MediaTek T830 Solusi untuk Perangkat 5G CPE, Router hingga Mobile Hotspot

MediaTek T830, platform yang mendukung jaringan 5G untuk router hingga mobile hotspot.

Agung Pratnyawan
Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:42 WIB
MediaTek T830. (MediaTek)

MediaTek T830. (MediaTek)

Hitekno.com - MediaTek resmi mengumumkan penambahan portofolio teknologi 5G baru mereka. Yakni platform MediaTek T830 yang bisa dugnakan untuk  router fixed wireless access (FWA) 5G dan peralatan terminal pelanggan (customer-premise equipment/CPE) hotspot seluler. 

MediaTek T830 dibangun dengan modem M80 MediaTek yang mendukung kemampuan Release 16 tingkat lanjut untuk operasional pada pita sub-6GHz, sehingga menjadikan platform ini ideal untuk jaringan 5G di seluruh dunia.

Di tingkat produsen perangkat, desain MediaTek T830 sangat terintegrasi dan ringkas sehingga menghemat penggunaan daya besar dan mengurangi waktu juga biaya pengembangan.

Baca Juga: Desainer Chip MediaTek Ungkap Dinamika Soal Profesinya, Prospek Karier dan Kerumitannya

MediaTek T830 juga memungkinkan operator seluler memberikan kecepatan 5G hingga 7Gbps langsung menggunakan infrastruktur seluler pada sub-6GHz—ini akan mengurangi biaya penggunaan teknologi kabel seperti kabel atau serat optik.

Di sisi lain, konsumen juga bisa menikmati layanan internet supercepat dari perangkat kecil yang bisa dipasang sendiri. Dengan begitu, ini bisa menjadi solusi mengurangi kerumitan waktu pemasangan yang lama untuk broadband saluran tetap (fixed line broadband).

"Sebagai pemimpin dalam solusi 5G CPE, MediaTek bekerja sama dengan operator Tier-1 di seluruh dunia untuk menghadirkan konektivitas yang cepat dan andal bagi konsumen dan bisnis," kata JC Hsu, Corporate Vice President and General Manager MediaTek pada unit bisnis komunikasi nirkabel.

Baca Juga: Kembangkan Chipset yang Mendukung Jaringan 5G di Asia Tenggara, MediaTek Siapkan Deretan Kecanggihan Ini

"Platform yang sangat terintegrasi ini mewakili kemajuan terkini dari konektivitas 5G dan Wi-Fi juga memungkinkan pelanggan kami membangun produk 5G CPE multi-gigabita berkinerja tingkat tinggi dalam ukuran sekecil mungkin." lanjutnya.

Platform MediaTek T830 ini mencakup SoC utama dengan modem seluler 3GPP Release-16 5G yang terintegrasi dengan CPU Quad-core Arm Cortex-A55, sub-6GHz RF transceiver, GNSS receiver, dan PMIC (power management integrated circuits) terkait.

Pada SoC utama juga memiliki Network Processing Unit (NPU) built-in dan mesin offload Wi-Fi untuk mendukung kecepatan perutean multi-gigabita antara seluler jaringan 5G ke Ethernet atau Wi-Fi, tanpa keterlibatan CPU, sehingga menawarkan manfaat kecepatan dan efisiensi daya.

Baca Juga: 7 Fitur Andalan MediaTek Helio G99, Chipset Baru untuk HP Gaming

Hal lain yang juga perlu diketahui, pelanggan MediaTek memiliki pilihan untuk memasangkan MediaTek T830 dengan berbagai pilihan solusi pemenang penghargaan konektivitas Wi-Fi Filogi. Untuk router 5G FWA, T830 juga bisa digabungkan dengan Filogic 680 (Tri-band 4x4 Wi-Fi 7).

Sementara, hotspot seluler jaringan 5G, MediaTek T830 bisa diinstal dengan Filogic 380 (dual-band 2x2 Wi-Fi 7). Semua solusi ini menawarkan kemampuan terbaik di kelasnya untuk fitur Wi-Fi 7 baru, seperti MLO (Multi-Link Operation) dan dukungan untuk saluran lebar 320 MHz.

Ada pun fitur lain MediaTek T830, antara lain:

Baca Juga: Saingi Snapdragon 8 Plus Gen 1, MediaTek Dimensity 9000 Plus Akhirnya Rilis

  • Modem M80 built in mengintegrasikan teknologi 5G UltraSave MediaTek untuk menjamin efisiensi energi  saat terkoneksi jaringan 5G.
  • Kemampuan seluler modem M80 juga mencakup dukungan jaringan 5G NSA/SA, dengan koneksi sub-6GHz hingga 4CC-CA ditambah dukungan campuran duplex FDD/TDD.
  • Dukungan untuk dual 5G SIM (DSDS), bergantung pada persyaratan produsen perangkat seluler.
  • Konektivitas peripheral mencakup pengontrol kompleks root PCI -Express 3x, USB 3.2, dua antarmuka 10GbE USXGMII, ditambah berbagai antarmuka PCM/SPI untuk saluran telepon RJ11.
  • 3D GPU terintegrasi dengan driver tampilan.
  • Dukungan untuk RDK-B, prplOS, dan OpenSync untuk memenuhi beragam spesifikasi OS framework terbuka dari operator seluler Tier-1.
Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak