Gadget

Penjelasan Fitur Baru di WhatsApp, Termasuk React dengan Emoji

Terdapat setidaknya empat fitur baru di WhatsApp pada update awal Juli 2022.

Rezza Dwi Rachmanta

Fitur baru di WhatsApp. (WhatsApp)
Fitur baru di WhatsApp. (WhatsApp)

Hitekno.com - Meta resmi mengenalkan dereran fitur baru di WhatApp termasuk React dengan emoji. Terdapat setidaknya empat fitur baru yang digulirkan pada update di awal Juli 2022.

Dikutip dari blog resmi WhatsApp, React kini menjadi lebih baik dengan keyboard emoji lengkap termasuk fitur untuk mengubah opsi warna kulit.

"Dengan senang hati kami sampaikan bahwa reaksi emoji sekarang tersedia di versi terbaru aplikasi. Reaksinya menyenangkan, cepat, dan juga mengurangi kelebihan beban dalam kelompok. Kami akan terus meningkatkannya dengan menambahkan lebih banyak ekspresi di masa mendatang," bunyi pernyataan dari perusahaan.

Pengguna kini dapat mengirim file dalam WhatsApp hingga ukuran 2 GB. Ini merupakan peningkatan dari batas sebelumnya yang hanya 100 MB.

Beberapa fitur baru yang ada di WhatsApp termasuk Reactions -Emoji (dengan emoji), Admin Delete, File Sharing (up to 2 GB), dan Larger Voice Calls. Berikut penjelasan fiturnya:

Fitur React di WhatsApp. (WhatsApp)
Fitur React di WhatsApp. (WhatsApp)

 

  • Reactions - Emoji: fitur ini hadir di WhatsApp sehingga orang-orang dapat dengan cepat membagikan pendapat mereka tanpa membanjiri obrolan dengan pesan baru. Pengguna dapat memilih emoji sesuai preferensi mereka (setiap emoji memiliki arti tersendiri).
  • Admin Delete - Group: pengguna yang bertindak admin grup dapat menghapus pesan yang salah atau bermasalah dari obrolan semua orang.
  • File Sharing: Fitur File Sharing ditingkatkan sehingga pengguna dapat berbagi file hingga 2 GB. Ini memungkinkan pengguna mengirim file berukuran besar.
  • Larger Voice Calls: WhatsApp memperkenalkan panggilan suara satu ketukan hingga 32 orang dengan semua desain baru untuk berbicara secara langsung.

Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa fitur Reactions di WhatsApp telah diperbarui dengan pilihan keyboard emoji lengkap. Mark menjelaskan, "Kami meluncurkan fitur untuk menggunakan emoji apa pun sebagai reaksi di WhatsApp" sambil membagikan beberapa emoji favoritnya.

Menyambut perayaan Hari Emoji Sedunia (17 Juli), kini semua orang dapat menggunakan emoji apa pun untuk merespons pesan di WhatsApp dan membuat percakapan menjadi lebih menyenangkan dan ekspresif.

WhatsApp bekerja sama dengan Emojipedia, inisiator Hari Emoji Sedunia, untuk menjelaskan arti dari beberapa emoji yang sering digunakan tetapi seringkali disalahartikan karena memiliki arti multitafsir. Berikut penjelasan arti emoji di fitur WhatsApp Reactions:

Emoji di Fitur React WhatsApp. (WhatsApp)
Emoji di Fitur React WhatsApp. (WhatsApp)

1. Wajah Meleleh adalah emoji baru dan sangat populer yang mengarah pada sarkasme – ketika seseorang seperti terpaksa untuk mempertahankan senyumnya. Emoji ini dapat Anda gunakan ketika Anda benar-benar merasa letih, kepanasan, (seperti ) atau ketika Anda merasa malu dan canggung. Bagaimanapun Anda memilih untuk menggunakan emoji ini, wajah meleleh dipastikan menjadi salah satu reaksi populer di WhatsApp musim panas ini.

2. Topi biru. Dalam bahasa Inggris, emoji ini dibaca sebagai ungkapan ‘cap’ atau ‘capping’ dan digunakan ketika menanggapi seseorang yang berbohong atau tidak jujur. Jika seseorang merespons pesan Anda dengan emoji ini, kemungkinan besar mereka merasa Anda sedang tidak jujur dan tidak dapat dipercaya.

3. Tengkorak biasanya mengungkapkan kiasan kematian, dan kini sering digunakan untuk bereaksi terhadap pesan yang sangat lucu yaitu "mati karena tertawa". Meskipun sekilas terlihat menyeramkan, emoji tengkorak sengaja digunakan sebagai alternatif dari tertawa hingga menangis atau tertawa terpingkal pingkal.

4. Menangis Hebat dan Muntah mungkin terlihat berlebihan pada awalnya, tetapi emoji melodramatis ini dapat digunakan untuk mengekspresikan reaksi positif yang sangat ekspresif. Menangis Hebat karena diliputi oleh haru dan kegembiraan, serta Muntah karena rasa kewalahan yang berasal dari kegembiraan, keterkejutan, atau kekaguman.

5. Wajah Memelas Berkaca-kaca dapat digunakan dalam banyak cara karena emoji ini dapat memberikan kesan meminta tolong, memohon, atau meminta belas kasihan. Sering disalahartikan sebagai simbol malu, emoji ini juga dapat mewakili ungkapan terima kasih dan perasaan tersentuh oleh gerakan yang penuh kasih.

6. Sepasang Mata. Emoji ini terkadang digunakan untuk menunjukkan makna tersembunyi di balik pesan/konten yang diunggah; atau 'mata licik' untuk menyampaikan kecurigaan atau keterkejutan.

Fitur React di WhatsApp. (WhatsApp)
Fitur React di WhatsApp. (WhatsApp)

Itulah tadi penjelasan fitur baru di WhatsApp dan arti emoji di fitur React, tertarik menggunakannya?

Berita Terkait