Sistem Operasi Mobile Penantang Android dan iOS yang Menjanjikan Tapi Kalah Saing

Ada banyak sekali sistem operasi mobile yang muncul, namun tak bisa menandingi kedigdayaan Android dan iOS.

Agung Pratnyawan
Sabtu, 03 Desember 2022 | 08:00 WIB
Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Hitekno.com - Sistem Operasi mobile penantang Android dan iOS cukup banyak. Namun kebanyakan dari mereka kalah saing meski menjanjikan. Hal ini karena Android dan iOS mampu memberi pengalaman dan fitur yang menarik untuk penggunanya.

Ada banyak sekali sistem operasi mobile yang muncul, namun tak bisa menandingi kedigdayaan Android dan iOS. Salah satunya BlackBerry, saat masa jaya-jayanya Android masih dikesampingkan. Namun lama kelamaan terkikis ketika iPhone mulai booming, dan Android mencoba berkompetisi dengan iOS.

Sehingga sistem operasi lain mulai tereliminasi. Penasaran dengan sistem operasi apa saja yang menantang Android dan iOS?

Baca Juga: Bawa Sistem Operasi Baru, Samsung Kenalkan One UI Watch

Berikut deretan penantang Android dan iOS yang kalah saing seperti tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. MeeGo

MeeGo. (The Verge)
MeeGo. (The Verge)

Dua raksasa teknologi yakni Nokia dan Intel, membuat sistem operasi mobile yang punya interface terfokus pada gestur dan kesederhanaan. Sistem operasi ini juga menjadi momen bagi Nokia untuk kembali ke pasar smartphone setelah mereka tak bisa bertahan terkena terpaan Android dan iPhone.

Baca Juga: Cara Instal Windows 11 Gratis, Sistem Operasi Baru dari Microsoft

Akhirnya, Nokia N9 muncul dengan menggunakan sistem operasi bernama MeeGo. Nokia N9 merupakan satu-satunya smartphone yang berjalan di atas sistem operasi MeeGo. MeeGo merupakan perkembangan dari Moblin (Mobile Linux) yang sebenarnya merupakan sistem operasi open source yang digunakan di prosesor Intel Atom yang terpasang di Netbook.

MeeGo juga perkembangan dari Maemo, OS linux milik Nokia yang digunakan untuk PDA. MeeGo adalah hasil 'merger' kedua sistem operasi tersebut dan diluncurkan di MWC 2010. Kegagalan MeeGo adalah kesalahan 'timing' kerjasama antara Nokia dan Intel. Hal ini dikarenakan hanya 4 bulan saja setelah Nokia meluncurkan Nokia N9, Nokia bekerjasama dengan Microsoft. 

Salah satu petinggi Microsoft, akhirnya memaksa untuk tak lagi mengembangkan MeeGo, dan mendorong Nokia untuk mengadopsi Windows Phone.

Baca Juga: Upgrade Windows 11, Gratis untuk Pengguna Sistem Operasi Ini

2. Windows Phone

Ilustrasi Windows Phone. (Microsoft)
Ilustrasi Windows Phone. (Microsoft)

Windows Phone merupakan salah satu OS paling terkenal selain Android dan iOS. Windows Phone bahkan masih hidup hingga saat ini. OS ini diketahui memiliki banyak masalah di sistem karena Windows Phone hanya memodifikasi versi desktop dari Windows CE kernel yang memang jadi basis dari berbagai jenis Windows desktop.

Permasalahan dari para pengguna Windows Phone adalah tidak ada aplikasi. Banyak pengguna meninggalkan Windows Phone karena kekurangan aplikasi, atau ada aplikasi namun tak kunjung mendapat update.

Baca Juga: Red Hat Enterprise Linux 8 Dapatkan Peningkatan IQ Sistem Operasi Cerdas

Selain itu, makin lama, banyak bug yang menjangkit Windows Phone, di mana pengguna mengkritisi tak adanya inovasi secara fitur, dan terkesan tergesa-gesa karena ingin segera bersaing dengan Android dan iOS.

3. BlackBerry

BlackBerry Curve 8520 Gemini. (amazon)
BlackBerry Curve 8520 Gemini. (amazon)

BlackBerry melalui banyak tahap. Mulai dari dicintai semua orang hingga tidak memproduksi smartphone lagi. BlackBerry memiliki OS sendiri, kini smartphone BlackBerry bahkan mengusung Android. OS BB10 bahkan punya ide dan inovasi yang menarik. Masalahnya hanya pengguna BlackBerry yang berhamburan untuk pindah ke Android dan iOS.

OS BB10 dirilis pada awal 2013 dengan dua perangkat yang menjalankannya, yakni BlackBerry Z10 dan Q10.  Ketika BB 10 diluncurkan, RIM mungkin masih berharap bahwa semua pengguna BlackBerry Messenger, tetap ingin menggunakan BBM meski sudah banyak saingan aplikasi messenger.

Namun akhirnya BlackBerry menyerah dan membuat BBM bisa diakses cross-platform, hanya 4 bulan setelah BB 10 rilis. Kegagalan BB10 terlihat nyata, kini BlackBerry telah menjual namanya ke TCL Corporation dan fokus membuat software keamanan.

4. Ubuntu Touch

Ubuntu Touch. (Wikipedia)
Ubuntu Touch. (Wikipedia)

OS yang dikembangkan Canonical Ltd dan UBports community ini dirancang untuk perangkat smartphone atau tablet dengan layar sentuh. Sistem operasi ini menggunakan open-source dan dapat digunakan oleh semua produsen smartphone.

5. Symbian

Smartphone Symbian Nokia. (Amazon)
Smartphone Symbian Nokia. (Amazon)

Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yang dirancang untuk mobile. Saat ini Symbian OS banyak digunakan oleh berbagai vendor ponsel.

Pada awalnya saham Symbian dikuasai oleh Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Panasonic (10,5%), Samsung (4,5%), Siemens/BenQ (8,4%), Sony Ericsson (13,1%).

6. Tizen

Logo Samsung. (Samsung Newsroom)
Logo Samsung. (Samsung Newsroom)

Tizen merupakan sistem operasi bersifat terbuka (open source) yang memakai inti program (kernel) Linux. Bukan hanya untuk smartphone, Tizen juga dirancang untuk perangkat multimedia dalam kendaraan, televisi dan sebagainya. Ini menjadi proyek besar organisasi Linux Foundation bersama perusahaan elektronik Samsung dan produsen prosesor Intel.

Pada 30 April 2012, OS Tizen versi 1.0 meluncur dengan kode nama Larkspur. Kemudian pada 25 September 2012, Tizen versi 2,0 berstatus Alpha rilis dengan kode nama Magnolia. Tizen 2.0 versi penuh dirilis pada Januari 2013. Smartphone pertama Tizen yang dibuat oleh Samsung adalah seri Z1 yang dirilis pada Januari 2015 lalu.

Penerusnya, Samsung Z2 debut di India pada Agustus 2016. Tizen diluncurkan saat booming Android dan iOS, dan semua vendor berlomba-lomba mengembangkan smartphone berbasis Android.

Itulah deretan sistem operasi penantang Android dan iOS yang menjanjikan kemampuan bersaing. Namun kini mulai hilang satu per satu. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait

TERKINI

Cek tiga motherboard baru dari Colorful, hadir untuk prosesor Intel Core Generasi ke-12 dan 13.
gadget | 16:16 WIB
Tecno Mobile mengklaim bahwa perangkatnya ini adalah yang termurah dengan chipset handal Helio A22.
gadget | 15:44 WIB
Cek rekomendasi HP murah memori besar RAM 8 GB dan memori internal 128 GB, harga cuma Rp 2 jutaan.
gadget | 15:32 WIB
Deretan HP murah ini punya varian yang dibekali memori mencapai 256 GB, harganya mulai dari 3 jutaan.
gadget | 15:19 WIB
JD.ID akan segera offline, pengguna diharapkan menarik saldo yang ada di dalam aplikasi.
gadget | 15:13 WIB
Fitur baru ini akan menyertakan tiga opsi, termasuk Ubah latar belakang teks, Beralih antar Font, dan Fleksibilitas dalam perataan teks.
gadget | 13:09 WIB
Amankan agar tidak diintip, ini cara menyembunyikan preview aplikasi di Recent Apps POCO M5.
gadget | 15:27 WIB
Xiaomi menghentikan sengketan paten melalui transaksi lisensi paten yang efisien di berbagai teknologi.
gadget | 16:48 WIB
Oppo A16 vs Vivo Y16, pilih mana di antara dua HP murah Rp 1 jutaan ini? Apa yang ditawarkan dan seperti apa spesifikasinya?
gadget | 16:06 WIB
Realme 9 Pro vs Infinix Note 12 VIP menjadi duel sengit di kelas Rp 3 jutaan.
gadget | 13:51 WIB
"Mau ngejar kayanya udah pewe," kata netizen.
gadget | 21:09 WIB
Cara membuat kop surat otomatis di Microsoft Word ini akan memudahkan kamu dalam membuat surat.
gadget | 14:21 WIB
Cek apa saja rekomendasi tablet murah di bawah Rp 4 juta ini, apa saja yang meanrik?
gadget | 14:14 WIB
Pembukaan gerai baru iBox ini melanjutkan komitmen ekspansi footprint retail di Indonesia.
gadget | 09:19 WIB
Dell Technologies mengenalkan Concept Nyx dan eksplorasi masa depan konektivitas.
gadget | 08:25 WIB
Cari smart TV murah, ukuran 32 inch jadi salah satu solusinya. Simak rekomendasi smart TV murah 32 inch berikut ini.
gadget | 08:00 WIB
Cek apa saja HP Android 5G termurah yang ada di pasaran, simak dalam rekomendasi HP ini.
gadget | 07:43 WIB
Tidak resmi masuk Indonesia, berapa harga HP bekas Google Pixel 4 ini? Cek keterangan ini.
gadget | 07:33 WIB
Tampilkan lebih banyak