Gadget

Teliti sebelum Membeli, Ini Beda Smart TV dan Android TV

Kenali beda Smart TV dan Android TV.

Agung Pratnyawan

SHARP 42 Inci Android TV LED. (SHARP)
SHARP 42 Inci Android TV LED. (SHARP)

Hitekno.com - Jangan sampai salah pilih dan menyesal, ini adalah beda Smart TV dan Android TV yang layak kamu pahami sebelum memutuskan membeli TV baru. Meskipun keduanya terkesan mirip, namun ada perbedaan yang cukup signifikan antara Smart TV dan TV Android.

Membeli TV memang susah-susah gampang. Banyak di antara kita semua membeli TV hanya sekadar beli saja, asal TV sudah bisa menyala itu sudah cukup.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, membeli TV pun harus pintar-pintar. Sebab setiap jenis TV memberikan pelayanan yang berbeda.

Misalnya saja TV analog. Tentu saja jenis TV yang satu ini tidak bisa kamu sambungkan ke kabel WiFi untuk digunakan menonton YouTube seperti tren yang tengah booming saat ini.

Biasanya, Smart TV atau TV Android menjadi pilihan yang pas jika ingin kamu sambungkan dengan internet. 

Mengenai smart TV dan TV android, keduanya sangat mirip, kamu bahkan dapat mengatakan bahwa TV android pada kenyataannya adalah jenis Smart TV.

Namun, ada sedikit perbedaan antara smart TV dan TV android yang bisa membuat salah satu di antaranya lebih cocok untuk rumahmu dibandingkan dengan yang lain.

Smart TV Xiaomi Mi TV 4 32. (Mi.com)
Smart TV Xiaomi Mi TV 4 32. (Mi.com)

Inilah beda Smart TV dan Android TV yang perlu kamu tahu:

Smart TV

Smart Tv tidak hanya bisa digunakan untuk menonton tayangan televisi pada umumnya. Akan tetapi, Smart TV memberi opsi tayangan yang lebih banyak.

Wajar saja, Smart TV biasa juga disebut dengan internet TV atau sebuah televisi yang bisa tersambung ke jaringan internet.

Melalui jaringan internet inilah kamu bisa mengakses berbagai tontonan lain seperti YouTube, NetFlix, iFlix dan sebagainya.

Setiap perangkat smart TV juga telah dibekali dengan sistem operasi bawaan yang berbeda-beda. Smart TV milik Samsung hadir dengan sistem operasi Tizen, sementara smart TV LG menjalankan webOS, dengan toko aplikasinya masing-masing.

Sistem operasi inilah yang membedakan antara Smart TV dengan TV Android. Smart TV punya sistem operasi tersendiri, sehingga aplikasi yang bisa kamu download terbatas.

Kelebihan Smart TV:

  • Antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna.
  • TV menjadi satu, tidak perlu penyiapan.

Kekurangan Smart TV:

  • Kumpulan aplikasi terbatas.
  • Pembaruan firmware yang lebih jarang, sistem mungkin menjadi usang.

TV Android

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya TV Android memiliki sistem operasi Android sehingga kamu bisa mengakses PlayStore layaknya sebuah ponsel.

Dengan kelebihan tersebut, TV Android memungkinan kamu unyuk mendownload aplikasi yang sama dengan smartphone atau tablet pada umumnya.

Bukan hanya itu, beberapa TV Android juga menambahkan mikrofon ke remote TV mereka sehingga mereka dapat menggunakan Google Assistant karena semakin banyak orang yang mengajukan pertanyaan secara handsfree.

Kelebihan TV Android:

  • Perpustakaan aplikasi yang luas.
  • Pembaruan firmware dan aplikasi berkelanjutan. T
  • Terhubung dengan produk Google, seperti Google Play, Music, Movies, dan lain-lain. Google Assistant

Kekurangan TV Android:

  • Antarmuka yang lebih rumit, terutama jika tidak terbiasa dengan Android.
  • Produsen terbatas.

Itulah beberapa beda Smart TV dan Android TV yang perlu kamu tahu. Tentu saja pilihan akan tergantung dengan kebutuhanmu bukan?

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait