MediaTek Pentonic 700, Chipset Khusus untuk Smart TV 4K 120Hz

MediaTek Pentonic 700 siap digunakan smart TV 4k pada kuartal keempat 2022.

Agung Pratnyawan
Senin, 22 Agustus 2022 | 16:45 WIB
MediaTek Pentonic 700. (MediaTek)

MediaTek Pentonic 700. (MediaTek)

Hitekno.com - MediaTek mengumumkan chipset baru yang ditujukan untuk smart TV. Yakni MediaTek Pentonic 700, system-on-chip (SoC) yang dilengkapi mesin pemrosesan AI powerful untuk smart TV 4K 120Hz.

Dengan peningkatan kualitas gambar yang didukung AI, dukungan Dolby Vision IQ dengan Precision Detail, 4K120 MEMC dan TCON terintegrasi, dan optimalisasi gaming, Pentonic 700 akan menjadikan merek TV global memberikan pengalaman menonton secara komplit bagi konsumen.

Baca Juga: - MediaTek T830 Solusi untuk Perangkat 5G CPE, Router hingga Mobile Hotspot - Desainer Chip MediaTek Ungkap Dinamika Soal Profesinya, Prospek Karier dan Kerumitannya - Kembangkan Chipset yang Mendukung Jaringan 5G di Asia Tenggara, MediaTek Siapkan Deretan Kecanggihan Ini - 7 Fitur Andalan MediaTek Helio G99, Chipset Baru untuk HP Gaming

"Seri Pentonic MediaTek ini menyajikan lebih banyak kecerdasan pada smartTV dengan sejumlah peningkatan kualitas gambar yang didukung AI," kata Alex Chen, General Manager of the TV Business Unit di MediaTek.

"Para merek smart TV dapat mengandalkan Pentonic 700 untuk menghadirkan pengalaman mengesankan dan luar biasa bagi penonton video atau olahraga, bermain game, atau memanfaatkan TV sebagai pusat kendali untuk perangkat pintar lainnya." lanjutnya.

Unit pemrosesan AI (APU) terintegrasi MediaTek Pentonic 700 juga mendukung teknologi MediaTek, seperti AI-Super Resolution, AI-Picture Quality (AI-PQ) Scene Recognition, dan AI-PQ Object Recognition yang berfungsi untuk menghaluskan dan rekonstruksi detail.

MediaTek Pentonic 700. (MediaTek)
MediaTek Pentonic 700. (MediaTek)

Adanya Dolby Vision IQ with Precision Detail juga kian menambah kualitas gambar, yaitu dengan meningkatkan kontras di titik terang dan gelap pada gambar yang tajam.

Smart TV yang didukung MediaTek Pentonic 700 juga dapat menampilkan konten dari berbagai sumber di layer TV dengan dukungan Picture-by-Picture (PBP) dan Picture-in-Picture (PIP) dengan peningkatan PQ.

Saat digunakan pengguna rumahan, teknologi ini memudahkan pengguna melakukan streaming acara olahraga yang berbeda secara bersamaan atau melakukan obrolan video dengan teman dan keluarga sambal menonton konten bersama.

Sementara saat di kantor, kemampuan fitur ini memberikan lebih banyak pilihan konferensi video dan memudahkan TV menampilkan konten streaming yang berbeda secara bersamaan.

MediaTek Pentonic 700 memang dirancang untuk smartTV 120Hz, tapi juga mendukung kecepatan refresh variable (VRR) hingga 144Hz untuk memberikan produsen TV kemampuan menyesuaikan produk untuk aplikasi game.

Di sinilah, pemain game dapat memainkan permainan tanpa gangguan tersendat pada layar. Sementara itu, optimalisasi lain untuk gameplay, seperti HDMI 2.1 Auto Low Latency Mode (ALLM) membantu untuk meminimalkan jeda tampilan dan teknologi Dolby Atmos menyuguhkan suara yang imersif.

MediaTek Pentonic 700. (MediaTek)
MediaTek Pentonic 700. (MediaTek)

Berikut ini spesifikasi utama MediaTek Pentonic 700:

  • Dukungan resolusi hingga 4K pada 120Hz dan mampu VRR hingga 4K pada 144Hz untuk aplikasi game.
  • Dolby Vision IQ with Precision Detail memberikan detail yang lebih baik berupa tekstur dan kedalaman gambar.
  • Teknologi HDR10+ Adaptive memberikan pengalaman pengguna menonton berdasarkan kondisi pencahayaan ruangan.
  • AI-PQ Scene Recognition 2.0 MediaTek memberikan pengoptimalan setelan kualitas gambar secara otomatis.
  • AI-PQ Object Recognition 2.5 MediaTek meningkatkan kedalaman tampilan dengan menerapkan ketajaman, kontras, dan warna yang berbeda antara latar depan dan latar belakang.
  • Mesin decoding video perangkat keras built-in mampu mendukung standar HEVC, AV1 dan AVS3, bersama dengan standar terbaru VVC (H.266), sebagai dukungan persyaratan termutakhir bagi penyedia penyiaran dan streaming.
  • AI-Super Resolution 2.0 MediaTek memberikan penghalusan edge dan rekonstruksi detail.
  • Mendukung fitur asisten suara terbaru dan manajemen perangkat rumah pintar.

Dengan desain yang terintegrasi, cip ini menghemat daya dan mengurangi biaya bill of material (BOM)—konsekuensi dari ini adalah mempercepat waktu produsen perangkat untuk segera terjun ke pasar.

Produsen juga bisa menambahkan solusi konektivitas nirkabel Filogic Wi-Fi 6, Wi-Fi 6E, atau Wi-Fi 7 MediaTek untuk menghadirkan konektivitas 4K yang sangat cepat dan andal pada smart TV. Tentu saja, ini menjamin latensi rendah saat pengalaman streaming dan cloud gaming.

MediaTek Pentonic 700 dijadwalkan segera melengkapi daya kemampuan smart TV 4K arus utama sebagai bagian dari keluarga cipset Pentonic MediaTek.

Melalui seri terbaru ini, MediaTek menawarkan kepada produsen perangkat berbagai opsi untuk TV premium, high-end, dan mass market sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar yang berbeda. 

Smart TV yang ditenagai oleh MediaTek Pentonic 700 tersebut diharapkan bisa diluncurkan pada kuartal keempat 2022.

Berita Terkait

TERKINI

Peneliti dari BMKG mengungkap bahwa gempa Garut dan gempa Cianjur berbeda sumber.
gadget | 19:40 WIB
Set Top Box Digital Polytron PDV 620T2 salah satu pilihan untuk membuat televisi lawas menangkap siaran TV digital.
gadget | 14:41 WIB
Xiaomi 12T 5G ditenagai MediaTek Dimensity 8100 Ultra yang memiliki performa tinggi.
gadget | 14:16 WIB
Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro membawa spesifikasi serba premium.
gadget | 14:01 WIB
Cek HP POCO kamu masuk dalam daftar penerima update Android 13 ini atau tidak.
gadget | 13:46 WIB
25 kota dan kabupaten akan resmi melakukan migrasisiaran TV analogke siaran TV digital pada 3 Desember 2022.
gadget | 13:11 WIB
Cek berapa saja harga Set Top Box Polytron yang mendukung siaran TV digital DVB-T2.
gadget | 12:57 WIB
Legal dan resmi, gunakan link live streaming Piala Dunia 2022 Argentina vs Australia berikut ini.
gadget | 09:30 WIB
Legal dan resmi, gunakan link live streaming Piala Dunia 2022 Belanda vs Amerika Serikat berikut ini.
gadget | 08:51 WIB
Sebelum belanja, cek daftar harga iPhone terbaru Desember 2022 ini.
gadget | 08:13 WIB
Mudah danlengkap, ikuti langkah-langkah cara mencari ATM BNI terdekat di Google Maps ini.
gadget | 08:06 WIB
Ada banyak sekali sistem operasi mobile yang muncul, namun tak bisa menandingi kedigdayaan Android dan iOS.
gadget | 08:00 WIB
Pei berpikir ini adalah pilihan desain yang cerdas oleh Apple, dia juga percaya fitur tersebut sedikit berlebihan
gadget | 20:49 WIB
Berikut ini adalah pengertian dan ciri-ciri iPhone HDC serta perbedaan dan persamaannya dengan iPhone Original. Patut kamu ketahui agar tidak tertipu.
gadget | 19:25 WIB
Biar nggak ketinggalan, berikut adalah link live streaming Grup G Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Serbia vs Swiss dan Kamerun vs Brasil.
gadget | 19:18 WIB
"Ingat kalau pita kasetnya suka ngruwel," kenang netizen.
gadget | 19:08 WIB
Redmi Note 12 Pro 4G diprediksi dapat debut pada awal tahun depan.
gadget | 18:40 WIB
Rupanya tak sedikit orang yang butuh alternatif diluar Android dan Google. Inovasi yang sudah mentok bisa jadi sebab kenapa adanya platform ketiga bakal menarik untuk dinanti.
gadget | 17:41 WIB
Tampilkan lebih banyak