Gadget

Tutorial Cara Menggunakan AirDrop di iPhone Baru maupun Lama

Mudah dan praktis, ini cara menggunakan AirDrop di iPhone.

Agung Pratnyawan

Apple AirDrop di iPhone. (Apple)
Apple AirDrop di iPhone. (Apple)

Hitekno.com - Cara menggunakan AirDrop di iPhone bisa membantu pengguna iPhone jika ingin berkirim file. Berikut ini tim HiTekno.com telah merangkum tutorial iPhone bagaimana cara menggunakan AirDrop dengan mudah.

AirDrop merupakan layanan ad-hoc yang terdapat pada sistem operasi iOS dan macOS Apple Inc, fungsinya sebagai pengirim data foto, video, situs web, lokasi, dan lainnya secara nirkabel ke perangkat keluaran Apple.

Fitur ini kerap dimanfaatkan untuk mentransfer foto, video, dokumen atau file lain antar perangkat Apple, termasuk iPhone, iPad dan Mac.

Apple menciptakan konektivitas Wi-Fi peer-to-peer antara dua perangkat dalam pertukaran AirDrops. Perangkat ini saling berhubungan tanpa perlu menggunakan koneksi internet yang sama.
 
Untuk menggunakan AirDrops, kedua perangkat harus mengaktifkan fitur Wi-Fi dan Bluetooth. Untuk menggunakan AirDrop, kamu membutuhkan iPhone berjalan minimal di iOS 7.

Ilustrasi AirDrop. (Unsplash/Miguel Tomás)
Ilustrasi AirDrop. (Unsplash/Miguel Tomás)

Berikut cara menggunakan AirDrop di iPhone yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara menggunakan AirDrop di iPhone

  • Untuk mengaktifkan AirDrop, geser ke atas dari bagian bawah layar iPhone.
  • kamu akan dibawa ke tampilan Control Center.
  • Tekan dan tahan tombol WiFi. Cara ini akan membuka folder WiFi di Control Center.
  • Lalu ketuk AirDrop.
  • Ketuk gambar profil penggunanya di bagian atas layar. Atau kamu dapat menggunakan AirDrop antar-perangkat Apple kamu sendiri.
  • Jika kamu melihat lencana dengan angka berwarna merah pada tombol AirDrop, artinya ada beberapa perangkat di sekitar yang dapat kamu ajak berbagi.
  • Ketuk tombol AirDrop, lalu ketuk pengguna yang ingin kamu ajak berbagi.
  • Tunggu hingga penerima klik 'Terima/Accept' ketika ada permintaan file masuk dari AirDrop.

Itulah cara menggunakan AirDrop di iPhone yang bisa kamu coba. Sekarang mengirim file antar perangkat Apple jauh lebih mudah dan praktis. Selamat mencoba tutorial iPhone di atas.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait