Gadget

Siranap RS dari Kemenkes, Aplikasi untuk Cek Bed IGD di Rumah Sakit

Kehadiran aplikasi Siranap RS jelas saja menjadi jawaban dari keresahan masyarakat mengenai sulitnya mencari ketersediaan bed IGD untuk pasien Covid-19.

Amelia Prisilia

Aplikasi Siranap RS. (HiTekno)
Aplikasi Siranap RS. (HiTekno)

Hitekno.com - Kementerian Kesehatan Indonesia terus berupaya membantu masyarakat di tengah masa pandemi akibat Covid-19. Salah satu upaya pemerintah ini dilakukan dengan menciptakan aplikasi Siranap RS yang bisa digunakan untuk melakukan cek bed IGD.

Kehadiran aplikasi Siranap RS jelas saja menjadi jawaban dari keresahan masyarakat mengenai sulitnya mencari ketersediaan bed IGD untuk pasien Covid-19. Meledaknya kasus positif akibat pandemi membuat terjadi overload pada sejumlah rumah sakit.

Guna mengatasi hal ini, Kemenkes lalu menghadirkan aplikasi Siranap RS yang diklaim mempermudah masyarakat untuk mengecek ketersediaan bed IGD hanya melalui aplikasi pada gadget yang digunakan.

Aplikasi Siranap RS milik Kemenkes ini sudah bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

Usai melakukan proses instal, laman utama aplikasi Siranap RS langsung menunjukan dua pilihan untuk informasi bed rumah sakit khusus Covid-19 dan informasi tempat tidur non Covid-19.

Cara cek bed IGD di rumah sakit khusus Covid-19

Aplikasi Siranap RS. (HiTekno)
Aplikasi Siranap RS. (HiTekno)

Jika kamu mencari ketersediaan bed rumah sakit untuk pasien Covid-19 maka kamu harus memilih pilihan pertama. Nantinya, kamu akan diminta untuk mengisi provinsi dan kabupaten tempat dirimu berada.

Dibuat khusus menjawab keresahan masyarakat, aplikasi Siranap RS menyediakan berbagai informasi ketersediaan bed rumah sakit di seluruh daerah di Indonesia.

Setelah memberikan informasi yang dibutuhkan, kamu akan langsung diarahkan ke laman informasi mengenai ketersediaan bed IGD di rumah sakit lokasimu berada.

Nantinya, kamu juga akan menerima sejumlah informasi mengenai antrian hingga jumlah ketersediaan bed di setiap bagian yang ada di rumah sakit tersebut. Usai memastikan ketersediaan, kamu hanya perlu langsung mengunjungi lokasi rumah sakit.

Cara cek bed IGD di rumah sakit non Covid-19

Aplikasi Siranap RS. (HiTekno)
Aplikasi Siranap RS. (HiTekno)

Jika kamu ingin mengecek ketersediaan bed IGD di rumah sakit non Covid-19, maka kamu perlu memilih pilihan kedua yaitu 'Informasi tempat tidur non Covid'. Pada tahap ini, kamu harus memasukkan informasi mengenai provinsi dan kabupaten.

Sama seperti tahap sebelumnya, jika informasi mengenai profinsi dan kabupaten telah kamu isi, maka deretan informasi mengenai lokasi rumah sakit, jumlah tempat tidur kosong di setiap bangsal juga akan muncul di aplikasi Siranap RS ini.

Sangat dibutuhkan di tengah masa pandemi akibat Covid-19, aplikasi Siranap RS yang menyediakn ketersediaan bed IGD di rumah sakit ini patut untuk kamu download dan instal di perangkat Android maupun iOS yang digunakan.

Berita Terkait