Gadget

Didesain untuk Vlogger, Berapa Harga Sony Alpha ZV-E10 di Indonesia?

Seperti apa kamera Sony Alpha ZV-E10 ini? Berapa harganya?

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Sony Alpha ZV-E10. (Sony)
Sony Alpha ZV-E10. (Sony)

Hitekno.com - Sony Indonesia kembalu meluncurkan kamera terbarunya di Tanah Air. Kali ini ada Sony Alpha ZV-E10, kamera yang didesain untuk para vlogger berkarja.

Masuk seri Alpha, kamera Sony ini memiliki teknologi pencitraan yang terdepan dari Sony, sensor APS-C yang menghasilkan performa foto dan video berkualitas tinggi. Keserbagunaan kreatif dengan beragam fungsi yang dioptimalkan membuat kamera ini cocok untuk semua vlogger. 

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, "Kami menilai bahwa diperlukan cara baru dalam memperlihatkan serta menyalurkan karya secara lebih kreatif, seru, dan ekspresif. Maka dari itu, kami sangat antusias untuk memperkenalkan kamera seri Alpha terbaru yang secara khusus didesain untuk para vlogger. Alpha ZV-E10 adalah kamera mirrorless dengan sensor besar – APS-C Exmor CMOS yang didesain untuk memudahkan penggunanya dalam berkreasi secara maksimal. Kamera ini juga memungkinkan para pengguna untuk mengganti-ganti lensa dengan mudah, sesuai dengan kebutuhan, agar dapat berkarya secara maksimal. Alpha ZV-E10 sangat cocok bagi para vlogger yang ingin beralih pada pengaturan yang lebih canggih, namun memiliki fitur yang mudah digunakan".

Harga dan Ketersediaan

Sony Alpha ZV-E10 akan hadir di Indonesia pada bulan November 2021 dengan harga Rp10.999.000. Harga tersebut sudah termasuk dengan lensa kit 16-50 mm, serta tersedia dalam warna hitam dan putih. Anda juga bisa mendapatkan kamera Sony Alpha ZV-E10 melalui pre-order pada tanggal 29 September 2021 hingga 17 Oktober 2021.

Dengan mengikuti pre-order, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berupa program purchase with purchase spesial untuk produk Shooting Grip GP-VPT2BT seharga Rp1.199.000 dan microphone ECM-W2BT seharga Rp3.399.000 yang bisa didapatkan bersamaan dengan Pre-Order Alpha ZV-E10.  

Peluncuran Sony Alpha ZV-E10. (Sony)
Peluncuran Sony Alpha ZV-E10. (Sony)

Fitur dan Spesifikasi Alpha Sony ZV-E10

Kamera Sony Alpha ZV-E10 dilengkapi sensor CMOS Exmor APS-C dengan 24,2-megapiksel (perkiraan efektif) dan mesin pemrosesan gambar BIONZ X untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan sensitivitas tinggi, penggambaran tekstur detail, serta bokeh natural yang indah.

Selain itu, Sony Alpha ZV-E10 memiliki fitur khusus video yang telah diakui dan disukai di kamera digital populer ZV-1, termasuk "Background Defocus" yang dapat beralih antara latar belakang buram (bokeh) dan tajam dengan mulus, serta mode "Product Showcase Setting" yang memungkinkan kamera mengalihkan fokus dari wajah subjek ke objek yang disorot secara otomatis.

Kamera Alpha ZV-E10 menampilkan desain video-first dalam bentuk yang ringan (sekitar 12 oz. / 343g) dan dilengkapi dengan Layar LCD Vari-angle bukaan samping yang populer sehingga memungkinkan para vlogger untuk menghubungkan mikrofon eksternal di atas kamera.

Hal ini memudahkan pengguna dalam pengaturan kamera sekaligus memungkinkan mereka untuk melihat layar dalam mode pengambilan gambar selfie, serta dari sudut tinggi dan rendah.

Selain layar, kamera Sony Alpha ZV-E10 juga didukung dengan berbagai fungsi lain yang mudah digunakan dan dirancang khusus untuk foto dan video, termasuk tombol Still/Movie/Slow dan Quick motion baru yang terletak di atas kamera, sehingga mempermudah vlogger untuk mengubah antara mode pengambilan gambar yang diinginkan dengan satu sentuhan.

Kamera terbaru ini juga memiliki fitur video terdepan, seperti perekaman video 4K dan Slow Motion dengan gambar berkualitas tinggi (FHD 120p). Stabilisasi gambar elektronik dengan Mode Aktif juga tersedia dan menghadirkan perekaman video yang stabil, bahkan pada saat berjalan dan pengambilan gambar dengan tangan.

Lebih lagi, teknologi AF (autofokus) canggih dari Alpha ZV-E10 memberikan AF yang cepat dan tepat dengan performa pelacakan yang sangat baik, serta audio berkualitas tinggi untuk perekaman suara yang jernih.

Sony Alpha ZV-E10. (Sony)
Sony Alpha ZV-E10. (Sony)

Keserbagunaan Kreatif

Kamera dengan Lensa yang Dapat Ditukar untuk Ekspresi Kreatif yang Lebih Luas

Sony Alpha ZV-E10 memungkinkan pengguna untuk memperluas ekspresi kreatif dengan memanfaatkan lensa ideal untuk setiap pengambilan gambar yang diinginkan. Pengguna dapat memilih lensa yang sempurna berdasarkan visi kreatif mereka melalui berbagai macam lensa yang kompatibel dalam jajaran lensa E-mount Sony.

Autofokus terdepan

Teknologi AF Sony yang terdepan di industri memungkinkan pengguna untuk menyerahkan tugas pemfokusan ke kamera, sehingga mereka dapat berkonsentrasi dalam menyusun pengambilan gambar.

Berkat adanya Fast Hybrid AF dan Real-time Eye AF untuk video, serta Real-time Tracking, Alpha ZV-E10 dapat melacak wajah dan mata subjek untuk pemfokusan otomatis yang cepat dan tepat, bahkan pada saat pengambilan gambar on-the-go dan di situasi yang menantang.

Pengguna juga dapat menyesuaikan pengaturan AF kamera, seperti AF Transition Speed dan AF Subject Shift Sensitivity, untuk memilih antara pemfokusan cepat atau pemfokusan lambat sesuai dengan preferensi kreatif mereka.

Selain itu, fungsi Touch Focus pada kamera Sony Alpha ZV-E10 memungkinkan pengguna untuk secara intuitif mengatur posisi fokus dalam gambar diam hanya dengan menyentuh layar. Dengan satu ketukan, pengguna dapat langsung mengalihkan posisi fokus ke subjek di pinggiran gambar. Fungsi ini tersedia dalam mode foto dan video.

Sony Alpha ZV-E10. (Sony)
Sony Alpha ZV-E10. (Sony)

Audio Berkualitas Tinggi

Teknologi terdepan Sony memungkinkan Alpha ZV-E10 untuk menangkap rekaman suara sebening kristal yang menangkap suara pembicara dengan jelas, berkat Directional 3-Capsule Mic internal dan wind screen untuk mengurangi kebisingan angin secara signifikan.

Memperluas pilihan audio, Alpha ZV-E10 didukung dengan interface audio Digital melalui Multi Interface (MI) Shoe Cap dan jack mikrofon untuk menghubungkan mikrofon eksternal. Berkat adanya jack headphone, pengguna dapat menghubungkan headphone untuk memantau rekaman suara secara akurat. Waktu output audio juga dapat diatur untuk Live atau Lip Sync.

Mengutamakan Subjek

Menggunakan algoritma Face Priority AE (autoexposure) asli yang mampu melakukan transisi AE yang cepat, Sony Alpha ZV-E10 secara otomatis mengoreksi pencahayaan, sehingga wajah subjek tidak terlalu terang maupun terlalu gelap ketika gambar diambil dalam pengaturan berbeda dengan perubahan cahaya yang dramatis.

Hal ini memungkinkan kamera mendeteksi wajah subjek dan menyesuaikan pencahayaan untuk memastikan bahwa wajah digambarkan pada kecerahan optimal, bahkan saat pengambilan gambar selfie dalam pemandangan dengan perubahan pencahayaan yang ekstrem, dan bahkan jika wajah subjek berpaling sesaat dari kamera.

Lebih lagi, kamera ini memiliki kemampuan pengenalan warna canggih yang sama dengan kamera ZV-1 yang terkenal untuk mengoptimalkan warna kulit pada subjek apa pun baik dalam mode foto maupun video.

Sony Alpha ZV-E10. (Sony)
Sony Alpha ZV-E10. (Sony)

Dirancang untuk Vlogger

Kamera terbaru Alpha ZV-E10 direkomendasikan untuk vlogger yang ingin merekam beragam ekspresi dengan fitur lensa yang dapat ditukar. Pengguna dapat dengan nyaman mengoperasikan kamera terbaru Alpha ZV-E10 berkat grip bodi yang mudah dipegang dan tombol MOVIE besar yang terletak di bagian atas kamera.

Saat dipasangkan dengan Shooting Grip opsional dengan Wireless Remote Commander (GP-VPT2BT, dijual terpisah), pengambilan gambar satu tangan disederhanakan dengan kemudahan akses zoom, record dan tombol yang dapat disesuaikan. Lampu perekaman (tally light) juga tersedia di bagian depan bodi untuk indikasi status perekaman. Frame merah pada layar LCD juga muncul saat perekaman untuk memberitahu pengguna dengan cepat dan mudah jika perekaman aktif saat berada di belakang kamera.

Fitur unik Sony Alpha ZV-E10 adalah tuas zoom yang dapat mengoperasikan zoom optik dengan lensa power zoom dan zoom Clear Image dengan lensa prime. Saat memasangkan kamera dengan lensa prime, pengguna dapat melakukan zoom tanpa kehilangan resolusi video guna mempertahankan video 4K penuh. Pengguna juga dapat memilih dari 8 pengaturan kecepatan zoom untuk menambah fleksibilitas kreatif.

Kamera Sony Alpha ZV-E10 dilengkapi dengan performa baterai yang tahan lama dengan daya yang cukup untuk pengambilan gambar hingga 125 menit atau 440 gambar dengan pengisian daya penuh, sehingga pengguna dapat merekam untuk waktu yang lama tanpa khawatir.

Saat pengambilan gambar di dalam ruangan, catu daya AC seperti AC-PW20AM opsional dapat mengisi daya, sehingga pengguna dapat terus merekam tanpa mengkhawatirkan konsumsi baterai. Daya juga dapat disuplai melalui konektor USB Type-C, memungkinkan baterai eksternal memberi daya pada kamera untuk memperpanjang masa pakai baterai saat pengambilan gambar on the go.

Untuk menghemat baterai kamera, Layar LCD Vari-angle milik Alpha ZV-E10 memungkinkan pengguna untuk menempatkan kamera pada mode hemat Daya dengan menutupnya dan langsung melakukan pengambilan gambar dengan membuka panel.

Berita Terkait