Gadget

iPhone Masih Berfungsi Setelah 10 Bulan Jatuh ke Sungai

Ternyata ini yang membuat iPhone tersebut tak rusak meski sepuluh bulan di tenggelam di sungai.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi iPhone. (unsplash/Frederik Lipfert)
Ilustrasi iPhone. (unsplash/Frederik Lipfert)

Hitekno.com - iPhone kembali membuktikan kualitasnya. Bagaimana tidak, kejadian baru-baru ini menunjukkan jika produk buatan perusahaaan Apple tersebut masih berfungsi meskipun sudah 10 bulan jatuh ke sungai.

Ada beberapa kasus smartphone jatuh ke sungai yang tidak pernah terlihat lagi. Jikapun perangkat ditemukan, maka kondisi tak akan sebaik semula.

Tentu smartphone tersebut akan mengalami kerusakan hardware yang membuatnya mati total.

Namun, pengguna masih memiliki sedikit harapan jika smartphone yang mereka gunakan tahan air dan debu IP68. Itupun dengan catatan hanya masuk ke dalam air beberapa jam.

Tapi bagaimana jika ada sebuah smartphone yang sudah 10 bulan jatuh ke dalam sungai? rusak? harusnya demikian. Tapi iPhone memang beda, berkat IP68 yang membuktikan tahan air dan debu.

Dilansir dari Gizchina, seorang pria Inggris bernama Davies berada di sebuah pesta pada Agustus tahun lalu ketika dia secara tidak sengaja menjatuhkan iPhone miliknya ke sungai.

Karena tak meu ribet, Davies tidak pernah berpikir untuk mencari smartphone tersebut ke dasar sungai.

iPhone Masih Berfungsi Setelah 10 Bulan Jatuh ke Sungai. (mydrivers via GizChina)
iPhone Masih Berfungsi Setelah 10 Bulan Jatuh ke Sungai. (mydrivers via GizChina)

Pada awal Juni 2022, Miguel Pacheco yang merupakan seorang penyelam, menemukan sebuah iPhone di dasar sungai ketika sedang berekspedisi.

Pada awalnya, Pacheco tidak terlalu berharap pada perangkat tersebut, dan dia menggunakan kompresor udara untuk mengeringkannya.

Di luar dugaan, smartphonenya tersebut ternyata masih mengisi daya dan setelah dijemur selama 24 jam, perangkat tetap menyala.

Wallpaper smartphone adalah foto pria dan wanita dan menunjukkan tanggal perangkat jatuh ke air yakni pada 13 Agustus 2021.

Pacheco kemudian memposting foto itu di media sosial berharap menemukan pemiliknya.

Temannya Davies yang tidak diketahui namanya, mengenali iPhone setelah foto itu dibagikan lebih dari 4.000 kali. 

Davies akhirnya menemukan smartphonenya yang telah jatuh ke sungai 10 bulan yang lalu dalam kondisi yang masih hidup dan baik-baik saja.

Namun hal tersebu wajar, Apple telah membekali iPhonenya dengan beberapa setifikat ketahanan.

Generasi iPhone terbaru diberi teknologi IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air. Tapi biasanya, smartphone hanya akan bertahan 30 menit saja.

Tapi kejadian yang menimpa Davies ini menakjubkan. iPhone miliknya tetap bisa bekerja normal meski sudah tenggelam 10 bulan.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait