Kenapa Tiap Profesi Butuh Solusi Penyimpanan Data yang Berbeda

Western Digital menawarkan berbagai solusi media penyimpanan untuk berbagai kalangan.

Agung Pratnyawan
Kamis, 10 November 2022 | 16:37 WIB
Western Digital - solusi media penyimpanan. (Western Digital)

Western Digital - solusi media penyimpanan. (Western Digital)

Hitekno.com - Kenapa tiap profesi butuh solusi penyimpanan data yang berbeda dengan profesi lainnya? Sebagai diketahui, saat ini media penyimpanan semakin penting bagi tiap-tiap kalangan.

Baik untuk penggunaan laptop, PC, desktop, bahkan smartphone memiliki kebutuhan yang berbeda akan media penyimpanan data mereka.

Apalagi, selama pandemi berlangsung, dimana selama dua tahun terakhir hampir semua menjalani periode Work from Home (WFH) dan sekolah online, jumlah konten dan data-data digital sudah meningkat sangat pesat.

Baca Juga: Western Digital Luncurkan SSD WD Black SN805X dan WD Black P40 untuk Gamers di Indonesia

Menurut survei global Western Digital 2022 tentang adopsi USB Type-C, seiring dengan jumlah data yang terus meningkat, saat ini USB masih menjadi solusi penyimpanan paling populer di antara semua jenis penyimpanan, termasuk akun cloud online, hard drive eksternal, SSD internal maupun eksternal, dan NAS (Network Attached Storage).

Namun begitu, masih banyak pengguna yang masih kebingungan dan butuh panduan lebih jauh dalam memilih penyimpanan data yang tepat, sesuai kebutuhan mereka.

Melihat hal ini, Western Digital membagikan panduan cara memilih storage yang tepat, agar pengguna dari berbagai profesi bisa menemukan media penyimpanan yang tepat sesuai kebutuhan mereka.

Baca Juga: Western Digital Hadirkan HDD 22 TB untuk Data Center hingga NAS

Mulai dari pekerja profesional, pekerja kreatif, pembuat konten di smartphone, gamers, sampai kalangan Gen-Z yang mayoritas masih bersekolah/kuliah, WDC menawarkan solusi storage yang aman dan praktis supaya semua data selalu terjaga dan bisa diakses kapan saja:

Pekerja kreatif

SanDisk Extreme PRO Portable SSD. (SanDisk)
SanDisk Extreme PRO Portable SSD. (SanDisk)

Pekerja kreatif seperti fotografer, videografer, pembuat film, desainer grafis, desainer UI/UX, seniman, atau ilustrator umumnya membutuhkan storage yang cepat, tahan banting, berkapasitas besar, mudah dibawa kemana pun, dan bisa diandalkan.

Baca Juga: Western Digital Hadirkan SanDisk Professional, Brand Storage Kelas Premium

Hal ini karena mereka perlu memproses, melakukan editing untuk video-video yang ukurannya sangat besar.

Penyimpanan seperti SanDisk Extreme PRO Portable SSD yang kuat dan kokoh dengan peringkat tahan air dan debu IP55 serta perlindungan ketika jatuh dari ketinggian 2 meter sangat cocok untuk pembuatan konten saat bepergian serta SanDisk Extreme PRO SDHC dan SDXC UHS-II card memungkinkan pengambilan video 8K, 4K, dan Full HD berkualitas bioskop yang memukau, yang didesain tahan cuaca, air, goncangan, dan kondisi kurang ideal lainnya cocok untuk dibawa kemana saja.

Manfaat dari storage ini tentu saja sangat dibutuhkan para pekerja kreatif supaya ide- ide kreatif tetap mengalir dan alur pekerjaan tetap terjaga secara cepat.

Baca Juga: Kolaborasi Samsung dan Western Digital, Dorong Standarisasi Teknologi Storage Masa Depan

Pembuat konten di smartphone

MicroSD 1 TB Sandisk.(Sandisk)
MicroSD 1 TB Sandisk.(Sandisk)

Indonesia sendiri memiliki lebih dari 160 juta pemilik smartphone. Bisa dikatakan, hampir semua pengguna internet kini adalah “pembuat konten” (content creator), karena mereka pun ikut memproduksi, mengunggah, menyimpan, dan mengunduh konten-konten digital.

Maka itu, mereka membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar di smartphone mereka lebih besar dari sebelumnya.

Khusus bagi pengguna smartphone, USB on-the-go (USB OTG) menjadi solusi simpel, cepat dan terjangkau untuk menyimpan dan memindahkan file, foto dan video langsung dari smartphone.

Untuk pengguna Android, USB OTG seperti SanDisk Ultra Dual Drive Luxe Type-C bisa menjadi opsi yang tepat.

Atau, jika memiliki slot kartu MicroSD yang dapat diperluas, pemilik HP Android juga bisa menggunakan SanDisk Extreme microSD card. Kartu microSD berkinerja tinggi ini kompatibel untuk perekaman video 4K UHD dan foto resolusi tinggi.

Sementara bagi pengguna Iphone yang biasanya kesulitan menambah penyimpanan memori internal smartphone, kini Sandisk iXpand Flash Drive juga hadir dengan dua konektor agar bisa memudahkan perpindahan & backup file di iPhone, iPad Pro, Mac, dan perangkat lain yang menggunakan USB Type-C, termasuk HP Android.

Gamer

Western Digital WD_BLACK SN770 NVMe SSD.(Western Digital)
Western Digital WD_BLACK SN770 NVMe SSD.(Western Digital)

Sudah tidak asing lagi di kalangan para gamers bahwa Western Digital memiliki lini produk khusus untuk gamers bernama WD_BLACK.

Jajaran produk ini sengaja didesain untuk memanjakan kebutuhan gamers terhadap kecepatan tinggi dan standar performa yang lebih tinggi terutama di tahun-tahun yang akan datang.

Untuk para pemain game hardcore PC yang mencari performa tak tertandingi, WD_BLACK SN850X NVMe SSD yang memiliki kecepatan hingga 7.300 MB/dtk.

Jika sedang tidak ingin membuka PC, ada juga WD_BLACK P40 Game Drive SSD untuk para gamer yang mencari solusi plug-and-play penyimpanan portabel dengan performa dan gaya optimal.

Portable SSD ini dapat digunakan baik di PC maupun konsol, dan hadir dengan fitur USB 3.2 Gen2x2 interface serta kecepatan baca hingga 2.000 MB/dtk, serta memiliki fitur lampu RGB yang dapat dikustomisasi (untuk Windows).

Sementara untuk mobile gamers, Western Digital juga menyediakan solusi yang didedikasikan untuk menyimpan dan memainkan lebih banyak game, yaitu SanDisk Extreme microSD Card for Mobile Gaming dan SanDisk Extreme microSD Card for Nintendo Switch. 

Kedua microSD Card ini membantu menghemat ruang penyimpanan, sehingga memori HP & Nintendo bisa lebih lega dan tidak membuat performa gaming menjadi lambat.

Pekerja Profesional

WD My Passport SSD. (Western Digital)
WD My Passport SSD. (Western Digital)

Walaupun pandemi telah berakhir, banyak yang masih bekerja dari jarak jauh atau dari rumah atau bahkan bekerja secara hybrid dari rumah dan kantor.

Untuk mendukung kebiasaan tersebut, media penyimpanan seperti WD My Passport HDD yang berdesain ramping dan stylish sangat cocok untuk para pekerja profesional. WD My Passport tersedia dalam berbagai pilihan warna dan sangat aman karena dapat diberikan password.

Bagi mereka yang mencari kecepatan transfer yang sangat cepat dan mampu menangani file dengan konten berat, WD My Passport SSD akan menjadi pilihan yang tepat.

Gen Z

WD Elements SE SSD. (Western Digital)
WD Elements SE SSD. (Western Digital)

Untuk generasi digital dan hiper konektivitas, Western Digital menghadirkan WD Elements SE SSD yang hanya seukuran saku, dengan kecepatan hingga 3x lebih cepat dari HDD portabel sehingga Gen Z dapat memindahkan file besar secara cepat dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam sehari.

Selain itu, untuk yang peduli pada lingkungan, SanDisk Ultra Eco USB 3.2 Flash Drive dirancang dengan lebih dari 70% plastik daur ulang yang menghemat lebih dari 50% emisi CO2, air bersih, dan energi selama proses pembuatan.

Tersedia dengan kapasitas hingga 512GB, pengguna dapat dengan cepat menyimpan lebih banyak hal penting. Berkat dukungan dua produk ini, Gen-Z dapat bekerja dengan leluasa, baik saat mengerjakan tugas sekolah atau kuliah, maupun membuat konten sehari-hari.

Dengan adanya panduan dari Western Digital ini, tidak perlu lagi merasa bingung dalam menentukan pilihan media penyimpanan yang sesuai kebutuhan. 

Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak