Gadget

Penyebab dan Cara Tangani WhatsApp yang Sering Terlihat Online Saat Sedang Tidak Digunakan

Status online yang muncul di WhatsApp menjadi keterangan bahwa pengguna sedang aktif.

Amelia Prisilia

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)

Hitekno.com - Beberapa waktu yang lalu, pengguna Android dan iOS mengeluhkan aplikasi WhatsApp yang menampilkan status online saat aplikasi tersebut sedang tidak digunakan. Tak banyak yang tahu, ternyata ini penyebab dan cara menangani keluhan pengguna ini.

Keluhan-keluhan mengenai status online di WhatsApp ini ramai beredar di TikTok, Twitter hingga Instagram. Sayangnya, pihak WhatsApp tidak memberikan konfirmasi apapun terkait keluhan ini.

Status online yang muncul di WhatsApp menjadi keterangan bahwa pengguna sedang aktif menggunakan aplikasi tersebut. Biasanya, status ini akan otomatis hilang saat pengguna sudah menutup aplikasi WhatsApp.

Melansir dari Voonze.com, alasan pertama penyebab munculnya status online secara terus menerus ini karena aplikasi WhatsApp dibuat untuk secara otomatis melakukan proses pencadangan selama 20 detik secara berkala.

Biasanya, setelah 20 detik proses pencadangan dilakukan, status online yang muncul di WhatsApp ini akan otomatis menghilang. Tidak diungkap secara resmi, namun pengguna bisa mencoba melakukan beberapa hal untuk menangani hal tesebut.

Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/itechirvan)
Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/itechirvan)

Agar status online di WhatsApp tidak terus-terusan muncul, pengguna dapat melakukan 'Force Stop' di aplikasi WhatsApp usai digunakan. Dengan cara ini, status online tersebut kemungkinan akan segera menghilang.

Selain itu, jangan biarkan aplikasi WhatsApp terus terbuka dan langsung mengunci perangkat yang digunakan. Pasalnya, hal tersebut juga turut mempengaruhi keluhan ini.

Itu tadi penyebab dan cara menangani keluhan pengguna mengenai status online di WhatsApp yang sering muncul saat aplikasi tersebut tidak digunakan.

Berita Terkait