10 Aplikasi yang Boros Baterai dan Bikin Ponsel Mudah Panas

Berikut adalah deretan aplikasi ponsel yang boros baterai dan bikin gadget kesayangan menghangat tanpa disadari.

Cesar Uji Tawakal
Minggu, 25 Desember 2022 | 09:35 WIB
Ilustrasi baterai ponsel. (Unsplash/ @frankievalentine)

Ilustrasi baterai ponsel. (Unsplash/ @frankievalentine)

Hitekno.com - Ada beberapa alasan mengapa beberapa aplikasi menghabiskan baterai lebih cepat daripada yang lain. Aplikasi mungkin menggunakan terlalu banyak energi karena kamu sering menggunakannya.

Sebagai contoh, melihat foto dan menonton video dalam jumlah tak terbatas akan menggunakan lebih banyak sumber daya daripada mengirim pesan teks.

Demikian pula, memainkan game dengan grafik yang memukau akan menghabiskan baterai ponsel dalam waktu singkat.

Baca Juga: 6 Item untuk Build Roger di Mobile Legends Lengkap dengan Penjelasan Skill

Game-game ini biasanya membuat perangkat kamu bekerja lebih keras. Alasan lain mengapa aplikasi yang kamu gunakan terus-menerus dapat menguras baterai adalah karena aplikasi tersebut juga membuat kamu tetap di layar menyala untuk waktu yang lama.

Berikut aplikasi paling boros baterai yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Snapchat

Baca Juga: 3 Cara Menambahkan Lagu di Story Instagram, Bisa Lewat Spotify

Snapchat adalah salah satu aplikasi yang tidak ramah terhadap baterai smartphone. Layanan notifikasi akan membuat HP sibuk dan menyedot baterai. Snapchat juga menggunakan layanan lokasi untuk melaporkan lokasi pengguna secara real-time. Ini adalah fitur di Snapchat yang dapat kamu aktifkan atau nonaktifkan tergantung keingin. Snapchat adalah aplikasi kamera dengan fitur obrolan dan cerita video. Itulah alasan utama menggunakan banyak baterai.

2. Netflix

Netflix adalah salah satu aplikasi yang paling menguras baterai. Netflix juga mengirimkan pemberitahuan, dan itu adalah alasan lain untuk menguras baterai. Kamu dapat membatasi waktu layar dengan menggunakan Netflix.

Baca Juga: Inspirasi Kado Akhir Tahun dari Xiaomi Indonesia

3. YouTube

YouTube adalah favorit semua orang. Sebagian besar dari kita menghabiskan banyak waktu menonton video dan Vlog, tetapi ada satu hal, aplikasi streaming ini menghabiskan sebagian besar daya baterai. Kamu dapat membatasi waktu menonton YouTube dengan menggunakan fitur "Ingatkan saya untuk istirahat" di dalam aplikasi.

4. Facebook

Aplikasi jejaring sosial terbesar ini juga menggunakan baterai dalam jumlah yang sangat besar. Aplikasi ini berjalan di latar belakang, menyinkronkan pembaruan, dan kontak menjalankan layanan notifikasi dan memiliki banyak proses latar belakang.

5. Messenger

Messenger adalah salah satu aplikasi perpesanan yang bertanggung jawab atas pengurasan baterai tertinggi. Ini berjalan di latar belakang seperti Facebook. Itu menyinkronkan kontak dan mendorong pemberitahuan dari waktu ke waktu. Kamu tidak dapat mengirim pesan di Facebook tanpa menginstal messenger, yang mengecewakan.

Kamu dapat menginstal Messenger Lite untuk Android dan iOS, yang dirancang untuk smartphone kelas bawah. Aplikasi ini menggunakan lebih sedikit baterai.

6. WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan favorit semua orang dan memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Aplikasi berjalan di latar belakang dan akan menguras baterai jika digunakan.

7. TikTok

TikTok menggunakan banyak baterai karena merupakan aplikasi sosial lain dengan fitur pemutaran dan perekaman video. Pengurasan baterai akibat aplikasi ini bisa diminimalkan dengan mematikan notifikasi yang tidak perlu dan membatasi penggunaannya. Cobalah untuk tidak menggunakan aplikasi pada data seluler karena secara drastis memengaruhi baterai dengan dua cara.

8. Instagram

Kamu mungkin juga akan menonton untuk waktu yang lama, dan Instagram dikenal dengan pra-pemuatan konten yang agresif sehingga dapat mengikuti pengguliran cepat. Faktor-faktor ini menjadikan Instagram salah satu aplikasi yang menghabiskan baterai lebih cepat daripada yang lain. Selain itu, Instagram mengandalkan layanan lokasi secara real time.

9. Google News

Aplikasi Google News adalah salah satu aplikasi berita gratis terbaik yang tersedia, tetapi menghabiskan baterai karena aktivitas latar belakang yang berkelanjutan. Itu membuat kamu tetap up to date tetapi dengan mengorbankan baterai. Kamu dapat mematikan notifikasi atau peringatan berita untuk menghemat masa pakai baterai.

10. Flipboard

Flipboard adalah aplikasi berita intuitif yang dapat disesuaikan dengan minat pengguna. Kamu bisa mendapatkan cerita pilihan dan artikel berbasis minat. Namun, itu menghabiskan baterai seperti setiap aplikasi lain dengan akses notifikasi. Kamu dapat mematikan notifikasi Flipboard dan proses latar belakang untuk meminimalkan konsumsi baterai.

Itulah 10 aplikasi paling boros baterai yang perlu kamu ketahui. Mengubah perilaku kamu jelas merupakan salah satu cara untuk menghemat masa pakai baterai. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
TERKINI

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB
Tampilkan lebih banyak