Gadget

Kerap Kena Fitnah Karena Status Online yang Terus Muncul di WhatsApp, Netizen: Pemicu Perang Dunia 3 Ini

Tak jarang pengguna mengaku bahwa status Online di WhatsApp ini kerap menjadi pemicu fitnah.

Amelia Prisilia

Status Online yang terus muncul di WhatsApp. (instagram/dunia_kaumhawa)
Status Online yang terus muncul di WhatsApp. (instagram/dunia_kaumhawa)

Hitekno.com - Sejumlah pengguna belum lama ini menyampaikan keluhan terkait status Online di WhatsApp yang kerap kali menjadi penyebab fitnah dalam hubungan komunikasi di aplikasi bertukar pesan tersebut.

Keluhan mengenai status Online di WhatsApp yang kerap membuat fitnah ini diunggah oleh akun @dunia_kaumhawa dan menjadi viral di Instagram pada Jumat (26/8/2022) lalu.

"WhatsApp online padahal HP keadaan terkunci" tulis @dunia_kaumhawa.

Dalam video tersebut, seorang pengguna nampak merekam tampilan WhatsApp miliknya di web. Saat itu terlihat status Online di bar profil, padahal dirinya tidak sedang membuka aplikasi berbagi pesan ini.

Butuh waktu yang cukup lama hingga kemudian status online ini menghilang dari bar profilnya. Usai unggahan video ini menjadi viral di Instagram, banyak pengguna WhatsApp yang juga mengeluhkan hal yang sama.

Status Online yang terus muncul di WhatsApp. (instagram/dunia_kaumhawa)
Status Online yang terus muncul di WhatsApp. (instagram/dunia_kaumhawa)

Tak jarang pengguna mengaku bahwa status Online di WhatsApp ini kerap menjadi pemicu fitnah antara satu sama lain saat sedang bertukar pesan. Si pengirim biasanya mengira jika penerima sengaja mengabaikan pesan yang dikirimkan.

"Pemicu Perang Dunia 3 ini" balas netizen.

"Pernah gara-gara ini malah jadi debat" komentar akun lainnya.

"Sering terjadi ini hingga membuat perpecahan" ungkap netizen.

Hingga artikel ini dibuat, tidak ada penjelasan khusus dari pihak WhatsApp mengenai penyebab hal ini bisa terjadi. Namun, ulasan berikut ini sepertinya bisa menjawab pertanyaan terkait hal tersebut.

Penyebab Status Online Muncul di WhatsApp Saat Sedang Offline

Status Online yang muncul di WhatsApp menjadi keterangan bahwa pengguna sedang aktif menggunakan aplikasi tersebut. Biasanya, status ini akan otomatis hilang saat pengguna sudah menutup aplikasi WhatsApp.

Sayangnya, beberapa waktu yang lalu pengguna justru mengeluhkan status Online yang terus muncul di WhatsApp padahal aplikasi tersebut sudah ditutup.

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/asterfolio)
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/asterfolio)

Melansir dari Voonze.com, alasan pertama penyebab munculnya status Online secara terus menerus ini karena aplikasi WhatsApp dibuat untuk secara otomatis melakukan proses pencadangan selama 20 detik secara berkala.

Biasanya, setelah 20 detik proses pencadangan dilakukan, status Online yang muncul di WhatsApp ini akan otomatis menghilang. Untuk menangani keluhan pengguna mengenai aplikasi berbagi pesan ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Agar status Online di WhatsApp tidak terus-terusan muncul, pengguna dapat melakukan 'Force Stop' di aplikasi WhatsApp usai digunakan. Dengan cara ini, status Online tersebut kemungkinan akan segera menghilang.

Meskipun ada sejumlah cara untuk menangani keluhan pengguna terkait status Online di WhatsApp yang terus muncul ini, hingga kini masih belum ada konfirmasi resmi dari pihak WhatsApp mengenai hal ini terus terjadi.

Berita Terkait