor layanan pelanggan bagi perusahaan.

Ada banyak perusahaan membuat chatbot mereka sendiri dan ada aplikasi tertentu yang memperluas platform mereka untuk menawarkannya. Contohnya adalah WhatsApp. Cara membuat Chatbot WhatsApp sebenarnya sangat sederhana.

Chatbot WhatsApp mengotomatiskan penjualan dan layanan pelanggan. Ini akan terlibat dengan pelanggan 24 jam sehari, 7 hari seminggu, tanpa campur tangan manusia. Kamu akan merasa seperti sedang berbicara dengan orang sungguhan.

Baca Juga: Sama-Sama Goodlooking, Begini Perbandingan Oppo Reno 8T 4G vs Vivo V25e

Namun, pada kenyataannya, pelanggan akan berkomunikasi dengan mesin yang akan merespons dengan serangkaian respons otomatis. Berikut cara membuat Chatbot WhatsApp yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

WhatsApp Business. (WhatsApp)
WhatsApp Business. (WhatsApp)

Apa Itu Chatbot WhatsApp?

Obrolan WhatsApp (Chatbot WhatsApp) adalah program komputer yang dirancang untuk secara otomatis menjawab pertanyaan pelanggan tentang produk dan layanan kamu, berbagi konten, dan mengirim pemberitahuan terkait pesanan, pembayaran, dan pengiriman di WhatsApp.

Baca Juga: 5 Ciri Baterai HP Sudah Rusak dan Waktunya untuk Diganti

Respon bisa berupa pesan, gambar, tombol, atau video untuk membantu pelanggan secara real time. Chatbot whatsApp tersedia dengan WhatsApp Business API dan dimulai saat pengguna mengirim pesan ke bisnis kamu.

Cara Membuat Chatbot WhatsApp

1. Daftarkan WhatsApp Business Platform

Baca Juga: 8 HP Ini akan Kebagian Android 14 Duluan, Tipe Apa Saja?

Untuk menggunakan chatbot WhatsApp, kamu harus terdaftar pada API WhatsApp, yaitu dengan mendaftar pada Business Solution Provider (BSP) atau partner resmi WhatsApp.

2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Jika belum memiliki akun Facebook Business Manager, kamu diwajibkan membuat akun terlebih dahulu dengan create account atau buat akun baru dengan menekan tombol “Create Account” pada pojok kanan atas.

Lengkapi beberapa data yang dibutuhkan seperti nama bisnis dan email bisnis, kemudian pilih opsi lanjutkan atau submit. Lengkapi nama dengan detail informasi bisnis dengan mengunggah dokumen resmi bisnis. Dokumen harus menunjukkan nama bisnis yang legal dan alamat bisnis resmi atau nomor telepon.

Contoh dokumen yang bisa diterima seperti: dokumen izin usaha (IUMK, NIB, SIUP), sertifikat pembentukan atau pendirian (TDP), pajak pendaftaran bisnis (sertifikat PPN, SPPKP), laporan rekening bank bisnis, atau laporan kredit bisnis.

Dokumen yang diberikan merupakan dokumen resmi yang menunjukkan nama dan alamat atau nomor bisnis, bukan dokumen atas nama pribadi. Selanjutnya lakukan verifikasi dengan cara, buka security center, dan klik Start Verification di bagian Business Verification.

3. Sambungkan Ke Kata Platform

Jika kamu ingin memastikan bahwa chatbot akan menjawab pertanyaan klien, penting untuk memikirkan dialog saat sedang dikembangkan. Ini berlaku tidak hanya untuk Chatbot untuk WhatsApp manapun tetapi untuk semua jenis Chatbots pada umumnya.

Itu juga termasuk memikirkan bagaimana robot harus menjawab pertanyaan yang kemungkinan besar akan didapatkan. Kamu dapat memilih antara dua jenis percakapan, terarah dan terbuka.

Percakapan terarah memandu pengguna dengan penggunaan opsi dan validasi untuk tujuan tertentu, seperti menanyakan tentang ketersediaan, status pesanan, membuat janji temu, dan lain-lain. Percakapan terbuka memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan dan mengirim pesan secara terbuka tanpa diarahkan ke tugas tertentu.

4. Pantau dan Tingkatkan Chatbot

Seperti dalam pengembangan perangkat lunak apapun, pengujian merupakan bagian integral saat membangun bot. Kamu perlu memastikan itu berfungsi dan berjalan seperti yang seharusnya. Buat perubahan pada bot jika perlu untuk meningkatkan performanya.

Namun, perlu diingat bahwa memelihara bot tidak berakhir setelah diluncurkan. Langkah ini adalah proses yang konstan. Rencanakan pengukuran kinerja dan bersiaplah untuk menyesuaikan bot untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan.

Periksa tanggapan, informasi yang ditangkap, dan jumlah pengabaian percakapan dari pengguna untuk mendapatkan kiat tentang cara merespons dengan lebih akurat, dan membuat mereka lebih terlibat.

Itulah cara membuat Chatbot WhatsApp yang bisa kamu coba lakukan. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
TERKINI

Western Digita menghadirkan solusi penyimpanan untuk industri media dan hiburan dengan kecepatan tinggi dan kapasitas be...

gadget | 10:59 WIB

Samsung Galaxy A15 dibekali fitur Smart Switch, memudahkan pindah data....

gadget | 11:06 WIB

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB
Tampilkan lebih banyak