Gadget

Bisa Dibobol dengan MasterPrints, Seberapa Aman Pemindai Sidik Jari di HP?

Siapa sangka jika fitur pemindai sidik jari ini rupanya memiliki celah keamanan yang justru berbahaya.

Amelia Prisilia

Ilustrasi sidik jari. (Pixabay/TheDigitalArtist)
Ilustrasi sidik jari. (Pixabay/TheDigitalArtist)

Hitekno.com - Usai selama ini memanfaatkan sistem penguncian pattern hingga pin, di beberapa HP kekinian, sistem penguncian dengan menggunakan pemindai sidik jari kini resmi ditambahkan.

Sesuai namanya, pemindai sidik jari ini memungkinkan pengguna untuk membuka kunci dengan menggunakan sistem sidik jari. Tidak hanya berada di bagian sisi, kini pemindai sidik jari juga sudah tersedia di dalam layar.

Sayangnya, walaupun memiliki tugas sebagai sistem keamanan, siapa sangka jika fitur pemindai sidik jari ini rupanya memiliki celah keamanan yang justru berbahaya.

Celah keamanan yang kemungkinan ada di pemindai sidik jari ini diungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim New York University dan Michigan State University dalam laman The New York Times.

Dalam penelitian tersebut diungkap bahwa pemindai sidik jari di HP ini dapat dengan mudah dikelabui dengan teknologi bernama MasterPrints yang dikembangkan beberapa waktu yang lalu.

Ilustrasi sidik jari. (Pixabay/ar130405)
Ilustrasi sidik jari. (Pixabay/ar130405)

Menggunakan simulasi di komputer dengan MasterPrints, perangkat yang dilindungi pemindai sidik jari dapat langsung dibuka dengan mudah dengan algoritma khusus.

Usai penelitian mengenai pemindai sidik jari di HP yang punya celah keamanan ini diungkap ke publik, sejumlah developer seperti Google dan Apple lalu dengan cepat menangani masalah tersebut.

Meskipun sudah ditangani oleh dua vendor HP kenamaan ini, tidak menutup kemungkinan jika celah keamanan yang mengganggu ini bisa kembali muncul sehingga akan sangat merepotkan.

Berita Terkait