Gadget

7 Fitur Andalan MediaTek Helio G99, Chipset Baru untuk HP Gaming

MediaTek Helio G99 hadir sebagai chipset baru untuk HP gaming. Seperti apa fitur unggulannya?

Agung Pratnyawan

Chip MediaTek. (MediaTek)
Chip MediaTek. (MediaTek)

Hitekno.com - MediaTek kembali mengenalkan chipset baru untuk HP gaming. Yakni chipset MediaTek Helio G99 yang dihadirkan untuk menunjang pengalaman gaming. Tentunya dibekali pula beragam fitur menarik.

Apakah kamu gamer? Bersiaplah dengan HP gaming 4G dengan daya tahan baterai yang tak tertandingi. MediaTek telah memproduksi chipset MediaTek Helio G99 terbaru yang mendukung teknologi gaming MediatTek HyperEngine.

Teknologi ini dipersiapkan untuk memberikan pengalaman gaming luar biasa. Namun bukan cuma itu saja fitur yang diunggulkan chipset baru MediaTek tersebut.

Berikut ini sejumlah fitur MediaTek Helio G99 kamu ketahui.

1. Efisiensi daya

Seri MediaTek Helio G99 adalah kali pertama cip smartphone gaming dari MediaTek Helio 4G yang dibuat menggunakan proses produksi cip kelas 6nm TSMC—begitu unggul dalam efisien daya tahan baterai dibandingkan dengan smartphone sebelumnya.

2. MediaTek HyperEngine 2.0 lite

Chipset MediaTek Helio G99 dilengkapi teknologi Intelligent Resource Management Engine generasi kedua yang berfungsi untuk mengoptimalkan CPU, GPU, dan memori.

Dengan begitu, game yang dimainkan tetap berjalan mulus, masa pakai baterai yang maksimal, dan memperpanjang sesi permainan (gameplay) kamu.

Sementara itu, Networking Engine berfokus pada lalu lintas gameplay untuk memastikan ping terendah, sekaligus memantau kualitas koneksi Wi-Fi dan 4G sehingga kamu akan selalu terhubung ke server game.

3. Kinerja gaming

Chipset MediaTek Helio G99 tertanam CPU octa-core dengan dua prosesor Arm Cortex-A76 berkinerja tinggi dengan clock hingga 2,2 GHz. Selain itu, ditambah GPU kelas Arm Mali G57 yang sangat mumpuni dalam menyediakan kemampuan grafis 3D yang canggih.

Prosesor ini didukung pula oleh memori LPDDR4X sangat cepat dan penyimpanan UFS 2.2 sehingga mempercepat akses data, memaksimalkan performa dalam game, aplikasi, dan aktivitas seluler sehari-hari.

4. Layar 120Hz yang sangat cepat dan hemat daya

Tampilan yang lebih cepat tentu memberikan kamu pengalaman beraktivitas sehari-hari yang menyenangkan dengan smartphone, terutama ketika mengakses halaman sebuah web dan menampilkan animasi yang mulus di aplikasi.

MediaTek Helio G99 memberikan kemampuan produsen perangkat untuk membuat smartphone gaming yang kecil dan ringan dengan layar Full HD+, tapi beresolusi tinggi yang tajam.

Selain itu, memberikan kecepatan refresh 120Hz yang super cepat, sehingga tak perlu lagi perangkat keras tambahan yang mahal.

Harus diakui memang, dengan tampilan yang lebih cepat, umumnya, akan menyedot konsumsi baterai yang berlebih.

Namun, tak perlu khawatir, MediaTek Intelligent Display Sync meningkatkan efisiensi daya dengan menyesuaikan kecepatan refresh secara dinamis; ini berguna mengaktifkan kecepatan yang lebih baik lagi saat begitu dibutuhkan.

5. Teknologi kamera Kelas Dimensity IQ

Satu hal yang perlu dicermati ialah teknologi kamera yang dibawa. Produsen smartphone bisa menciptakan ponsel cerdas multi-kamera dengan kamera 108MP yang begitu impresif.

Karena kamera mampu menangkap gambar lebih besar dengan lebih detail, plus pengambilan gambar ganda secara simultan dengan latensi nol—ini semua karena teknologi kualitas gambar dari kelas Dimensity.

6) Jaringan 4G LTE 

Meski smartphone 5G kini sangat popular, masih ada jutaan pengguna 4G di seluruh dunia yang terus MediaTek perkuat dengan pengalaman konektivitas yang lebih baik lagi.

Dengan modem 4G canggih yang terintegrasi langsung ke dalam cip guna menghemat daya, MediaTek Helio G99 juga menyediakan downlink Cat-13 4G LTE-A yang sangat cepat dan fitur konektivitas premium seperti 4x4 MIMO, 256QAM, eMBMS, dan HPUE, yang menjamin kecepatan rata-rata lebih cepat dan koneksi yang lebih andal, bahkan di area dengan trafik jaringan tinggi.

7. Kartu SIM ganda

Kartu SIM ganda adalah teknologi yang begitu penting dan dibutuhkan konsumen sekarang. Oleh karenanya, MediaTek Helio G99 menyediakan layanan 4G ganda yang memberikan pengalaman mulus bagi pengguna.

Jika kamu memilih menerima layanan VoLTE dan ViLTE dari operator seluler, salah satu SIM dapat memberikan pengalaman panggilan dan video langsung dengan begitu baik, terlebih didukung pengaturan panggilan yang lebih cepat dan kualitas suara yang jernih.

Itulah tujuh fitur andalan MediaTek Helio G99 yang dihadirkan untuk HP gaming terkini. Kita nantikan saja smartphone mana yang akan memakai chipset baru dari MediaTek ini.

Berita Terkait