Internet

Mau Download? Begini Cara Mudah Cek Kecepatan Internet

Ada beragam cara mengetes kecepatan internet lho, yuk simak.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi akses internet. (Pixabay)
Ilustrasi akses internet. (Pixabay)

Hitekno.com - Menjadi kebutuhan utama di era digital ini, cepat tidaknya akses internet tentunya sangat berpengaruh pada aktivitasmu sehari-hari. 

Nah untuk mengetahui kecepatan internet kamu stabil atau tidak, kamu bisa mengeceknya lho. 

Kecepatan internet dipengaruhi oleh berbagai hal. Misalnya banyaknya device atau perangkat terhubung dalam koneksi internet yang sama atau pada dalam keadaan sedang mengunduh file. Untuk mengetahui seberapa cepat koneksi internet yang dipakai maka diperlukan untuk mengetes kecepatan internet.

Berikut ini adalah cara cek kecepatan internet melalui beberapa website.

Ilustrasi kecepatan internet. (Pixabay)
Ilustrasi kecepatan internet. (Pixabay)

 

1. Speedtest.net

Speedtest.net merupakan website untuk cek kecepatan internet yang paling dikenal. Anda terhubung dengan koneksi internet yang stabil untuk mengakses website Speedtest.net.

Kunjungi website speestest.net dan pilih opsi “GO” pada bagian tengah halaman untuk mulai melakukan test internet speed. Speedtest.net akan menghitung kecepatan internet Anda saat ini secara realtime.

Tunggu hingga hasil perhitungan selesai. Speedtest.net juga tersedia untuk cek kecepatan internet dalam versi iOS, Android, dan Windows.

2. Indihome Speedtest

Anda juga dapat melakukan tes kecepatan internet indihome dengan mudah dan akurat. Cara pengecekannya juga sangat mudah dan dilakukan secara online.

Buka website Indihome Speedtest. Dan pilih menu yang tertulis GO. Pilih opsi GO tersebut untuk cek kecepatan internet dari Indihome. Selama proses pengecekan, tunggu hingga hasil muncul. Jangan buka aplikasi lain agar hasilnya lebih akurat.

Indihome Speedtest akan menampilkan hasil perhitungan pada layar monitor, hasil tersebut merupakan akumulasi saat mendownload dan mengupload data atau file. Anda juga dapat mengetahui ping dan jitter dari hasil perhitungan tersebut secara otomatis.

3. Fast Com

Situs cek kecepatan internet berikutnya adalah Fast Com. Website ini tidak perlu mengklik apapun untuk mengetes kecepatan internet Anda. Anda hanya perlu mengunjungi situsnya saja, kemudian Fast Com secara otomatis akan langsung mengecek kecepatan internet yang Anda miliki.

4. Bandwidth Place

Kunjungi website Bandwidth Place. Setelah itu, akan muncul tulisan “Start.” Klik “start.” dan tunggu hasilnya. Bandwidth Place akan memberikan hasil berupa kecepatan download, upload, dan ping pada internet Anda.

5. Ping Test Net

Situs Ping Test Net ini memberikan fasilitas berupa pengecekan dan perhitungan kecepatan internet. Hasil yang diberikan berupa kecepatan download, ping dan upload.

Begitulah cara cek kecepatan internet menggunakan beberapa situs, selamat mencoba. (Suara.com/Rifan Aditya)

Berita Terkait