Gadget

Samsung Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4 Diprediksi Meluncur di Tanggal Ini

HP lipat premium Samsung siap meluncur pada kuartal ketiga 2022.

Rezza Dwi Rachmanta

Samsung Galaxy Z Fold3 5G. (Samsung)
Samsung Galaxy Z Fold3 5G. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung memiliki penjualan HP lipat dan ponsel premium yang cukup mengesankan. Perusahaan diprediksi dapat merilis Samsung Galaxy Z Fold4 dan Galaxy Z Flip4 pada kuartal ketiga 2022.

Sebagai informasi, Samsung Galaxy Z Fold3 debut pertama kali pada Agustus 2021. Jika memperhatikan siklus tahunan, HP lipat generasi penerus diharapkan datang pada Agustus - September 2022.

Leaker bernama Jon Prosser memprediksi bahwa Samsung Galaxy Z Fold4 dan Galaxy Z Flip4 dapat meluncur pada 10 Agustus 2022.

Itu adalah tanggal perilisan pertama dan pengumuman pre-order. Penjualan komersial akan dimulai pada 26 Agustus 2022, sekitar dua minggu setelah pengumuman awal.

Dikutip dari GSMArena, Samsung Galaxy Z Fold4 akan tiba dalam varian warna Phantom Black, Green, dan Beige.

Bocoran perilisan HP flagship Samsung. (Twitter/ jon_prosser)
Bocoran perilisan HP flagship Samsung. (Twitter/ jon_prosser)

Sementara itu, Galaxy Z Flip4 bakal tersedia dalam warna Graphite, Bora Purple, Pink Gold, dan Blue. Kita juga akan melihat Samsung Galaxy S22 khusus dalam warna Lavender.

Prediksi Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold4

Menurut leaker lain bernama Yogesh Brar, Samsung Galaxy Z Fold4 akan mengusung layar AMOLED QXGA 7,6 inci dengan kecepatan refresh 120 Hz. Ponsel turut membawa layar cover AMOLED berukuran 6,2 inci dengan resolusi HD+ dan kecepatan refresh 120 Hz.

Samsung Galaxy Z Fold4 diprediksi membawa dapur pacu octa-core Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 dengan opsi RAM 12 GB dan 16 GB. Terdapat dua varian memori yaitu 256 GB dan 512 GB.

Samsung Galaxy Z Fold3. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy Z Fold3. (Samsung Indonesia)

Yogesh Brar mengklaim bahwa HP lipat terbaru Samsung dapat membawa sensor kamera primer 50 MP. Ini cukup berbeda dibanding bocoran sebelumnya yang menyebutkan sensor kamera 108 MP.

Samsung Galaxy Z Fold4 juga memiliki kamera bawah layar 16 megapiksel. Ini adalah peningkatan yang signifikan dari kamera di bawah layar 4 megapiksel yang tersedia pada model tahun lalu.

Prediksi Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip4

Bocoran casing Samsung Galaxy Z Flip4. (Twitter/ UniverseIce)
Bocoran casing Samsung Galaxy Z Flip4. (Twitter/ UniverseIce)

Samsung Galaxy Z Flip4 bakal meluncur pada Q3 2022 dengan membawa chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1. Sebelum ini, model Samsung SM-F721U telah terdaftar di platform benchmark Geekbench.

Perangkat tersebut diyakini sebagai Samsung Galaxy Z Flip4. Geekbench mengungkap bahwa chipset menyandang nama kode "Taro" dan menampilkan clock speed maksimum pada 3,19 Ghz.

Kita juga dapat melihat trio core tambahan dengan clock speed 2,75 Ghz (kemungkinan datang dari Cortex-A710) dan empat unit Cortex-A510 hemat daya yang berjalan pada 1,8 GHz.

Deskripsi pada dapur pacu memperkuat prediksi bahwa Samsung Galaxy Z Flip4 bakal mengusung chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Leaker membocorkan berapa fitur utama dari Samsung Galaxy Z Flip4 termasuk layar Super AMOLED 6.7 inci, layar cover AMOLED 2,1 inci, RAM 8 GB, penyimpanan 128 GB atau 256 GB, dual camera 12 MP, inner camera 10 MP, baterai 3.700 mAh dan fast charging 25 W.

Itulah tadi prediksi tanggal rilis dan spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold4 serta Galaxy Z Flip4, tertarik menantikan HP premium ini?

Berita Terkait