Internet

5 Aplikasi Kesehatan untuk Cari Informasi Obat dan Konsultasi

Deretan aplikasi ini cukup bisa dipercaya karena menggandeng Kemenkes.

Agung Pratnyawan

Bersinergi dengan Kemenkes RI, Gojek dan Halodoc Hadirkan Layanan Cek COVID-19. (Gojek)
Bersinergi dengan Kemenkes RI, Gojek dan Halodoc Hadirkan Layanan Cek COVID-19. (Gojek)

Hitekno.com - Berikut ini ada lima aplikasi kesehatan yang bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi obat dan konsultasi kesehatan terkait pandemi yang tengah melanda saat ini.

Dengan menggunakan aplikasi kesehatan ini, diharapkan bisa mengurangi mobilitas di luar.

Buat kamu yang terindikasi positif Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri (isoman) ada beberapa aplikasi kesehatan yang bisa diandalkan untuk menyediakan konsultasi dan obat gratis.

Deretan aplikasi ini cukup bisa dipercaya karena menggandeng Kemenkes.

Sebagai permulaan, pasien mesti mengecek status positif Covid-19 lewat lab pemeriksaan PCR yang sudah terafiliasi dan terkoneksi langsung dengan Kemenkes. Sejauh ini, ada 743 lab yang sudah didata Kemenkes.

Ketika hasil tes PCR di Lab tersebut terkonfirmasi positif Covid-19, maka Lab akan mengentri data pasien dan terhubung langsung dengan Kemenkes.

Dalam jarak waktu sekitar satu hari, pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes yang memuat link untuk konsultasi online dan sebuah kode untuk mendapatkan obat gratis.

Berikut rekomendasi aplikasi telemedicine atau aplikasi kesehatan untuk mendapatkan obat dan konsultasi Covid-19 gratis.

1. Halodoc

Tampilan chat instan di laman chat dengan dokter (Halodoc)
Bersinergi dengan Kemenkes RI, Gojek dan Halodoc Hadirkan Layanan Cek COVID-19. (Gojek)

Aplikasi ini bisa diunduh lewat Google Play Store dan App Store. Halodoc menyediakan beberapa layanan seperti chat dengan dokter, pemeriksaan di rumah sakit, beli obat, cek lab, hingga artikel terkait kesehatan.

2. Alodokter

Tersedia di Google Play Store maupun Apple App Store. Alodokter menyediakan layanan pendampingan telekonsultasi dokter pribadi dan pemberian resep elektronik paket obat Isoman gratis untuk pasien Covid-19, khususnya yang tidak bergejala dan bergejala ringan.

3. GrabHealth dan Good Doctor

Aplikasi kesehatan ini terkoneksi langsung dari Grab. Cukup membuka aplikasi Grab, kemudian pilih menu kesehatan.

GrabHealth dan Good Doctor menampilkan layanan Covid-19 care center 24 jam, konsultasi dari dokter umum dan spesialis, beli obat dan produksi kesehatan, asuransi, janji medis, hingga artikel kesehatan.

4. Klikdokter

Selain menyediakan obat dan konsultasi Covid-19 gratis, aplikasi Klikdokter juga menyediakan live chat, obat, tanya dokter, video, hingga artikel terkait kesehatan.

5. Farmaplus

Farma Plus
Farma Plus

Farmaplus merupakan situs yang disediakan Kementerian Kesehatan untuk mencari obat Covid-19 di apotek Kimia Farma terdekat.

Adapun obat yang disediakan yakni Azithromycin, Favipiravir, Ivermectin, Oseltamivir, Remdesivir, dan Tocilizumab.

Kamu hanya perlu mengisi provinsi dan kabupaten/kota sesuai domisili, lalu melihat stok obat yang diperlukan dari klinik Kimia Farma.

Itulah lima aplikasi kesehatan atau aplikasi telemedicine yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari informasi obat dan konsoltasi kesehatan. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait