Gadget

Detail Pasar Smartphone pada Q2 2022, Samsung dan Apple Memimpin

Pasar smartphone global mengalami penurunan tajam pada Q2 2022.

Rezza Dwi Rachmanta

S Pen pada Samsung Galaxy S22 Ultra. (Samsung)
S Pen pada Samsung Galaxy S22 Ultra. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung dan Apple masih menjadi produsen smartphone dengan pangsa pasar terbesar pada kuartal kedua 2022 (Q2 2022). Firma riset Canalys memberikan data mengenai perkembangan pasar smartphone pada kisaran April hingga Juni 2022.

Canalys mengungkap bahwa pasar smartphone global mengalami penurunan tajam pada Q2 2022. Hanya Samsung dan Apple yang mengalami pertumbuhan jika dibanding kuartal yang sama pada tahun lalu.

Produsen yang menempati posisi lima besar lain yaitu Xiaomi, Oppo, dan Vivo, kompak mengalami penurunan tajam. Xiaomi bahkan mengalami perlambatan pertumbuhan mencapai minus 22 persen dibanding tahun lalu.

Oppo dan Vivo mencetak perlambatan minus 19 persen dan minus 10 persen. Dikutip dari GSMArena, China memberlakukan sejumlah kebijakan lockdown selama kuartal kedua 2022.

Ini membuat pasar smartphone ikut terganggu. Kebijakan itu turut merugikan merek lokal yang memiliki pangsa pasar tinggi di China.

Pasar smartphone global pada kuartal kedua 2022. (Canalys)
Pasar smartphone global pada kuartal kedua 2022. (Canalys)

Analis memperkirakan bahwa kekurangan rantai pasokan tidak akan lagi menjadi masalah mendesak bagi industri karena pesanan komponen menurun.

Pemasok justru khawatir tentang kelebihan pasokan. Samsung mengirimkan 61,8 juta unit smartphone sehingga mereka menguasai 18 persen pangsa pasar di kuartal kedua 2022.

Ilustrasi iPhone 13. (pixabay)
Ilustrasi iPhone 13. (pixabay)

Apple meraih 14 persen pangsa pasar dan menempati peringkat kedua dengan total pengiriman 49,5 juta unit. Xiaomi dan Oppo mengirimkan masing-masing 39,6 juta dan 27,3 juta unit selama Q2 2022. Vivo berada di perangkat kelima dengan jumlah pengiriman 25,4 juta unit.

Tak hanya Canalys, firma riset lain seperti Counterpoint dan TrendForce memperkirakan bahwa pasar smartphone global akan lesu di tahun ini.

Berita Terkait