Gadget

Tak Hanya HarmonyOS 3, Huawei MatePad Pro 11 Inci Siap Debut Sebentar Lagi

Huawei siap merilis tablet dan OS versi baru.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi HarmonyOS. (Huawei)
Ilustrasi HarmonyOS. (Huawei)

Hitekno.com - Perusahaan telah mengumumkan bahwa mereka akan mengenalkan HarmonyOS 3 pada 27 Juli mendatang. Tak hanya itu, perusahaan turut mengofirmasi terkait perilisan tablet Huawei MatePad Pro 11 inci.

Teaser resmi Huawei Mate Pro anyar sudah terpampang di akun Weibo perusahaan. Kita bisa melihat adanya perombakan desain dan modul kamera melingkar di bagian belakang.

Desain modul kamera sangat mirip seperti HP flagship Mate 40 series. Tablet akan memiliki sisi logam melengkung dan grill speaker di bagian atas dan bawah.

Sayang, perusahaan belum memberikan rincian spesifikasi mengenai Huawei MatePad Pro 11 inci. Dikutip dari Gizmochina, Huawei MatePad Pro (2022) varian 12,6 inci baru-baru ini terlihat di situs sertifikasi 3C.

Perangkat mendukung fitur fast charging 40 W bersama dengan wireless charging 18 W. Sebelum ini, perusahaan mengungkap bahwa mereka akan mengenalkan HarmonyOS 3 dengan sejumlah peningkatan.

Teaser Huawei MatePad Pro 11 inci. (Weibo)
Teaser Huawei MatePad Pro 11 inci. (Weibo)

Beberapa pengguna HP flagship Huawei tertentu juga telah mencoba HarmonyOS 3 versi beta. Tipster Weibo Changan Digital King pernah membocorkan HarmonyOS 3 pada April lalu.

Berdasarkan bocoran, Huawei 3.0 memiliki UI yang ditingkatkan dan kinerja lebih baik. Namun, itu tidak datang dengan perubahan signifikan pada tampilan dan nuansa OS.

Aplikasi lain yang menyertainya seperti ArkUI juga telah dirilis. ArkUI adalah lingkungan UI deklaratif untuk membangun aplikasi menggunakan TypeScript atau JavaScript.

Huawei MatePad Pro 12.6 dengan layar 120 Hz. (IT Home)
Huawei MatePad Pro 12.6 dengan layar 120 Hz. (IT Home)

Melalui Huawei Developer Conference pada Q4 2021, perusahaan saat itu mengumumkan bahwa lebih dari 150 juta perangkat (termasuk tablet, smartphone, dan smartwatch) telah menggunakan HarmonyOS.

Pengumuman terbaru mengklaim bahwa HarmonyOS sudah diadopsi oleh 300 juta perangkat. Tentu itu adalah pertumbuhan signifikan dibanding tahun lalu. Teaser anyar yang mengungkap fitur Huawei MatePad Pro dan HarmonyOS 3 diharapkan muncul dalam beberapa waktu mendatang.

Berita Terkait