Gadget

Sony Indonesia Kenalkan Rangkaian TV Bravia Terbaru

Sederet seri baru dari TV Sony Bravia resmi dikenalkan ke Indonesia.

Agung Pratnyawan

TV Sony Bravia. (Sony)
TV Sony Bravia. (Sony)

Hitekno.com - Sony Indonesia resmi mengumumkan kehadiran rangkaian TV baru mereka dalam series Bravia XR dan 4K LED. Antara lain TV Sony Bravia XR model A80K 4K OLED dan model X90K 4K LED. Juga TV Sony 4K OLED model X85K, X80K dan X75K.

Rangkaian televisi Bravia XR terbaru dilengkapi dengan Cognitive Processor XR dan inovasi baru yang membantu untuk menghadirkan pengalaman menonton terbaik dan paling nyata, menyampaikan maksud sebenarnya dari para kreator secara autentik.

Saat menonton film, pengguna dapat merasakan Acoustic Surface Audio+ untuk model OLED dan Acoustic Multi-Audio untuk model LED yang telah disempurnakan, yang secara tepat mencocokan posisi suara dengan gambar di layar untuk pengalaman audio/visual yang benar-benar nyata.

Rangkaian ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang menyesuaikan dan meningkatkan hiburan di rumah. Bersama dengan Netflix, Sony telah merilis Netflix Adaptive Calibrated Mode, yang secara otomatis menyesuaikan pemrosesan gambar berdasarkan cahaya sekitar, sehingga acara dan film favorit pengguna terlihat seperti yang diinginkan para kreator dalam kondisi apa pun.

Lebih lagi, Bravia CORE Calibrated Mode terbaru Sony akan secara otomatis menyesuaikan kualitas gambar pada layar agar lebih selaras dengan visi asli para kreator video. Semua televisi Bravia XR 2022 akan ditetapkan sebagai perangkat yang ‘Sempurna untuk PlayStation5’, mencakup dua fitur eksklusif PS5 – Auto HDR Tone Mapping dan Auto Genre Picture Mode.

Koji Sekiguchi selaku President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, "Sony berkomitmen untuk menawarkan pengalaman menonton terbaik, terlepas dari lingkungan rumah atau pilhan konten. Dengan kualitas gambar dan suara terbaik di kelasnya, TV terbaru kami menyempurnakan streaming di layar dan konten game untuk menciptakan pengalaman layar lebar yang sangat nyata. Sony bertujuan untuk memenuhi dunia dengan emosi, melalui kekuatan kreativitas dan teknologi. Kami mewujudkannya dengan inovasi produk dan komunitas kreatif kami. Melalui kerja sama dengan mitra kami dan para kreator, kami dapat mendukung visi mereka dan menyampaikannya kepada konsumen."

Tahun ini, Sony juga memperkenalkan perangkat kamera orisinal yang baru dikembangkan, Bravia CAM, yang dapat mengenali di mana pengguna duduk dan mengoptimalkan gambar dan suara yang sesuai. Perangkat kamera ini termasuk kontrol gerakan, video chat, dan masih banyak pengalaman baru dan menyenangkan yang menunggu untuk dijelajahi.

Dengan meningkatnya permintaan untuk layar TV yang lebih besar, ada juga risiko penggunaan sumber daya dan energi yang lebih besar. Namun, Sony berkomitmen terhadap keberlanjutan mulai dari proses pengembangan hingga pengalaman menonton.

Rencana lingkungan global "Road to Zero" Sony bertujuan untuk mencapai masyarakat yang berkelanjutan dengan mencapai nol jejak lingkungan di sepanjang siklus hidup produk dan aktivitas bisnisnya pada tahun 2050. Dengan mempertimbangkan tujuan ini, TV 2022 kami menggunakan konten plastik daur ulang yang tinggi dengan SORPLAS yang dikembangkan Sony.

Dengan menggunakan SORPLAS, Sony telah meningkatkan penggunaan bahan daur ulang tanpa mengorbankan desain dan daya tahan, serta mengurangi penggunaan plastik murni secara keseluruhan hingga 60%, yang setara dengan sekitar 140.000.000 compact discs. Selain itu, Bravia CAM Sony dapat mengetahui saat pengguna tidak berada di depan TV dan meredupkan layar untuk menghemat energi.

Keunggulan Utama Rangkaian Bravia XR 2022:

  • Cognitive Processor XR: Membawa penglihatan dan suara ke tingkat selanjutnya dengan Cognitive Processor XR. Prosesor revolusioner Sony di TV Sony Bravia XR mereproduksi konten seperti bagaimana manusia melihat dan mendengar untuk pengalaman yang sangat nyata. Gambar dianalisis silang dan ditingkatkan, terutama di sekitar titik fokus untuk memberikan kedalaman yang nyata, kontras luar biasa dan warna-warna cerah yang indah.
  • Acoustic Surface Audio+/Acoustic Multi-Audio: Untuk pengalaman audio/visual yang benar-benar nyata, fitur canggih ini memastikan bahwa suara selaras dengan apa yang ada di layar.
  • 360 Spatial Sound Personaliser: Dikombinasikan dengan TV Bravia XR, teknologi ini menawarkan pengalaman suara spasial yang dioptimalkan dengan sempurna untuk speaker neckband, seperti Sony SRS-NS7, serta headphone Sony tertentu, semua dengan konfigurasi minimal. Aplikasi khusus bahkan mempersonalisasi bidang suara sinematik dengan menganalisis bentuk telinga pengguna.
  • Bravia CAM6: Teknologi inovatif ini memastikan pengguna selalu mendapatkan tempat duduk terbaik di rumah dengan mengoptimalkan kualitas gambar dan suara. Bravia CAM juga menawarkan kontrol gerakan, video chat, dan masih banyak pengalaman baru dan menyenangkan lainnya.
  • Ambient Optimisation Pro: Pengguna dapat menghubungkan TV Bravia XR dengan Bravia CAM dan menikmati TV yang belum pernah ada sebelumnya. Bravia CAM dapat mengenali keberadaan pengguna di dalam ruangan dan seberapa jauh mereka dari TV, kemudian menyesuaikan pengaturan suara dan gambar agar tepat.
  • Google TV: Menyatukan lebih dari 700.000 film, acara, siaran langsung TV, dan lainnya dari aplikasi serta langganan dan mengaturnya dengan mulus. Temukan sesuatu untuk ditonton dengan mudah melalui rekomendasi yang dipersonalisasi dan bookmark acara serta film ke dalam satu Watchlist untuk mengetahui apa yang harus ditonton. Pengguna bahkan dapat menambahkan ke Watchlist mereka melalui ponsel ataupun laptop dengan Google Search.
  • Bravia CORE: Aplikasi Bravia CORE2 adalah layanan film preloaded yang memungkinkan penukaran hingga 10 feature film yang baru dirilis atau katalog dan streaming puluhan film tanpa batas hingga 24 bulan dengan pembelian TV Bravia XR. Dengan teknologi Bravia XR, Pure Stream dan IMAX Enhanced, konten disajikan dengan visual yang memukau dan kualitas suara yang ekspresif. Dengan mode Bravia CORE Calibrated, film akan secara otomatis menyesuaikan ke pengaturan gambar yang optimal untuk menciptakan pengalaman menonton film di rumah yang benar-benar luar biasa. Seiring waktu, pengalaman aplikasi akan diperkaya dengan fitur-fitur baru. Bravia CORE akan tersedia di televisi Bravia di lebih dari 75 negara pada tahun 2022.
  • Mode Netflix Adaptive Calibrated: Mode tampilan baru yang memanfaatkan sensor cahaya sekitar Bravia XR Sony untuk memastikan bahwa maksud artistik dipertahankan dalam semua kondisi pencahayaan. Kolaborasi erat Sony dengan Netflix pada fitur ini memungkinkan penonton untuk menikmati konten Netflix dengan warna yang tepat, kontras akurat dan gerakan nyata, baik konten tersebut dinikmati di lingkungan yang gelap atau terang1.
  • Sempurna untuk PlayStation5: Hubungkan TV Sony Bravia XR dengan konsol PlayStation5 untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang fantastis. Hanya TV Bravia XR yang secara otomatis menyesuaikan dan mengoptimalkan gambar ke pengaturan terbaik untuk konsol PlayStation5, baik digunakan untuk bermain game atau menonton film. Dengan gambar dan suara yang nyata, pengguna akan merasa seperti berada di tengah-tengah aksi. Dan dengan 4K/120fps, seperti yang ditentukan dalam HDMI 2.1, TV Sony memberikan gerakan yang halus dan jelas untuk gameplay yang responsif3.

Komitmen terhadap Keberlanjutan: Sony berkomitmen terhadap keberlanjutan mulai dari proses pengembangan hingga pengalaman menonton.

Tahun ini, model tertentu menggunakan SORPLAS yang dikembangkan Sony, 99% bahan plastik daur ulang yang telah mengurangi penggunaan jumlah plastik murni hingga 60%7.

Ukuran kemasan TV juga telah dikurangi sekitar 15% dan menunjukkan pengurangan tinta yang signifikan (sekitar 90%) dan plastik (sekitar 35%)8. Lebih lagi, Bravia CAM dapat mengetahui saat pengguna tidak lagi berada di depan TV dan meredupkan layar untuk menghemat energi.

Model TV Terbaru dari Sony dan Fitur Utamanya

Sony Bravia XR A80K. (Sony)
Sony Bravia XR A80K. (Sony)

Fitur-fitur dari TV OLED A80K [model kelas 77" (76.7" diag.), kelas 65" (64.5" diag.) dan kelas 55" (54.6" diag.)]:

  • Cognitive Processor XR mengerti bagaimana manusia melihat dan mendengar, menghadirkan pengalaman revolusioner yang benar-benar nyata kepada para penonton dalam konten favorit mereka.
  • XR OLED Contrast Pro menyesuaikan tingkat kecerahan yang lebih tinggi dan hitam yang lebih pekat, sedangkan XR Triluminos Pro menyediakan palet warna yang lebih luas untuk mereproduksi setiap warna sehingga tampak seperti yang terlihat di dunia nyata.
  • Mode Bravia CORE Calibrated2
  • Acoustic Surface Audio+ menggunakan aktuator khusus untuk mengubah layar menjadi speaker multi-channel sehingga suara selaras dengan apa yang ada di layar. TV mencakup tiga aktuator dan dua subwoofers. Dua aktuator didedikasikan untuk treble, sehinnga memperkuat lokalisasi suara dan surround sound.
  • Acoustic Center Sync mengoptimalkan output suara dari TV dan soundbar untuk pengalaman audio yang lebih baik11.
  • Aksesori Bravia CAM6 kompatibel dan Ambient Optimisation Pro.
  • Akses cepat ke berbagai konten dan layanan dengan Google TV13.
  • Kemampuan Suara bebas genggam.
  • Desain minimalis satu slate dengan Metal Flush Surface mencakup layar dalam satu panel kaca yang elegan dan membuat penonton tetap fokus pada gambar tanpa gangguan.

Penyangga tiga arah menyediakan tiga pilihan posisi, termasuk posisi sempit untuk tapak yang lebih kecil, posisi hero untuk menghilangkan gangguan dan posisi soundbar untuk meninggikan TV dan mengintegrasikan sistem soundbar.

TV X90K [model kelas 85" (84.6" diag.), kelas 75" (74.5" diag.), kelas 65" (64.5" diag.) dan kelas 55" (54.5" diag.)] 4K LED memiliki fitur:

  • Cognitive Processor XR mengerti bagaimana manusia melihat dan mendengar, menghadirkan pengalaman revolusioner yang benar-benar nyata kepada para penonton dalam konten favorit mereka.
  • Dikombinasikan dengan ketepatan panel Full Array LED, XR Triluminos Pro dan  XR Contrast Booster 10 menghasilkan realisme tertinggi dengan hitam pekat dan kecerahan yang intens dengan wider colour gamut.
  • Mode Bravia CORE Calibrated2
  • Acoustic Multi-Audio termasuk dua tweeter pemosisian suara, selain speaker dari TV, memungkinkan suara mengikuti pergerakan untuk pengalaman yang benar-benar nyata. Amplifier independen dikontrol secara terpisah untuk mengatur posisi suara speaker dengan tepat di area nada tinggi, meningkatkan tekanan suara dan stabilitas untuk realisme lebih.
  • Acoustic Center Sync mengoptimalkan output suara dari TV dan soundbar untuk pengalaman audio yang lebih baik11.
  • Aksesori Bravia CAM6 kompatibel dan Ambient Optimisation Pro15
  • Akses cepat ke berbagai konten dan layanan dengan Google TV13.
  • Remote Standar memiliki desain sederhana dan mudah digunakan serta dibersihkan.
  • Desain minimalis satu slate dengan flush surface memaksimalkan layar dan meminimalkan bezel, sehingga pengguna dapat tetap fokus pada hal yang penting, yaitu gambar.

Penyangga dua arah menyediakan pilihan posisi berdiri yang berbeda, termasuk posisi standar untuk menghilangkan gangguan dan posisi soundbar untuk meninggikan TV serta mengintegrasikan sistem soundbar.

Sony Bravia XR X90K. (Sony)
Sony Bravia XR X90K. (Sony)

Fitur-fitur TV X85K 85", 75", 65", dan 55" 4K LED:

  • 4K HDR Processor X1 mereproduksi lebih banyak kedalaman, tekstur, dan warna alami dengan teknologi remaster HDR berbasis objek.
  • Teknologi pemrosesan gambar 4K X-Reality PRO meningkatkan setiap piksel untuk kejernihan yang luar biasa. Teknik pengurangan kebisingan canggih dan database pola khusus memastikan setiap adegan penuh dengan detail yang nyata.
  • Panel 100Hz native
  • Triluminos Pro memperkaya pengalaman menonton dengan palet warna yang lebih luas serta nuansa warna yang lebih alami.
  • Speaker X-Balanced menghadirkan soundscape yang kuat dan nyata.
  • Aksesori Bravia CAM6 kompatibel dan Ambient Optimisation Pro15.
  • Akses cepat ke berbagai konten dan layanan dengan Google TV13.
  • Remote Standar memiliki desain sederhana dan mudah digunakan serta dibersihkan.
  • Flush surface memaksimalkan layar dan meminimalkan bezel, sehingga pengguna dapat tetap fokus pada hal yang penting, yaitu gambar.

Penyangga dua arah menyediakan pilihan posisi berdiri yang berbeda, termasuk posisi sempit untuk tapak yang lebih kecil dan posisi standar untuk menghilangkan gangguan.

Fitur-fitur TV X80K 75", 65", dan 55" 4K LED:

  • 4K HDR Processor X1 mereproduksi lebih banyak kedalaman, tekstur, dan warna alami dengan teknologi remaster HDR berbasis objek.
  • Teknologi pemrosesan gambar 4K X-Reality PRO meningkatkan setiap piksel untuk kejernihan yang luar biasa. Teknik pengurangan kebisingan canggih dan database pola khusus memastikan setiap adegan penuh dengan detail yang nyata.
  • Triluminos Pro memperkaya pengalaman menonton dengan palet warna yang lebih luas serta nuansa warna yang lebih alami.
  • Speaker X-Balanced menghadirkan soundscape yang kuat dan nyata.
  • Aksesori Bravia CAM6 kompatibel dan Ambient Optimisation Pro15.
  • Akses cepat ke berbagai konten dan layanan dengan Google TV13.
  • Remote Standar memiliki desain sederhana dan mudah digunakan serta dibersihkan.
  • Flush surface memaksimalkan layar dan meminimalkan bezel, sehingga pengguna dapat tetap fokus pada hal yang penting, yaitu gambar.

Penyangga dua arah menyediakan pilihan posisi berdiri yang berbeda, termasuk posisi sempit untuk tapak yang lebih kecil dan posisi standar untuk menghilangkan gangguan.

Itulah deretan fitur TV Sony Bravia XR terbaru lengkap dengan TV Sony 4K OLED.

Berita Terkait