Gadget

Smart TV Sony Bravia XR Masuk ke Indonesia, Usung Teknologi Ini

Smart TV ini kompatibel serta memiliki fitur khusus untuk konsol PS5.

Rezza Dwi Rachmanta

Smart TV Sony Bravia XR meluncur ke Indonesia. (Sony)
Smart TV Sony Bravia XR meluncur ke Indonesia. (Sony)

Hitekno.com - Melalui acara yang digelar secara virtual hari ini (14/10/2021), Sony Indonesia meluncurkan deretan smart TV BRAVIA XR dengan teknologi terbaru. Perusahaan mengklaim bahwa ini adalah TV pertama di dunia dengan "kecerdasan kognitif".

Deretan TV Bravia XR yang dikenalkan termasuk X90J 4K LED, X95J 4K LED, A80J OLED, dan Z9J 8K LED. Perusahaan menjelaskan bahwa mereka mengembangkan smart TV yang kompatibel serta memiliki fitur khusus untuk konsol PS5.

Semua smart TV BRAVIA XR akan memiliki kompatibilitas HDMI 2.1 dan e-ARC, termasuk 4K 120fps, Variable Refresh Rate (VRR), Auto Low Latency Mode (ALLM), mendukung resolusi dan frame rate yang lebih tinggi, sehingga ideal untuk gaming generasi selanjutnya.

Kazuteru Makiyama selaku President Director PT Sony Indonesia mengklaim bahwa layar pada TV Bravia didesain agar pengguna dapat melihat pemandangan mirip seperti aslinya.

Keempat smart TV terbaru ini didukung oleh teknologi Cognitive Processor XR pertama di dunia serta sederet teknologi lainnya.

Smart TV Sony Bravia XR meluncur ke Indonesia. (Sony)
Smart TV Sony Bravia XR meluncur ke Indonesia. (Sony)

"Didukung oleh Cognitive Processor XR, rangkaian TV ini akan memaksimalkan pengalaman menonton Anda, sebagaimana mata manusia melihat dan telinga manusia mendengarkan hal yang nyata. Kemudian TV ini juga dilengkapi dengan fitur Auto HDR Tone Mapping serta Auto Genre Picture Mode yang secara khusus didesain untuk PS5 agar Anda bisa merasakan pengalaman bermain game yang lebih responsif," kata Kazuteru Makiyama.

Perusahaan turut membenamkan teknologi Sound-from-Picture Reality untuk memberikan kualitas audio yang lebih nyata.

Ketika AI konvensional hanya dapat sekedar mendeteksi dan menganalisis elemen gambar, teknologi Cognitive Processor XR mampu menganalisis silang setiap titik fokus dan secara otomatis mempertajam titik tersebut secara simultan, persis seperti cara otak manusia bekerja.

Kemampuan Cognitive Processor XR dalam menghasilkan gambar seperti aslinya. (Sony)
Kemampuan Cognitive Processor XR dalam menghasilkan gambar seperti aslinya. (Sony)

Selanjutnya, kehadiran XR Clarity yang didukung teknologi Cognitive Processor XR akan menciptakan tekstur dan detail untuk gambar yang terlihat seperti aslinya.

Pengguna dapat memaksimalkan pengalaman streaming konten Netflix di rumah dengan resolusi mendekati 4K melalui XR 4K Upscaling pada TV X90J, X95J, dan A80J, serta resolusi 8K melalui XR 8K Upscaling pada TV Z9J.

Satu hal lagi yang menyempurnakan rangkaian TV BRAVIA XR adalah kehadiran fitur spesifik yang didesain untuk menghadirkan pengalaman bermain PS5 yang lebih optimal.

Melalui fitur Auto HDR Tone Mapping serta Auto Genre Picture Mode, yang mendukung kompatibilitas HDMI 2.1 untuk resolusi dan frame rate tinggi 4K 120fps, para pengguna akan mendapatkan pengalaman gaming yang diklaim lebih nyata.

Bravia XR mendukung fitur khusus PS5. (Sony)
Bravia XR mendukung fitur khusus PS5. (Sony)

Keempat smart TV BRAVIA XR juga didukung oleh Google TV yang terhubung dengan hands-free Google Assistant untuk mengakses beragam tontonan menarik.

Rangkaian TV BRAVIA XR tersertifikasi IMAX Enhanced TV, sehingga dapat menghadirkan pengalaman IMAX Theater di rumah dan terhubung dengan seluruh layanan streaming bersertifikat IMAX. Para pengguna setia Sony dapat menikmati keempat seri smart TV BRAVIA XR terbaru ini dengan harga mulai dari Rp 16.999.000.

Berita Terkait