Gadget

Seharga Mobil, Ini Keunggulan TV Sony Bravia XR Seri Tertinggi

Smart TV Sony Bravia XR seri tertinggi mengusung layar 85 inci beresolusi 8K.

Rezza Dwi Rachmanta

TV Sony Bravia XR seri Z9J 8K LED. (Sony Indonesia)
TV Sony Bravia XR seri Z9J 8K LED. (Sony Indonesia)

Hitekno.com - Sony telah resmi mengumumkan deretan smart TV BRAVIA XR dengan teknologi terbaru ke Indonesia. Seri tertinggi TV dari Bravia XR ditujukan untuk menyasar segmen kelas atas.

Perusahaan mengenalkan deretan TV Bravia XR termasuk X90J 4K LED, X95J 4K LED, A80J OLED, dan Z9J 8K LED. Seri yang disebutkan terakhir yaitu Z9J 8K LED dibanderol dengan harga tak main-main.

Harga TV Sony Bravia XR seri Z9J 8K LED dibanderol sebesar Rp 149.999.000. Menawarkan layar LCD berukuran 85 inci beresolusi 8K (7680 x 4320 piksel) dengan Full Array LED, smart TV Sony layaknya sebuah "bioskop mini" di dalam rumah.

Fitur yang tersemat melalui port HDMI 2.1 mendukung resolusi 4K/120 FPS dan 8K/60 FPS. Dibanderol seharga mobil, smart TV Sony terbaru menawarkan Dual Database Processing, XR 8K Upscaling, dan XR Super Resolution.

Perangkat turut dibekali speaker dengan konfigurasi Mid Range x2, Tweeter x4, dan Subwoofer x4. Semua smart TV BRAVIA XR akan memiliki kompatibilitas HDMI 2.1 dan e-ARC, termasuk 4K 120fps, Variable Refresh Rate (VRR), Auto Low Latency Mode (ALLM), mendukung resolusi dan frame rate yang lebih tinggi, sehingga ideal untuk gaming generasi selanjutnya.

TV Sony Bravia XR seri Z9J 8K LED. (Sony Indonesia)
TV Sony Bravia XR seri Z9J 8K LED. (Sony Indonesia)

Kazuteru Makiyama selaku President Director PT Sony Indonesia mengklaim bahwa layar pada TV Bravia didesain agar pengguna dapat melihat pemandangan mirip seperti aslinya.

"Didukung oleh Cognitive Processor XR, rangkaian TV ini akan memaksimalkan pengalaman menonton Anda, sebagaimana mata manusia melihat dan telinga manusia mendengarkan hal yang nyata. Kemudian TV ini juga dilengkapi dengan fitur Auto HDR Tone Mapping serta Auto Genre Picture Mode yang secara khusus didesain untuk PS5 agar Anda bisa merasakan pengalaman bermain game yang lebih responsif," kata Kazuteru Makiyama.

Smart TV Sony Bravia XR meluncur ke Indonesia. (Sony)
Smart TV Sony Bravia XR meluncur ke Indonesia. (Sony)

Ketika AI konvensional hanya dapat sekedar mendeteksi dan menganalisis elemen gambar, teknologi Cognitive Processor XR mampu menganalisis silang setiap titik fokus dan secara otomatis mempertajam titik tersebut secara simultan, persis seperti cara otak manusia bekerja, klaim perusahaan.

TV Sony Bravia XR seri Z9J 8K LED mengusung banyak fitur premium termasuk XR Picture, XR Colour, XR Triluminos Pro, XR HDR Remaster, XR Contrast Booster 15, XR Contrast, 8K XR Smoothing, 8K XR Super Resolution, XR Clarity, X-Anti Reflection, XR Motion Clarity, X-Wide Angle, dan XR Sound Position. Fitur XR Picture menawarkan gambar 8K yang diklaim lebih alami dan nyata.

Harga TV Sony Bravia XR seri Z9J 8K LED. (Sony Indonesia)
Harga TV Sony Bravia XR seri Z9J 8K LED. (Sony Indonesia)

"Prosesor revolusioner kami menggunakan analisis perspektif manusia untuk menganalisis silang dan mengoptimalkan ratusan ribu elemen dalam sekejap. Dipadukan dengan panel LED Full Array presisi, gambar muncul dari layar dengan hitam yang pekat dan cahaya sangat terang," tulis Sony Indonesia dalam laman resminya.

Beragam fitur "XR" dari smart TV anyar Sony dapat dilihat lebih rinci melalui link ini. Smart TV BRAVIA XR juga didukung oleh Google TV yang terhubung dengan hands-free Google Assistant untuk mengakses beragam tontonan menarik. Dibanderol Rp 150 juta, Sony Bravia XR seri Z9J 8K LED cocok bagi kalian yang ingin menikmati layar TV raksasa 8K di dalam rumah.

Berita Terkait