Gadget

Bucin Maksimal, Aksi Pasangan Pasang Sidik Jari Bareng di HP Bikin Netizen Khawatir

Cukup sabar, keduanya menempelkan jempol ke layar agar sidik jari dapat langsung tersimpan.

Amelia Prisilia

Pasangan pasang sidik jari bareng di HP. (instagram/pstore_pontianakk)
Pasangan pasang sidik jari bareng di HP. (instagram/pstore_pontianakk)

Hitekno.com - Baru-baru ini, aksi sepasang kekasih yang pasang sidik jari bareng di HP mencuri perhatian netizen. Terlalu bucin, aksi ini justru membuat netizen khawatir mengenai bahaya yang mungkin mengancam jika hal-hal tidak diinginkan terjadi.

Video pasangan yang pasang sidik jari bareng di HP ini diunggah oleh akun @pstore_pontianakk dan menjadi viral di Instagram pada Selasa (19/7/2022) lalu.

"Sidik jari sendiri (x) Sidik jari bareng ayang (y)" tulis caption unggahan tersebut.

Dalam video yang dibagikan ini, sepasang kekasih secara bergantian memasang sidik jari di layar HP tersebut. Cukup sabar, keduanya menempelkan jempol ke layar agar sidik jari dapat langsung tersimpan.

Tidak diketahui dengan pasti mengenai efektif atau tidaknya aksi ini. Namun, usai video tersebut menjadi viral di Instagram, berbagai komentar langsung saja ditinggalkan oleh netizen yang justru khawatir akan beberapa hal.

Pasangan pasang sidik jari bareng di HP. (instagram/pstore_pontianakk)
Pasangan pasang sidik jari bareng di HP. (instagram/pstore_pontianakk)

"Nanti pas putus nggak bisa buka HP dong" tulis salah satu pengguna Instagram.

"Bayangkan mau buka HP malam-malam pakai harus ke rumah ayang" balas netizen.

"Kira-kira bisa kebaca nggak ya itu sidik jari" komentar akun lainnya.

"Ribet banget, kalau lagi marahan, HP nggak bisa dibuka" ungkap netizen.

Viral di Instagram, video pasangan pasang sidik jari bareng di HP ini lalu telah mendapat lebih dari 51 ribu likes dan ratusan balasan dari netizen.

Punya Celah Keamanan, Pemindai Sidik Jari di HP Ternyata Tidak Aman?

Pemindai sidik jari menjadi salah satu fitur yang bisa dengan mudah ditemukan di perangkat-perangkat kekinian. Sayangnya, walaupun memiliki tugas sebagai sistem keamanan, siapa sangka jika fitur pemindai sidik jari ini rupanya memiliki celah keamanan yang justru berbahaya.

Ilustrasi sidik jari. (Pixabay/ar130405)
Ilustrasi sidik jari. (Pixabay/ar130405)

Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim New York University dan Michigan State University dalam laman The New York Times.

Dalam penelitian tersebut diungkap bahwa pemindai sidik jari di HP ini dapat dengan mudah dikelabui dengan teknologi bernama MasterPrints. Menggunakan simulasi di komputer dengan MasterPrints, perangkat yang dilindungi pemindai sidik jari dapat langsung dibuka.

Usai penelitian mengenai pemindai sidik jari di HP yang punya celah keamanan ini diungkap ke publik, sejumlah developer seperti Google dan Apple lalu dengan cepat menangani masalah tersebut.

Meskipun masih belum diketahui jaminan keamanan dengan menggunakan pemindai sidik jari, fitur ini tetap menjadi salah satu yang dinanti-nantikan di perangkat-perangkat kekinian.

Berita Terkait