Gadget

WWDC 2022: Ini Deretan Fitur Baru pada iOS 16

Petinggi Apple mengklaim bahwa iOS 16 dapat mengubah cara pengguna dalam menikmati iPhone.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi iOS 16. (Apple)
Ilustrasi iOS 16. (Apple)

Hitekno.com - Worldwide Developers Conference 2022 (WWDC 2022) dari Apple berlangsung pada 6 hingga 10 Juni mendatang. Perusahaan telah mengenalkan iOS 16 dan beragam fitur baru di dalamnya.

Versi lengkap iOS 16 akan memulai debut pada HP flagship Apple. Penampilan pertama iOS 16 bisa memberikan beberapa petunjuk tentang apa yang telah direncanakan Apple untuk iPhone 14 series pada akhir tahun 2022.

Menurut laporan Tom'sGuide, iOS 16 membawa serangkaian penyegaran pada menu Lock Screen, Message, iOS 16 Focus, Wallet, Map, Live Text & Visual Lookup, Family Sharing & Photos serta Safety Check.

"iOS 16 adalah rilis besar dengan pembaruan yang akan mengubah cara Anda menikmati iPhone," kata Craig Federighi selaku Senior Vice President of Software Engineering Apple dikutip dari laman resmi perusahaan.

Lock Screen kini menjadi lebih pribadi dengan penampilan yang bisa dipersonalisasi. Dengan efek berlapis-lapis, subjek foto dapat diatur di depan jam sehingga menampilkan kesan lebih mendalam.

Fitur baru pada Lock Screen di iOS 16. (Apple)
Fitur baru pada Lock Screen di iOS 16. (Apple)

Pengguna juga dapat mengubah tampilan tanggal dan waktu dengan gaya tipe ekspresif serta pilihan warna. Live Activities adalah fitur baru yang membantu pengguna untuk mengetahui hal-hal yang terjadi secara real time.

Pengguna bisa memantau permainan olahraga, ride-sharing, pesan antar makanan secara langsung melalui Lock Screen.

Focus

Fokus kini lebih kuat, lebih mudah diatur, dan sekarang terhubung ke Lock Screen. Ini menawarkan pengguna sebuah cara untuk mengikat wallpaper dan widget ke Focus tertentu.

Untuk mengaktifkan Focus, pengguna cukup melakukan swipe pada Lock Screen. Dengan filter Focus, aplikasi seperti Calendar, Mail, Message, dan Safari hanya dapat menampilkan konten yang relevan dengan Fokus pengguna, membantu mereka menemukan keseimbangan yang lebih baik.

Message atau pesan

Pengguna kini bisa mengedit atau mengingat pesan yang baru dikirim, memulihkan pesan yang baru dihapus. Mereka dapat menandai percakapan sebagai belum dibaca sehingga pengguna dapat kembali lagi ketika memiliki waktu luang.

Selain itu, SharePlay akan hadir di Message, memungkinkan untuk menikmati konten yang disinkronkan seperti film atau lagu dan kontrol pemutaran bersama sambil mengobrol di Message.

iCloud Shared Photo Library

Shared Library pada iOS 16. (Apple)
Shared Library pada iOS 16. (Apple)

 

Apple menyediakan satu tempat khusus untuk foto keluarga. iCloud Shared Photo Library memberi keluarga cara baru untuk berbagi foto tanpa hambatan dengan perpustakaan iCloud terpisah yang dapat dikolaborasikan, dikontribusikan, dan dinikmati hingga enam pengguna.

Pengguna dapat memilih untuk membagikan foto yang ada dari perpustakaan pribadi mereka, atau berbagi berdasarkan tanggal mulai atau orang-orang di dalam foto.

Wallet

Wallet pada iOS 16. (Apple)
Wallet pada iOS 16. (Apple)

 

Wallet Menambahkan Apple Pay Later, pelacakan pesanan, dan fitur lainnya. Kunci dan ID di Wallet kini mendapatkan dukungan yang diperluas. Pengguna dapat menggunakan ID mereka di Wallet untuk aplikasi yang memerlukan verifikasi identitas dan usia.

Untuk memastikan pengalaman pribadi dan aman, hanya informasi yang diperlukan untuk transaksi yang akan diberikan akses ke aplikasi, dan pengguna dapat meninjau serta menyetujui untuk membagikannya menggunakan Face ID atau Touch ID. Selain itu, pengguna dapat membagikan kunci rumah, hotel, kantor, dan mobil mereka dengan aman di Wallet melalui aplikasi perpesanan, termasuk Message, Mail, dan lainnya.

Live Text & Visual Lookup

Fitur baru pada Visual Lookup memungkinkan pengguna mengetuk dan menahan subjek gambar untuk mengangkatnya dari latar belakang dan menempatkannya di aplikasi seperti Message. (Apple)
Fitur baru pada Visual Lookup memungkinkan pengguna mengetuk dan menahan subjek gambar untuk mengangkatnya dari latar belakang dan menempatkannya di aplikasi seperti Message. (Apple)

 

Live Text menggunakan kecerdasan pada perangkat untuk mengenali teks dalam gambar di seluruh iOS. Kini fiturnya diperluas sehingga menyertakan video. Pengguna dapat menjeda video pada bingkai apa pun dan berinteraksi dengan teks.

Live Text juga menambahkan kemampuan bagi pengguna untuk mengonversi mata uang dan menerjemahkan teks dengan cepat. Visual Look Up mengambil foto lebih jauh dengan memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengetuk dan menahan subjek gambar untuk mengangkatnya dari latar belakang dan menempatkannya di aplikasi seperti Message. Fitur ini turut diperluas untuk mengenali burung, serangga, dan patung.

Apple Maps

Apple Maps memperkenalkan perutean multistop, sehingga pengguna dapat merencanakan hingga 15 pemberhentian sebelumnya dan secara otomatis menyinkronkan rute dari Mac ke iPhone saat mereka siap berangkat.

Fitur peta memberikan pembaruan transit kepada pengguna, memudahkan pengendara untuk melihat berapa biaya perjalanan, menambahkan kartu transit ke Wallet, melihat saldo, dan mengisi kembali kartu transit. Mereka dapat melakukan hal tersebut tanpa meninggalkan Maps. Itulah tadi deretan fitur baru pada iOS 16 yang dikenalkan saat WWDC 2022, bagaimana pendapat kalian?

Berita Terkait