Kisah Dokter Tangani Kasus Sensitif lewat Chat Alodokter

Dengan adanya telemedicine, dr. Helena menemukan bahwa pasien lebih nyaman untuk menjawab pertanyaan sensitif daripada saat bertemu tatap mata.

Agung Pratnyawan
Senin, 22 Agustus 2022 | 16:34 WIB
Aplikasi Alodokter. (Alodokter)

Aplikasi Alodokter. (Alodokter)

Hitekno.com - Aldodokter membagikan kisah seorang dokter yang tidak disangka menangani kasus sensitif. Yakni dr. Helena Sunarja, SpOG, yang menangai hal tersebut melalhi chat dalam aplikasi Alodokter.

Sebagai diketahui, maraknya telemedicine di masa disrupsi digital seperti saat ini, menemukan dokter yang tepat bisa terasa cukup menantang karena banyak nya pilihan yang tersedia dari sekian banyak platform yang ada.

Baca Juga: - Alodokter Hadirkan Aloproteksi Corporate, Perlindungan Kesehatan Bagi Karyawan - Dengan Suara Batuk, Aplikasi Alodokter Diklaim Bisa Diagnosis Kondisi Paru - Alodokter Clinical Governance Board, Wujud Komitmen Layanan Medis Terpercaya - 5 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Android dan iOS Gratis

Bahkan saat bertemu tatap mata, menemukan diagnosis yang tepat akan sulit jika pasien tidak terbuka dalam menjawab pertanyaan anamnesis dokter. Inilah sebabnya Alodokter menilai perlunya sebuah informasi guna memperkenalkan salah satu dokter terbaiknya.

Seperti dr. Helena Sunarja, SpOG, salah satu dokter di aplikasi Alodokter dan anggota komunitas Alomedika yang berhasil mendapatkan review bintang 5 dari lebih dari 10,000 pengguna Aldodokter karena penanganannya yang disukai para pasien.

Semenjak bergabung dengan Alodokter di tahun 2019 silam, dr. Helena Sunarja, SpOG atau yang akrab dengan panggilan dr. Helena, selalu memprioritaskan empati ketika berbicara dengan pasiennya lewat fitur chat di aplikasi Alodokter.

Menurutnya, penerapan konsultasi online dan offline itu sama saja, kuncinya ada di komunikasi antara dokter dan pasien. Apa yang dikomunikasikan oleh dokter akan lebih mudah diterima dan dicerna oleh pasien jika dokter menggunakan empati dalam berkomunikasi.

Dengan adanya telemedicine, dr. Helena menemukan bahwa pasien lebih nyaman untuk menjawab pertanyaan sensitif daripada saat bertemu tatap mata.

dr. Helena Sunarja, SpOG. (Alodokter)
dr. Helena Sunarja, SpOG. (Alodokter)

Topik sensitif yang biasanya membuat pasien tidak nyaman bukan lagi sebuah hambatan bagi dr. Helena dalam memberikan diagnosis atau masukan kepada pasiennya. Menurutnya, fitur anonimitas yang ada pada fitur chat dengan dokter berperan besar dalam perubahan perilaku pasien.

"Dengan banyaknya perubahan pola hidup di era digital, sektor kesehatan pun juga ikut berubah. Telemedicine sangat membantu komunikasi antara kami [dokter] dengan pasien dengan pesat. Saat pasien ada keluhan, mereka sebatas tinggal kirim foto kepada kami, lalu kami analisa dan berikan diagnosis, terus sudah. Karena sama-sama anonim dan tidak tatap muka secara langsung, mereka jadi merasa lebih nyaman," ujar dr. Helena Sunarja, SpOG.

Meskipun mengantarkan diagnosis kepada pasien lewat telemedicine lebih menantang ketimbang bertemu tatap mata, hal ini tidak mematahkan semangat dr. Helena.

Dengan memaksimalkan dan memilih pertanyaan yang tepat saat anamnesis pasien, hal ini sudah membantu dr. Helena dalam menganalisa penyakit dan diagnosis pasien sebanyak 80%.

Walau ada beberapa faktor penting yang hanya tersedia dalam pemeriksaan secara langsung, telemedicine telah membuka jalur untuk dr. Helena bisa membantu para pasien yang sebelumnya tidak memiliki akses yang mudah kepada layanan kesehatan.

"dr. Helena Sunarja, SpOG telah membuktikan bahwa medical expert dari dokter spesialis di era digital malah semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dari review excellent yang diberikan pasien kepada dokter padahal mayoritas konsultasi yang dilakukan tanpa tatap muka. Alodokter berharap masyarakat bisa menemukan dokter spesialis yang tepat untuk mereka lewat fitur chat Alodokter. Saat ini pemahaman medis seorang dokter serta pengalaman memahami arah kebijakan yang diambil, harus dilengkapi dengan kemampuaan komunikasi yang mumpuni untuk sesi konsultasi yang mudah dan nyaman bagi pasien." ucap Suci Arumsari, Co-Founder & President Director Alodokter.

Berita Terkait

TERKINI

Langsung klik tanpa ribet, berikut link live streaming Piala Dunia 2022 Tunisia vs Australia.
gadget | 10:44 WIB
Menurut bocoran poster yang diungkap, Realme 10 Pro dan Realme 10 Pro Plus akan diperkenalkan pada 8 Desember 2022.
gadget | 08:38 WIB
Coba cara cepat dan mudah ini, berikut link live streaming Piala Dunia 2022 Inggris vs Amerika Serikat.
gadget | 21:07 WIB
Berikut link live streaming Piala Dunia 2022 Belanda vs Ekuador yang tayang Jumat (25/11/2022) pada pukul 23.00 WIB.
gadget | 20:47 WIB
Berikut adalah beberapa keunggulan dari tablet Xiaomi Redmi Pad.
gadget | 18:49 WIB
Begini bocoran tampang Samsung Galaxy A34
gadget | 18:32 WIB
Walau banyak dipuji, ternyata layar iPhone 14 kebanyakan dibuat oleh Samsung, lho.
gadget | 17:21 WIB
Secara ajaib, lagu boyband asal Korea Selatan ini sukses mengeluarkan air dari speaker HP milik gadis tersebut.
gadget | 17:05 WIB
Akankah racikan Samsung ini bisa ditemui dalam waktu dekat?
gadget | 16:50 WIB
Qatar vs Senegal akan menjalani laga hidup mati di Grup A.
gadget | 16:50 WIB
Berikut adalah cara bayar paket Vidio Piala Dunia 2022.
gadget | 16:11 WIB
Berikut adalah jadwal dan link nonton Piala Dunia 2022, jangan sampai ketinggalan, ya!
gadget | 15:45 WIB
Berikut adalah cara merekam panggilan di HP Samsung Galaxy.
gadget | 15:25 WIB
Berikut adalah sederet laptop Lenovo dengan RAM 8GB yang layak dipertimbangkan sebelum membeli.
gadget | 15:19 WIB
Berikut adalah sederet kode rahasia pada ponsel iPhone.
gadget | 14:45 WIB
Laga Wales vs Iran diprediksi bakal berlangsung sengit.
gadget | 14:19 WIB
Hingga kini Apple masih belum memberikan konfirmasinya terkait ketertarikan untuk membeli klub sepak bola asal Britania Raya ini.
gadget | 13:53 WIB
Begini reaksi Apple terkait pelarangan penjualan tersebut.
gadget | 13:17 WIB
Tampilkan lebih banyak