Manfaatkan Medium Print, HP Bekali Anak Muda dengan Keterampilan untuk Era Digital

HP Indonesia percaya bahwa teknologi cetak dapat menjadi alat pendidikan yang inklusif untuk membuka kesempatan belajar dan memungkinkan pendidikan yang lebih mudah diakses di tengah era hybrid.

Agung Pratnyawan
Senin, 14 November 2022 | 14:34 WIB
Sesi Kelas HP Street Code. (HP Indonesia)

Sesi Kelas HP Street Code. (HP Indonesia)

Hitekno.com - Berkolaborasi dengan Darbotz, Prestasi Junior Indonesia (PJI), dan Yayasan Kumala, HP Indonesia menggelar inisiatif pemberian bekal keterampilan bagi anak muda dalam menyongsong era digital.

Merampungkan HP Street Code, inisiatif termutakhir yang memanfaatkan kekuatan teknologi cetak untuk menanamkan keterampilan coding, digital, dan kreativitas.

Program ini bertujuan untuk membuka peluang baru bagi 20 anak muda Indonesia dari komunitas yang kurang mampu untuk berkembang di era digital.

Baca Juga: HP Latex 2700, Printer Format Besar untuk Perusahaan Percetakan

Program pembelajaran berbasis pengalaman yang berlangsung selama empat minggu ini menggabungkan teknologi printer HP Smart Tank 519 dengan program pengembangan anak muda milik PJI untuk menciptakan kurikulum coding yang unik berbasis kertas, demi menyediakan akses yang lebih mudah dalam mempelajari kemampuan digital dan pemrograman.

Sebanyak 20 anak didik Yayasan Kumala berkumpul di kawasan Tanjung Priok dalam sebuah ruang belajar di bawah jalan tol di Jakarta Utara. Para siswa memanfaatkan medium print dan taktil untuk mengasah kreativitas, ingatan, kolaborasi, dan pemikiran logis – keterampilan penting di masa depan.

Para partisipan mengakhiri program Street Code dengan bersama-sama mempraktikkan hasil pembelajaran coding mereka dengan menganimasikan karya unik Darbotz dan HP Indonesia.

Baca Juga: Berbekal Printer 3D, Ilmuwan Kembangkan Metode Penanganan Cedera Binatang, Bikin Salut

Karya ini ditampilkan sebagai proyeksi augmented reality ke gedung metropolitan yang berdekatan dengan Blok M Square di Jakarta Selatan dan sebagai kanvas kreasi coding dan seni digital anak muda.

HP Indonesia bersama para mitra untuk HP Street Code dan anak-anak peserta kelas coding. (HP Indonesia)
HP Indonesia bersama para mitra untuk HP Street Code dan anak-anak peserta kelas coding. (HP Indonesia)

Publik dapat menyaksikan proyeksi ini dengan memindai kode QR yang terintegrasi ke dalam poster cetak HP Street Code x Darbotz yang dipajang di sekitar Blok M Square (Jl. Melawai 9, Jakarta Selatan) mulai hari ini hingga 8 Desember 2022.

"Mengingat perubahan konstan yang kita alami terkait cara kita belajar dan bekerja saat ini, kita harus merangkul konsep pembelajaran hybrid dan mengembangkan keterampilan yang siap untuk masa depan. Melalui HP Street Code, kami memanfaatkan kekuatan medium print untuk berinovasi dan mengembangkan cara kita belajar di dunia hybrid dan membantu generasi muda berkembang di era digital," kata Michele Huang, Direktur Print Category HP Asia Tenggara dan Head of Print Category HP Indonesia .

Baca Juga: Canon SELPHY CP1500, Printer Foto Portabel Mudah dan Seru

"Anak didik kami yang merupakan anak-anak Jakarta berusia 15-17 tahun sangat antusias selama mengikuti program ini, dan kami tidak sabar untuk melihat bagaimana program ini dapat dikembangkan untuk anak-anak Indonesia lain. Belajar coding menggunakan medium cetak menunjukkan bagaimana kita bisa membuat pembelajaran lebih mudah diakses di era digital seperti sekarang, terlepas dari tantangan yang kita hadapi," kata Abah Dindin, Ketua Yayasan Kumala.

"Sebagai seniman jalanan, kolaborasi dengan HP yang menginspirasi anak muda di Jakarta melalui coding, AR, dan karya seni digital ini sangat menarik bagi misi saya sendiri dalam menciptakan dan membuka mata masyarakat untuk memprovokasi seni urban. Saya berharap HP Street Code membantu generasi muda di Jakarta melihat kemungkinan nyata yang dapat dibawa oleh keterampilan digital baru," kata Darbotz.

Komitmen berkelanjutan HP untuk mendorong pendidikan yang lebih baik di Indonesia

Baca Juga: Printer Canon Sabet Penghargaan Indonesia WOW Brand 2022

HP Indonesia bersama para mitra untuk HP Street Code dan anak-anak peserta kelas coding. (HP Indonesia)
HP Indonesia bersama para mitra untuk HP Street Code dan anak-anak peserta kelas coding. (HP Indonesia)

HP Indonesia percaya bahwa teknologi cetak dapat menjadi alat pendidikan yang inklusif untuk membuka kesempatan belajar dan memungkinkan pendidikan yang lebih mudah diakses di tengah era hybrid.

HP Street Code merupakan kelanjutan dari komitmen HP Indonesia untuk memajukan lanskap pendidikan Indonesia. Sejak tahun 2015, HP Indonesia telah menjalin kerjasama erat dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), serta para pendidik dan orang tua di seluruh tanah air.

HP juga telah meningkatkan hasil pembelajaran yang lebih baik di sekolah melalui program seperti Semangat Guru dan HP Online Teaching Assistant, dan membantu mempromosikan transformasi digital di berbagai sekolah di seluruh Indonesia melalui Transformasi Pembelajaran Inovatif (Reinventing the Classroom International).

Program pendidikan HP lainnya termasuk HP LIFE, program pelatihan keterampilan gratis untuk pengusaha, bisnis, dan pelajar di seluruh dunia, serta HP Printables, platform gratis yang menawarkan berbagai materi print untuk belajar dan bermain bagi anak-anak berusia 2-18+ tahun.

Berita Terkait
TERKINI

Western Digita menghadirkan solusi penyimpanan untuk industri media dan hiburan dengan kecepatan tinggi dan kapasitas be...

gadget | 10:59 WIB

Samsung Galaxy A15 dibekali fitur Smart Switch, memudahkan pindah data....

gadget | 11:06 WIB

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB
Tampilkan lebih banyak