Gadget

Ungkap Kemampuan Sensor Kamera 200 MP, Samsung Pamerkan Foto Kucing Raksasa

Sensor kamera Samsung dapat mencapai resolusi berbeda dari 12,5 MP hingga 200 MP.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi sensor kamera 200 MP milik Samsung. (YouTube/ Samsung)
Ilustrasi sensor kamera 200 MP milik Samsung. (YouTube/ Samsung)

Hitekno.com - Samsung baru saja mengunggah video yang bertujuan untuk memamerkan sensor kamera 200 MP. Tak tanggung-tanggung, perusahaan memperlihatkan foto kucing berukuran raksasa.

Samsung meningkatkan kredensial sensor 200 MP HP1-nya dengan video khusus. Video memperlihatkan kucing di studio yang direkam menggunakan sensor Samsung.

Mereka lantas mencetak gambar berukuran raksasa pada ruang publik. Kita masih menunggu smartphone pertama apa yang membawa sensor 200 MP milik Samsung.

Dikutip dari Gizmochina, Samsung mengumumkan sensor ISOCELL HP1 pada September 2021. Namun smartphone Motorola sepertinya akan menjadi ponsel pertama dengan sensor monster tersebut.

Video dari Samsung merinci bagaimana sensor HP1 dipasang ke rig khusus yang memiliki papan uji, layar eksternal, dan lensa lain.

Ilustrasi sensor kamera 200 MP milik Samsung. (YouTube/ Samsung)
Ilustrasi sensor kamera 200 MP milik Samsung. (YouTube/ Samsung)

Setup tersebut digunakan untuk mengambil foto seekor kucing. Hasil foto kemudian dicetak pada printer kelas industri. Gambar kucing dioptimalkan di atas kanvas berukuran 28 x 22 meter dengan beberapa potongan berukuran 2,3 m yang disatukan dan digantung pada sebuah bangunan.

Sensor HP1 mampu memperbesar atau memotong gambar sementara detailnya tetap utuh. Teknologi binning piksel ChamelonCell yang baru merupakan fitur hebat dari sensor HP1.

Ini memungkinkan pengelompokan hingga 16 piksel untuk mencapai resolusi berbeda dari 12,5 MP hingga 200 MP. Laporan dari Sam Mobile memprediksi bahwa Motorola Edge 30 Ultra dapat menjadi smartphone pertama dengan sensor 200 MP milik Samsung.

HP flagship itu diharapkan meluncur pada Juli 2022. Sebelum ini, penampakan Motorola Edge 30 Ultra beredar di Weibo. Modul kamera pada HP Motorola itu nampak menampung tulisan "HP1".

Ini membuat spekulasi terkait sensor kamera gahar Samsung tersemat pada HP flagship Motorola. Kita perlu menunggu teaser selanjutnya dari perusahaan untuk mengetahui detail lebih dalam mengenai sensor kamera 200 MP milik Samsung.

Berita Terkait